SITE STATUS
Jumlah Member :
506.368 member
user online :
371 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - nyeri pada kaki dan paha


nyeri pada kaki dan paha
dok saya mau tanya, saya sdg hamil 8 minggu...saya mengalami nyeri pada telapak kaki dan otot paha dok...kira2 apa penyebabnya ya dok?? apakah ini gejala awal kaki bengkak pd ibu hamil?? terima Kasih atas jawabannya dok..
22 Feb 2017, 6:04
Dari : Si Kelinci Madu

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Masalah-Masalah Kehamilan " :Morning sickness
Hampir setiap Bunda hamil akan mengalaminya. Morning sickness adalah rasa mual yang muncul saat hamil. Biasanya akan mulai terasa pada trimester pertama. Meski namanya morning sickness tetapi mual bisa datang kapan saja.
Cara mengatasi:
Makanlah dalam porsi kecil namun sering sehingga Bunda tidak merasa terlalu kenyang yang bisa mengakibatkan mual bahkan muntah.

Sering buang air kecil
Hal ini terjadi karena rahim Bunda mulai membesar sehingga menekan kantung kemih. Biasanya muncul di awal kehamilan hingga trimester kedua. Beberapa informasi menyebutkan frekuensi akan meningkat pada malam hari.
Cara mengatasi:
- Jangan terlalu banyak minum air sebelum tidur.
- Berbaring miring saat tidur.

Konstipasi
Konstipasi atau sulit buang air besar banyak dialami Bunda hamil. Akibatnya perut terasa kembung dan tidak nyaman , terlebih lagi dengan kondisi perut yang besar. Jangan minum obat pencahar sembarangan. Selalu konsultasi ke dokter sebelum meminum obat.
Cara mengatasinya:
- Minum air putih yang cukup, 8-10 gelas sehari.
- Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi.
- Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki.

Sakit Punggung
Dengan bertambahnya usia kehamilan, tubuh Bunda akan berubah. Pertambahan berat badan dan perut yang semakin membesar akan menambah beban tulang belakang untuk menopang tubuh Bunda, sehingga akan muncul ketegangan pada otot punggung.
Cara mengatasi:
- Usahakan posisi tetap tegak dan tidak membungkuk. Ingatkanlah diri untuk selalu mendorong dada ke depan.
- Gunakan sepatu rata yang nyaman dan tidak licin. Memakai high heels saat hamil berisiko tinggi terkena sakit punggung.

Heartburn
Heartburn adalah sensasi panas yang terasa di dada hingga tenggorokan. Rasa panas ini muncul karena naiknya asam lambung akibat perubahan hormon saat hamil.
Cara mengatasi:
- Jangan makan terlalu kenyang dan jaga kondisi jangan sampai terlalu lapar. Makanlah dalam porsi kecil namun sering.
- Hindari makanan berminyak, pedas dan makanan yang mengandung gas. Hindari pula kopi dan minuman bersoda.
- Minum susu dapat mengurangi heartburn.

Kaki bengkak
Tidak semua Bunda hamil mengalaminya. Tetapi masalah ini cukup mengganggu baik dari sisi penampilan dan juga rasa nyeri. Terkadang bukan hanya kaki yang mengalami pembengkakan tetapi juga tangan atau wajah. Segera konsultasi ke dokter bila hal ini terjadi.
Cara mengatasi:
- Berbaringlah dengan posisi kaki lebih tinggi. Bunda bisa mengganjalnya dengan bantal.
- Jangan diurut.

Itulah beberapa masalah yang seringkali membuat Bunda hamil tidak nyaman. Meski begitu Bunda harus tetap dapat menikmati kehamilan Bunda. Bila Bunda bahagia, janin pun akan merasa bahagia. Percayalah, Bunda akan merindukan saat-saat hamil ini.
Tips: Jangan mudah mengonsumsi obat sembarangan karena sedikit banyak akan berpengaruh pada janin.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "oriien.saepudin" dengan judul pertanyaan " Sakit di sekitar pinggang belakang " pada Tanya Bidan: Bu bidan , saya mau tanya usia kandungan saya saat ini masuk ke 26minggu , tapi sekitar pinggang belakang sudah mulai berasa sakit dan tidak nyaman sekali , boleh minta solusi bu untuk sedikit mengatasi rasa sakit dan tidak nyaman ini , terimakasih

Bidan menjawab
Dear bunda Oriien.Saepudin,
Saat hamil, keluhan nyeri pinggang memang kerap dirasakan oleh para bunda. Saat rahim dan pert bunda membesar, seluruh otot akan meregang mulai dari pangkal paha, pinggang, perut, dan sepanjang tulang belakang. Selain itu rahim yang terus berkembang mengakibatkan keseimbangan tubuh bunda juga sedikit terganggu. Untuk mengurangi keluhan disarankan, bila posisi bunda lebih banyak berdiri, sebaiknya pertahankan posisi berdiri tegak, punggung lurus dan sejajar bahu, jangan membungkukkan punggung kearah belakang. Saat duduk upayakan tulang punggung sejajar dengan sandaran kursi dan kedua kaki menapak pada lantai. Hindari posisi terus menerus selama 6 jam. Lakukan senam ringan untuk rileksasi, mandi air hangat, posisi tidur terbaik adalah miring kearah kiri untuk melancarkan peredarahan darah dari bunda ke janin dan posisikan kedua kaki diganjal bantal tipis diantara kedua lutut. Bila keluhan sangat mengganggu aktivitas dan tak tertahankan, sebaiknya bunda berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan terbaik.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Ervi Irmawan" dengan judul pertanyaan "Sakit di paha atas kaki kiri " pada Tanya Dokter: Selamat mlm dok..mo tny dok,saya hamil menginjak 7bulan(26minggu) sudah 2minggu ini saya merasa seperti urat paha atas di kaki kiri saya tertarik jika saya sedang ruku dalam sholat,selain itu dlm aktifitas lain pun terasa sakit.sakit ini muncul jika saya bangun tidur atau berbaring.mohon infonya dok..rasa sakit itu karena apa dan berpengaruh pada janin dlm rahim saya.sebelumnya saya ucapkan terima kasih dok.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Ketika hamil, terjadi perubahan-perubahan pada tubuh Bunda, termasuk perubahan hormonal, pertambahan berat badan dan juga postur tubuh. Hormon yang diproduksi saat hamil ada yang mempengaruhi relaksasi otot yaitu hormon relaxin. Perubahan-perubahan ini dapat menimbulkan keluhan nyeri punggung bawah, nyeri pada daerah bokong bahkan paha. Bunda dapat memberikan kompres hangat pada daerah yang nyeri untuk meringankan keluhan. Tidur lah pada posisi menyamping (Sleep On Side) dan lebih baik jika tidur miring kiri untuk bertumpu. Stretching (peregangan otot) ringan juga dapat membantu mengurangi keluhan, begitu juga dengan olahraga seperti renang. Bila keluhan sangat mengganggu, periksakan pada dokter, bila perlu, dilakukan fisioterapi untuk membantu mengatasi masalah ini.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :