SITE STATUS
Jumlah Member :
506.546 member
user online :
1009 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - menghitung masa subur


menghitung masa subur
dok gmna sih cara menghitung masa subur saya,? bulan kemarin kan saya mens tgl 28 nah telat udah 2 minggu pas d check positif loh minggu kenaren eh kemaren siang ada darah keluar aku check aja ke bidan dan ternyata negatif katanya terlalu cape? gimana nih solusinya?
11 Feb 2017, 6:37
Dari : Riska Wulandari

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Hitung Masa Subur dengan Sistem Kalender! ":Bunda ingin cepat memiliki momongan? Atau sebaliknya... ingin mencegah kehamilan? Salah satu solusinya bisa dengan cara menghitung masa subur dengan siklus haid atau biasa dikenal dengan sistem kalender.

Tentunya Bunda pernah mendengar tentang hal ini, namun tidak banyak yang tahu bagaimana sih sebenarnya mengetahui siklus haid dengan sistem kalender ini. Dr. Martina Claudia, SpOG yang praktek di Eka Hospital dan Siloam Hospital berbaik hati menerangkannya untuk para Bunda.

Dr. Claudia menjelaskan umumnya orang menggunakan metode masa subur dimulai pada hari ke-14 menstruasi. Itu bisa saja dilakukan dengan catatan siklus haid Bunda teratur 28 hari. Meski pun begitu biasakan memajukan dan memundurkan 2 hari (hari ke-12 sampai hari ke-16 mestruasi). Kenapa? Karena usia sperma yang masuk bisa sampai 48 jam dan sel telur hidup sampai 24 jam.

Namun dr. Claudia mengaku sekarang ini sulit menemukan wanita dengan siklus haid teratur 28 hari. “Karena faktor gaya hidup, pola makan (fast food) dan stress berlebihan yang mempengaruhi hormon membuat siklus haid Bunda tidak teratur. Sehingga penghitungan hari ke-14 sulit digunakan.” paparnya. Solusinya Bunda harus melakukan penelitian pada siklus haid selama enam bulan, catat kapan siklus haid terpendek dan terpanjang Bunda.

Kalkulasikan dengan menggunakan rumus :
Hari terpendek – 18 = merupakan hari pertama masa subur
Hari terpanjang – 11 = merupakan hari terakhir masa subur

Misalnya selama enam bulan siklus haid terpendek Bunda 28 hari, maka 28 – 18 = 10, dan siklus haid terpanjang Bunda 33 hari, maka 33 – 11 = 22
Jadi, masa subur Bunda ada di hari ke-10 sampai hari ke-22 menstruasi.

Atau Bunda bisa mencoba fitur baru di infobunda, situs kesayangan Bunda ini.

Fitur yang diberi nama "Kalkulator Masa Kesuburan," bisa dipergunakan untuk mengetahui apakah saat ini Bunda berada dalam masa subur atau tidak. Masukkan tanggal, bulan dan tahun menstruasi Bunda, dan dapatkan hasilnya. Mudah bukan?
Selamat mencoba!


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Dian Ratnasari" dengan judul pertanyaan " Positif palsu pada kehamilan " pada Tanya Dokter:dok,sy haid setiap tgl 22 or 25,bln agust ini sy blm haid,tgl 31 agst sy cek dg bidan jam 5 sore tes pack garis 2 tp garis satunya samar/pink lalu tgl 3 sept cek pake USG 2 dimensi dg dokter kandungan,sy lihatkan hsl tes pack,dr hasil USG ada titik putih,kalo hsl tespack dokter menerangkan bahwa itu positif palsu,dr USG dokter tsb mengatakan bahwa titik tsb br akan membelah diri,jk sy haid dlm 2 minggu ini berarti sy tdk hamil,jk titik putih tsb jd titik hitam & tdk haid mk sya hamil.sy tdk mengerti info dokter tsb,benarkah sy positif palsu ? mengingat hamil anak 1 jg hasil tespack samar.mohon info dr dokter ttg masalah sy diatas..makasih dokter yg cantik..

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda Dian Ratnasari, Titik putih yang dimaksudkan oleh dokter anda adalah sel telur (ovum). Apabila terjadi kehamilan, maka ovum itu akan membelah membentuk sel-sel bakal janin. Apabila anda mengalami menstruasi dalam 2 minggu ini, sel telur tersebut tidak akan membelah dan akan luruh beserta darah menstruasi anda. Bila anda tidak mengalami menstruasi, anda dapat kembali cek urine HCG anda dengan menggunakan test pack pada pagi hari dan memeriksakan kembali diri anda kepada dokter anda.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :