SITE STATUS
Jumlah Member :
499.858 member
user online :
1323 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - infobunda


infobunda
malam..maaf saya ingin bertanya tanda tanda akan melahir kan seperti apa y ..dan air ketuban itu seperti apa..saya sdg hamil anak pertama usia kandungan 38 minggu
10 Feb 2017, 19:14
Dari : Yannie Loveayankforever

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul "Tanda-Tanda Persalinan" :
Tanda-tanda persalinan:
1. Lendir Bercampur Darah
Pengeluaran lendir bercampur darah. Terjadi karena sumbatan yang tebal pada mulut rahim terlepas sehingga menyebabkan keluarnya lendir yang berwarna kemerahan karena bercampur darah.

2. Air Ketuban Pecah
Kantung ketuban yang mengelilingi bayi pecah sehingga air ketuban keluar (Normal air ketuban adalah cairan yang bersih, jernih dan tidak berbau).

3. Kontraksi
Tidak seperti kontraksi Braxton hick (kontraksi palsu), kontraksi timbul secara teratur dan rasanya kira-kira seperti ada orang yang menarik ikat pinggang kita dengan sangat kencang selama 20 detik. Sepanjang proses kelahiran, mula-mula kontraksi hanya sebentar kemudian akan bertambah lama, kuat dan semakin sakit. Selalu ada jeda di antara setiap kontraksi, bahkan pada yang paling menyakitkan. Kontraksi terjadi simetris di kedua sisi perut mulai dari bagian atas dekat dengan saluran telur sampai ke seluruh rahim, dan nyeri tidak akan hilang atau berkurang hanya dengan istirahat atau elusan.

4. Transisi
Pada akhir tahap ini, ketika pembukaan sudah cukup, Anda akan melalui masa transisi. Kontraksi Anda akan masuk ke tahap puncak dan Anda mungkin sudah nyaris menyerah. Kabar baiknya, masa ini hanya akan berlangsung beberapa menit.

Persalinan untuk yang pertama kali akan berlangsung 12-14 jam sehingga lebih baik Anda menunggu dirumah sambil beristirahat mengumpulkan energi untuk persalinan. Jadi jika kontraksi Anda sudah setiap 5 menit sekali atau sangat sakit Anda dapat pergi ke rumah sakit. Jangan lupa membawa tas yang sudah dipersiapkan.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "magfirah" dengan judul pertanyaan "USIA KELAHIRAN MENCAPAI 38 MINGGU" pada Tanya Bidan: BU BIDAN MAU TANYA.. SY SUDAH MELEWATI USIA 38 MINGGU TP KOK BLUM ADA TANDA2 KELAHIRAN BAYI SAYA BU... MOHON PETUNJUK

Bidan menjawab
Dear Bunda Magfirah,
Biasanya persalinan dapat maju atau mundur 1-2 minggu dari tanggal perkiraan lahir. Disarankan untuk melakukan USG untuk mengetahui secara pasti letak janin, serta adakah penyulit atau kelainan tali pusat. Tetap pantau gerakan janin, olah raga ringan seperti senam hamil serta jalan santai.

Persalinan dapat ditunggu hingga 42 minggu, jika lebih , maka kehamilan dapat dianggap melewati waktu dan dapat membahayakan bunda serta janin. Bahaya yang dapat timbul adalah penuaan plasenta yg dapat menurunkan fungsinya sehingga membuat janin kekurangan asupan oksigen dan nutrisi, cairan ketuban berkurang bahkan mengering habis atau cairan ketuban berubah warna dan kekentalannya cairan ketuban ini bisa terhisap masuk kedalam pernafasan janin yang dapat mengakibatkan gangguan pernafasan jika tidak segera diatasi dapat mengakibatkan kematian pada janin, pada bunda dapat mengakibatkan distosia (kesulitan melahirkan) karena aksi uterus / rahim tidak terkoordinir dan perdarahan segera setelah melahirkan.


Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "nabila alhaura" dengan judul pertanyaan "Tanda-tanda mau melahirkan" pada Tanya Dokter: siang dok, sekarang saya hamil 36 minggu berat badan si bayi 2.790kg. sdh 2 hr ini d bagian bawah perut saya suka sakit setiap 1/2 jam dan tegang trs. yang mau saya tanyakan bagaimanakah ciri-ciri mau melahirkan? apakah yg sy rasakan ini gejala awal mau melahirkan? sy kwatir msh kerja dok, kapan sebaiknya saya ambil cuti dgn keadaan perut yg sudah sering merasakan sakit dan tegang d bagian bawah?

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Bila anda merasakan adanya tegang atau kontraksi yang teratur terus menerus, maka sebaiknya anda memeriksakan kepada dokter kandungan atau bidan anda. Kontraksi Braxton hick atau kontraksi semu tidak akan terjadi secara teratur dan tidak akan semakin kuat seperti kontraksi pada awal melahirkan. Kontraksi Braxton hick ini kerap terjadi namun bukanlah tanda awal kelahiran. Untuk memastikan keadaan anda, anda dapat memeriksakan diri pada dokter atau bidan anda. Demikian jawaban saya.
Link yang disarankan :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :