SITE STATUS
Jumlah Member :
506.505 member
user online :
992 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kesehatan umum


kesehatan umum
dok saya mau tanya...terakhir sy kontrol bahwa saya mengalami radang mulut rahim..dan spiral sy hrs d lepas..apakah bahaya dok penyakit speti ini???
08 Feb 2017, 7:21
Dari : Deasy VHan ARdiansyah

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul " Radang panggul atau Pelvic Inflammatory Disease (PID) adalah keadaan di mana organ reproduksi seorang wanita terinfeksi. PID adalah salah satu masalah reproduksi wanita yang serius. Bila tidak segera diobati penyakit ini bisa merusak rahim, ovarium, tuba fallopi dan bagian reproduksi wanita lainnya. Bagaimana cara penularannya?

Penyebab
Penyebab utama PID yang umum ditemukan adalah bakteri Gonorea dan Klamidia yang ditularkan melalui hubungan seksual. Tetapi ada jenis bakteri lain yang bisa menjadi penyebab PID, seperti Gardnerella Vaginalis, Mycoplasma Hominis, dan lain-lain. Bakteri yang masuk melalui vagina dapat menjalar hingga ke rongga panggul dan menyebabkan peradangan. Kuman di peradangan ini bisa menembus rongga perut dan bersemayam di saluran telur sehingga terjadi penyumbatan. Jelas bahwa PID dapat mengganggu kesuburan seorang wanita (infertilitas). Bila hamil PID juga dapat memicu adanya kehamilan etopik atau kehamilan di luar kandungan.

Penyebab lain dari radang panggul bisa juga karena alat yang tidak steril pada proses persalinan, proses vakum setelah keguguran, pemasangan alat kontrasepsi IUD dan proses aborsi.

Gejala dan Pengobatan
Dalam beberapa kasus, penyakit radang panggul tidak menunjukan gejala apapun. Penderita tampak normal-normal saja. Tetapi ada juga kasus di mana penderitanya mengalami sakit yang hebat bahkan sampai tidak mampu bergerak. Gejala yang muncul antara lain keputihan yang berbau, sakit perut, rasa lelah, muntah, suhu tubuh yang tinggi, sakit di perut bagian bawah saat menstruasi, dan rasa nyeri saat berhubungan intim.

Untuk mendeteksi adanya IPD, dokter akan bertanya mengenai kegiatan seksual pasien. Setelah itu akan dilakukan tes darah, ultrasonografi (USG), endometrial biopsy, dan laparoscopy. Pengobatan yang biasa dilakukan dokter adalah dengan pemberian antibiotik. Dalam kasus yang cukup berat, pasien radang panggul harus dirawat di Rumah Sakit sehingga dapat diberikan antibiotik langsung melalui pembuluh darah. Selain itu tindakan operasi dapat dilakukan bila dokter merasa IPD tidak dapat diobati dengan antibiotik oral maupun antibiotik melalui pembuluh darah.

Pencegahan
Penyakit radang panggul dapat dicegah melalui beberapa cara, diantaranya:

-Hindari berganti pasangan seksual

-Gunakan kondom

-Pastikan alat-alat yang digunakan dokter sebelum melakukan tindakan melalui vagina, steril.

-Lakukan pemeriksaan papsmear secara rutin


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " bella lista " dengan judul pertanyaan "Radang di rahim " pada Tanya Dokter: radang di rahim itu bisa membahayakan gk??apakah radang itu merupakan gejala dari kanker rahim atau miom??mohon dijawab ya dokter..terimakasih..

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Apabila terjadi iritasi atau peradangan dinding rahim pada umumnya disebabkan oleh infeksi baik oleh bakteri ataupun virus. Untuk menentukan penyebab pasti dari keadaan peradangan , maka dokter akan melakukan pemeriksaan fisik danjuga pemeriksaan penunjang seperti laboratorium maupun USG atau pemeriksaan lainnya. Penanganan dari radang tersebut bergantung dari penyebabnya. Apabila radang ini berhubungan dengan hal lain seperti kanker rahim ataupun miom, hal ini harus dipastikan dengan pemeriksaan penunjang tersebut. Sebaiknya anda mendapatkan informasi mengenai keadaan radang rahim ini dari dokter yang memeriksa anda, sehingga dengan jelas ada dapat mengetahui penyebab dan pengobatannya berdasarkan keadaan anda. Demikian jawaban saya.

Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Forum
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita