SITE STATUS
Jumlah Member :
494.947 member
user online :
3994 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - amankah obat lanmbung omeprazole untuk ibu hamil


amankah obat lanmbung omeprazole untuk ibu hamil
sore dok, saya keke.. saya sedang hamil usia kandungan 18 minggu, tetapi saya memiliki riwayat pnyakit asam lambung, saat usia kandungan 16 minggu saya jga d rawat d RS karena skit tyfus n asam lambung saya naik, stelah brobat jalan saya di resepkan obt omeprazole oleh dokter pnyakit dalam, saya minum obat itu ketika sedang kambuh saja asam lambung saya, saya merasa was2 karena saya browsing tntang obat omeprazole trnyata bnyk negatif nya utk ibu hamil. menurut dokter bagaimna?.. trimaksih
04 Feb 2017, 15:40
Dari : Keke1

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul "Pirosis (Heartburn) Selama Kehamilan" : Pirosis ini munculnya bervariasi, ada yang di awal kehamilan ada juga yang di akhir kehamilan, atau bisa juga di awal dan bertambah parah sesuai bertambahnya usia kehamilan. Umumnya rasa tidak nyaman ini akan muncul setelah makan dan saat melakukan gerakan membungkuk, berbaring dan mengejan.

Penyebab
Penyebab terjadinya pirosis adalah karena meluapkan isi lambung (asam klorida, pepsin dan makanan) dan isi usus dua belas jari ke arah kerongkongan. Prosesnya terjadi saat makanan bergerak secara perlahan dari usus halus dan lambung lalu ditekan oleh rahim. Saat rahim semakin membesar maka tekanan semakin ke atas, inilah yang membuat gejala semakin kuat terasa.

Pencegahan
Sebelum Bunda mengalami pirosis, lakukan upaya pencegahan berikut ini :
- Hindari makan dan minum terlalu banyak sehingga berat badan tetap dalam kondisi normal. Sebaiknya tidak makan 3 jam sebelum tidur.
- Tidurlah dalam posisi miring. Posisi tubuh yang rata merangsang terjadinya pirosis.

Pengobatan :
Mengobati pirosis tidak terlalu sulit, cukup berikan antasid dalam dosis tepat. Beberapa antasid dapat mengurangi gejala dan memberikan rasa lega. Namun, jika Bunda ragu mengenai dosis, efek samping dan hal lain tanyakan pada dokter terlebih dahulu.
Pada penderita yang lebih berat bisa sampai terjadi pendarahan dan sulit menelan.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Munaf Net" dengan judul pertanyaan "asam lambung naik (Heartburn)" pada Tanya Bidan: bunda usia kehamilan saya 30w,kalo malam kalo pas tidur itu rasanya kok dada dan tebggorokan rasanya panas,spertinya asam lambung naik..gimana cara mengatasinya bunda?

Bidan menjawab
Dear bunda Munaf Net,
Keluhan yang bunda rasakan disebut dengan Heartburn, keluhan ini banyak dirasakan para bunda. Beberapa tips untuk mengatasinya adalah, makan dalam porsi sedikit tapi sering, makan selingan diantara waktu makan, tidak langsung berbaring segera setelah makan, tidur dengan posisi posisi kepala lebih tinggi dari kaki, bila keluhan semakin mengganggu sebaiknya periksakan keadaan bunda pada dokter untuk penanganan lebih lanjut.



Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "umidini" dengan judul pertanyaan "Pengaruh sakit tifus saat hamil pada janin" pada Tanya Dokter: Dok, sy hamil 17 minggu dan terkena tifus. Saya sempat diopname selama 7 hari, obat injeksi selama 5 hari. Sebelum sakit saya merasa janin saya sangat aktif, tapi setelah saya sakit saya jadi jarang merasakan gerakan janin. Yang mau saya tanyakan apakah sakit saya berpengaruh pada janin? Apa iya ibu yang semasa hamil sakit tifus, nantinya si baby juga terkena virus? Saya juga mempunyai gigi berlubang lebih dari 1. Terima kasih jawabanya dokter..

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Apabila demam typhoid terjadi pada kehamilan , maka harus segera di kenali dan di obati dengan tepat sehingga tidak mengakibatkan pengaruh yang buruk pada kehamilan. Penanganan yang cepat akan memberikan resiko minimal pada kehamilan anda. Typhus merupakan penyakit yang di sebabkan oleh Salmonella typhi dan dapat di obati dengan antibiotik, apabila anda sedang hamil maka dokter anda akan memberikan antibiotic yang aman bagi kehamilan anda. Pergerakan bayi dapat dideteksi pada umumnya sejak minggu 16 – minggu 20 kehamilan. Hitunglah gerakan bayi anda (kick counting) yang umumnya terjadi sekitar 10 kali gerakan dalam waktu 2 jam. Apabila anda mendapatkan rendahnya hitungan gerak bayi, berkonsultasilah dengan dokter kandungan anda. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gigi mengenai gigi berlubang anda dan mendapatkan perawatan yang tepat sesuai keadaan anda saat ini.

Berikut ini jawaban apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "jonni kani" dengan judul pertanyaan "sering minum obat maag" pada Tanya Apoteker: ibu apoteker yang baik, amankan kalau saya (hamil 25 minggu)sering minum obat maag (antasida doen)? karena asam lambung saya sering naik (karena penaruh hormon) dan saya memang punya keluhan maag sejak sebelum hamil. kalau tidak minum obat maag rasanya sakit sekali, Bu. saya minum obat maag tsb paling tidak 2 hari sekali, kalau kambuh. mohon jawaban nya. terimakasih

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda,
Terima kasih atas pertanyaannya.
Konsumsi obat maag tidak bermasalah saat kehamilan akan tetapi jika konsumsi obat tersebut sehari 2x bahkan saat tidak hamil pun, sudah berlebihan. Jika asam lambung bunda terlalu tinggi, hindari makanan yang meningkatkannya seperti soda, kopi, coklat, makanan pedas, dan gorengan. Jangan makan dengan jumlah besar, sebaiknya dengan jumlah yang lebih sedikit dan dengan lebih sering.

Bunda dapat mengkonsumsi obat seperti ranitidine atau omeprazole dengan persetujuan dokter. Obat ini dapat dikonsumsi saat perut kosong, sehingga dapat mengurangi produksi asam lambung.
Demikian jawaban saya, semoga membantu bunda. Terima Kasih
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter