SITE STATUS
Jumlah Member :
506.511 member
user online :
1236 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - agar anak suka minum air putih


agar anak suka minum air putih
Dok , anak saya umur 8 bulan tp sejak mpasi dia kurang suka minum air putih, kalau d kasih air putih sellalu disembur, sudah ngasih dengan berbagai media seperti gelas , dot, pakai sedotan,dll tp hasil tetap sama, juga sudah ngasih air putih hangat, gimana ya dok biar dia suka minum air putih , mohon d jawab , makasih dok sebelumnya
31 Jan 2017, 8:17
Dari : meimey

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul "Memberi Makan bayi" :Teknik memberi makan bayi adalah keahlian yang selayaknya dipelajari oleh ibu-ibu muda, terutama mereka yang baru saja punya bayi. Pasalnya, pemberian makan awal itu juga bisa berpengaruh terhadap kebiasaan anak berikutnya. Contoh, bila bayi dibesarkan dengan kebiasaan makan di depan televisi, lebih besar kemungkinannya ia juga akan melakukan hal itu ketika sudah lebih besar. Namun jika ia biasa duduk dengan tertib di kursi makannya, peluang ia duduk dengan tertib di meja makan juga lebih besar. Selain itu, bagaimana kebiasaan orangtua dalam pola makan juga akan berpengaruh terhadap kebiasaan si kecil kelak.

Jadi, bagaimana sebaiknya menyuapi bayi dengan benar supaya ia nanti memiliki kebiasaan-kebiasaan yang baik sehubungan dengan kebiasaan makan? Anda bisa menerapkan teknik di bawah ini:

Duduk di depan si kecil ketika menyuapi
Dianjurkan agar Anda memandang mata bayi Anda, ajak bicara, dan pastikan bahwa si kecil sudah siap diberi makan

Konsentrasi pada makanan
Supaya kebiasaan baik yang diadopsi oleh si kecil, sebagai orangtua kita juga harus berusaha membiasakan diri melakukan hal-hal yang baik ketika makan. Misalnya, dengan mengajak bayi berkonsentrasi pada piring atau mangkuk makannya. Jangan biarkan ia makan sambil menonton TV, atau membiarkan ia bermain dengan mainan di hadapannya ketika makan. Dengan berfokus pada makanannya, si kecil akan berkonsentrasi untuk belajar mengunyah dan menelan dengan baik, sebaik Anda menyuapinya.

Sedikit-sedikit, lama-lama habis
Karena baru mulai belajar makan, biarkan bayi mencoba sedikit demi sedikit dari ujung sendok, supaya ia bisa merasakan rasa makanan di lidahnya dan membiasakan diri dengan rasa itu. Selain itu, dengan mulai sedikit, ia semakin lama akan semakin terampil dalam menelan.

Letakkan makanan langsung di mulut
Apabila bayi sudah mulai merasakan makanan, taruh sedikit makanan di ujung sendok, lalu masukkan makanan itu sampai menyentuh bagian tengah langit-langit mulutnya. Setelah itu, bayi akan menutup mulutnya dan menelan.

Beri minum air putih
Kadang-kadang kita lupa bahwa bayi pun perlu minum selain ASI. Jadi, ketika makan, sediakan secangkir kecil air putih. Beri minum bayi dengan disendoki.

Tidak habis bukan masalah
Pada awal-awal bayi belajar menerima makanan padat, bukan masalah besar bila makanan yang Anda sediakan tidak dihabiskan. Selama ia masih giat menyusu, sebenarnya bayi tidak perlu makan dalam jumlah banyak. Sebab, perutnya pun masih kecil dan belum dapat menampung makanan yang banyak. Para ahli mengira-ngira bahwa anak satu tahun hanya memerlukan satu sendok makan penuh untuk satu kali makan. Namun, semakin ia besar, maka porsinya pun akan semakin bertambah.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "DianPutriAr" dengan judul pertanyaan "Anak Tidak mau ngedot" pada Tanya Bidan: Dok, saya mau tanya, saya dengan suami saya sangat binggung, tidak ada apa2, anak saya tidak mau minum susu dari dot, tapi makan, minum dari gelas, atau sedotan mau dok, udah periksa dikasih amoxilin dan obat bubuk kurang tau namanya, tapi tetap aja gak mau, rasa susu juga sudah Dok, saya mau tanya, saya dengan suami saya sangat binggung, tidak ada apa2, anak saya tidak mau minum susu dari dot, tapi makan, minum dari gelas, atau sedotan mau dok, udah periksa dikasih amoxilin dan obat bubuk kurang tau namanya, tapi tetap aja gak mau, rasa susu juga sudah saya ganti, tapi tetap tidak mau. ganti, tapi tetap tidak mau.

Bidan menjawab
Dear bunda DianPutri,
Apakah saat ini ananda dalam keadaan kurang sehat ?? Bunda serta ayah tidak perlu merasa bingung bila ananda tidak mau menyusu menggunakan dot, apabila memang anada dapat minum melalui gelas ataupun menggunakan sedotan. Yang perlu dikhawatir adalah apabila ananda sama sekali tidak mau makan dan minum atau tidak ada sama sekali asupan makanan dan minuman yang dapat masuk. Cari penyebab ananda tidak mau menggunakan dot, cobalah ganti dot dengan dot yang lebih nyaman, pilih yang kualitasnya bagus dan perhatikan kebersihannya. Pemilihan susu formula haruslah tepat dan disukai ananda, walaupun ananda tetap susah untuk diberikan susu formula, namun bunda harus tetap berusaha, secara perlahan mungkin ananda akan mau minum susu dengan dot.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Minda Liebe" dengan judul pertanyaan " Anak tidak mau minum susu " pada Tanya Dokter: Selamat siang Dok Anak saya skrg usia 7 bulan sudah 2 minggu ini tidak mau minum susu formula pakai botol..Solusinya bagaimana ya Dok.??? Terima kasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pilihan botol susu ataupun alat makan untuk bayi dan balita saat ini sudah sangat beragam. Bila Bunda tidak lagi memberikan ASI sedangkan anak tidak mau menyusu melalui botol susu, diperhatikan apakah Ia tidak nyaman dengan botol susu maupun dot karet atau sudah bisa menggunakan gelas plastik dengan dot plastik. Dengan cara mencoba satu persatu sampai menemukan cara yang nyaman bagi anak dan Bunda mungkin adalah cara satu-satunya kecuali ada hambatan pada anak Bunda untuk meminum susu (muntah atau tidak bisa menelan) maka harus diperiksa oleh dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Link yang disarankan :
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis :