SITE STATUS
Jumlah Member :
506.333 member
user online :
384 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Letak Plasenta di bawah usia 32 W


Letak Plasenta di bawah usia 32 W
Dok saya baru saja melakukan usg dan hasil semuanya normal usia kehamilan 32w berat bayi 1876 gram tapi plasenta sayaa dibawah, dokter yang mmeriksanya tidak menjelaskan lebih jauh...
lalu saya cari info di google katanya plasenta di bawah di sebut juga plasenta apa (saya lupa lagi dok) tapi katanya tidak bisa melahirkan normal karna plasenta nya menutupi jalan lahir..
Ini kehamilan pertama saya dok apa memang plasenta di bawah berbahaya? dam tidak bisa melahirkan normal?
mohon penjelasannya dok?
30 Jan 2017, 22:09
Dari : Eca Nurunniza

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul "Penyakit-penyakit Yang Dialami Oleh Ibu Hamil" :
Plasenta previa
Plasenta letaknya rendah dan dapat berlanjut sampai di trisemester ketiga
Solusi plasenta :
Adalah terlepasnya sebagian plasenta sebelum bayi lahir, penyebabnya terutama bila pasien menderita hipertensi, preeklamsia, kekurangan asam folat atau terjadi trauma (benturan). Bila kasus perdarahan solusi plasenta bayi masih hidup, harus segera dilakukan operasi caesar. Tapi bila bayi telah meninggal maka akan dicoba lahir dengan persalinan normal dengan pengawasan medis yang ketat.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Anastasia Swaraga " dengan judul pertanyaan " Posisi Plasenta dibawah " pada Tanya Bidan: Selamat Siang Bu. Yustanti
Saat ini usia kehamilan saya 18 week masalahnya posisi plasenta berada dibawah juga posisi anak saya melintang diatas plasenta. Keluhan yang saya rasakan :
- jika berdiri terlalu lama pinggul rasanya tertekan kebawah kemudian sakit pinggang dan pinggul sehingga terkadang keluar darah sedikit.
- keputihan menjadi cair.
Pertanyaan saya, bahayakah untuk bayi saya, dan jika plasenta dibawah bagaimana cara untuk mengembalikan posisi normal karena saya ingin sekali mendapatkan kelahiran normal?
Terima kasih Bu

Bidan menjawab
Dear bunda Anastasia Swaraga,
Posisi plasenta dibawah atau letak rendah biasanya masih dapat berubah, bergeser keatas seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Bila ternyata letak plasenta masih dibawah dan menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir samapi dengan akhir masa kehamilan, maka persalinan secara normal tidak dapat dilakukan. Sayangnya tidak ada pergerakan tubuh yang dapat membantu pergeseran plasenta. Resiko keluarnya darah dapat timbul bukan hanya karena posisi plasenta saja, tetapi akibat aktivitas yang berlebih yang memicu terjadinya kontraksi rahim.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Selvy Sylvania" dengan judul pertanyaan "Posisi plasenta bayi dalam kandungan " pada Tanya Dokter: Dokter,saat ini usia kandungan saya 22 minggu (5 bulan). Ketika saya memeriksakan kandungan saya melalui usg,dokter mengatakan bahawa posisi plasenta (ari-ari) bayi saya berada di bagian bawah rahim. Tetapi,alhamdulilah saya tidak pernah mengalami pendarahan ataupun flek setelah berhubungan intim dengan suami. Saya ingin bertanya,apa yg menyebabkan posisi plasenta (ari-ari) bayi saya berada di bagian bawah rahim?Apakah itu berbahaya bagi bayi saya?Apakah nanti posisi plasenta itu bisa berubah ke bagian atas rahim?Dan apa yang harus saya lakukan skrg?

dr. Tanti menjawab
Dear bunda, Plasenta letak rendah dapat disebabkan oleh banyak hal seperti kelainan perkembangan plasenta, ukuran plasenta yang besar, kelainan bentuk uterus, bekas perlukaan pada dinding uterus, banyaknya kehamilan sebelumnya maupun tidak diketahui penyebabnya. Dengan semakin berkembangnya ukuran rahim diharapkan plasenta yang terletak di bawah akan tertarik ke puncak rahim, namun hal ini biasanya terjadi dibawah usia 36 minggu kehamilan. Plasenta yang tetap berada di bawah dapat menghalangi jalan lahir bahkan terlepas dari dindingnya sebelum masuk waktu persalinan. Yang perlu anda lakukan adalah selalu kontrol pada dokter kandungan anda dan memantau keadaan kehamilan anda dengan rutin, mengikuti nasihat dan petunjuk dokter dengan baik dan membicarakan kemungkinan cara persalinan yang akan anda lalui nanti serta kemungkinan- kemungkinan yang akan terjadi. Namun tetaplah tenang tidak perlu cemas dan khawatir, selalu berdoa dan berusaha serta mengikuti nasihat dokter anda agar kehamilan anda tetap terjaga dengan baik. Demikian jawaban saya.

Link yang disarankan :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :