SITE STATUS
Jumlah Member :
494.718 member
user online :
2980 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - persalinan


persalinan
salam dok. saat ini sy hamil anak ke3 usia kehamilan 20w. dua anak sebelumnya sy melahirkan secara normal n selalu dijahit. wkt persalinan anak kedua, dokter mengatakan klo vagina sy mesti digunting spy gak robek, soalnya katanya jarak antara vagina dan anus agak jauh. klo sy melahirkan nanti, apa vagina sy mesti digunting lg dok? trus wktu usg di usia 17w ari2 anakku ada di bawah, apa letak ari2nya msh bisa berubah?
29 Jan 2017, 13:14
Dari : Munmun Rivai

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul "Ketahui Persiapan Persalinan Normal" :
6. Pada pembukaan ke-10 yaitu pembukaan sempurna Bunda akan merasakan mulas yang sangat kuat. Kepala bayi sudah terlihat dan Bunda akan merasakan kontraksi yang cukup lama, yaitu 2-3 menit.
7. Pada persalinan pertama, bila perlu dokter akan mengambil tindakan perobekkan bagian perineium untuk memudahkan janin keluar. Namun, pada persalinan berikutnya biasanya janin akan mudah keluar tanpa harus dilakukan perobekkan terlebih dahulu.
8. Bila Bunda merasa tegang saat menghadapi persalinan, diamlah sejenak dan katakan dalam hati bahwa Bunda percaya dan yakin Bunda akan mampu melewati peristiwa indah ini. Rasa sakit kontraksi akan hilang seketika saat si kecil lahir ke dunia.
9. Minumlah air putih yang cukup sebelum persalinan untuk menghindari dehidrasi, karena Bunda perlu tenaga yang cukup besar.
10. Bila pembukaan berjalan lambat, Bunda bisa berjalan-jalan supaya janin terdorong ke bawah dan menambah besarnya pembukaan.

Nah Bunda, kini Bunda sudah siap menjalani persalinan normal yang luar biasa itu, bukan? Percayalah bahwa peristiwa melahirkan si kecil tidak akan terlupakan oleh Bunda untuk seumur hidup.

Tips:
- Lakukan latihan pernapasan saat memasuki trimester ketiga. Bunda dapat mengurangi kecemasan melalui olah napas yang benar.
- Pelajari pula tehnik mengejan yang tepat jauh-jauh hari sebelum persalinan.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "mamasiska" dengan judul pertanyaan "Robekan saat melahirkan lewat persalinan normal" pada Tanya Bidan: Dokter saya mau tanya, sebelum nya saat ini say Sedang hamil 32 minggu,gimana caranya ataupun tips agar saat melahirkan normal.kita tidak.mengalami robek..terima kasih dokter

Bidan menjawab
Dear bunda Mamasiska,
Untuk menghindari robekan saat melahirkan, disarankan bunda untuk sering melakukan senam kegel agar liang vagina lebih lentur dan lunak, menjaga asupan makanan agar berat badan janin tidak terlalu besar, hindari kelelahan yang berlebih mendekati masa persalinan, rileks, abar dan jangan terburu-buru untuk mengejan saat persalinan berlangsung, dan usahakan untuk tidak mengangkat bokong ketika proses persalinan berlangsung karena apabila bokong terangkat tidak adanya penyangga akan menyebabkan otot mudah terkoyak.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Mashuri Nizam FX" dengan judul pertanyaan "Ari-ari di bawah" pada Tanya Dokter: pada usia kehamilan 28 minggu kata dokter ari-ari masih dibawah baby...gmn solusinya agar ari2 dan baby bisa bergeser...mksh sebelumnya dokter tanti..mohon solusinya..

dr. Tanti menjawab
Dear bunda,
Plasenta letak rendah dapat disebabkan oleh banyak hal seperti kelainan perkembangan plasenta, ukuran plasenta yang besar, kelainan bentuk uterus, bekas perlukaan pada dinding uterus, banyaknya kehamilan sebelumnya maupun tidak diketahui penyebabnya. Pada umumnya plasenta letak rendah baik itu parsialis ataupun plasenta previa dapat memberikan tanda adanya flek ataupun perdarahan. Dengan semakin berkembangnya ukuran rahim diharapkan plasenta yang terletak di bawah akan tertarik ke arah puncak rahim, namun hal ini biasanya terjadi dibawah usia 36 minggu kehamilan dan bukan berarti pasti terjadi perpindahan plasenta tersebut pada setiap kasus.

Plasenta yang tetap berada di bawah dapat menghalangi jalan lahir bahkan terlepas dari dindingnya sebelum masuk waktu persalinan. Tidak semua kasus memberikan keluhan perdarahan, jika perdarahan terjadi pada Bunda maka perlu di lihat lagi terapi dan istirahat yang perlu Bunda jalani sesuai dengan kasus Bunda. Yang perlu Anda lakukan adalah selalu kontrol pada dokter kandungan Anda dan memantau keadaan kehamilan anda dengan rutin, mengikuti nasihat dan petunjuk dokter dengan baik dan membicarakan kemungkinan cara persalinan yang akan Anda lalui nanti serta kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Namun tetaplah tenang tidak perlu cemas dan khawatir, selalu berdoa dan berusaha serta mengikuti nasihat dokter Anda agar kehamilan tetap terjaga dengan baik. Demikian jawaban saya.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :