SITE STATUS
Jumlah Member :
498.830 member
user online :
1135 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - seputar kehamilan


seputar kehamilan
Dokter,saya mau tanya,sudah 2 tahun lebih saya menikah tapi belum juga dikaruniai momongan,...kalo saya mau periksa atau mau program baby, apa langsung ke dokter spesialis atau bagaimana dokter?mohon penjelasan nya
23 Jan 2017, 9:46
Dari : NeNg Ari Tri Wibowo

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul "Langkah Awal Mencapai Kehamilan" : Infertilitas adalah kondisi di mana sepasang suami istri sulit mendapatkan momongan lebih dari 1 tahun meski telah melakukan hubungan seksual rutin, yakni 2-3 kali seminggu.
Lalu, langkah apa yg harus dilakukan supaya segera hamil?
Mintalah suami agar segera melakukan pemeriksaan bersama-sama secara menyeluruh ke dokter umum terlebih dahulu. Bunda dan suami tidak perlu malu. Dokter adalah pihak yg tepat untuk diajak berdiskusi tentang masalah ini.

Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan berbeda pada Bunda dan suami:
- Pada Bunda dokter akan menanyakan siklus menstruasi yang Bunda alami. Jika memang ditemukan masalah, siklus menstruasi Bunda akan diobati terlebih dahulu. Bila masih bermasalah Bunda akan dirujuk ke dokter spesialis kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan Ultrasonografi (USG), Radiologi Histerosalpinography (HSG) untuk mengetahui kondisi reproduksi Bunda. Biasanya dokter ingin melihat bentuk fisik saluran tuba dan rahim Bunda.
- Sementara pada suami, pemeriksaan yang dilakukan umumnya difokuskan pada sistem reproduksi. Suami Bunda akan diperiksa kondisi saluran sperma, kondisi testis, apakah ada gangguan seperti varikokel (varises di buah zakar), testis tidak turun, ejakulasi balik, sumbatan di saluran ejakulasi, dan lubang kencing yang salah tempat (hypo-epispadia). Dokter akan memeriksa juga bentuk fisik penis dan adakah kemungkinan sulit ereksi. Selain itu dokter akan menganilisis sperma suami Bunda.


Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "
Dina Rahmawati" dengan judul pertanyaan "tentang program hamil" pada Tanya Dokter:
dr saya dina saya sudah 1thn 6bln sebelumnya saya pernah hamil tapi keguguran sampai dgn sekarang saya belum hamil,kira2 kpn waktu yg baik u/periksa kedr kandungan ya dok sekarang saya hari ke15 selesai mens?tpi suami saya tdk mau periksa..gmn cara nya ya dok apa saya dulu aja yg periksa ya dok kira2 wktu yg tepat kpn ya??makasih dok
dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Untuk memperoleh kehamilan, maka diperlukan keadaan subur dari sang suami dan istri agar dapat terjadi pembuahan sel telur oleh sperma pada saat masa subur. Bunda dapat memeriksakan kesuburan pada dokter kandungan, bila dilakukan pada saat masa subur diharapkan ketika pemeriksaan USG dapat terlihat sel telur yang menandakan tidak ada masalah dalam ovulasi. Bila dokter mencurigai ada keadaan yang memerlukan pemeriksaan penunjang lainnya, maka kemungkinana dilakukan pemeriksaan lab untuk memeriksa keadaan hormonal Bunda, ataupun foto X-Ray pemeriksaan HSG (sekitar 5 hari setelah menstruasi selesai) untuk melihat kondisi saluran tuba dan lainnya. Pemeriksaan kesuburan pada suami juga tidak kalah penting, agar bila diketahui ada masalah kesuburan pada suami anda, maka dapat dilakukan therapy yang tepat dalam mengahdapi masalah ini.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Artikel