SITE STATUS
Jumlah Member :
506.417 member
user online :
356 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - hay dokter,kenafa jika tidur aki susah dan sakit,dan kehamilanku sudah memasuki 10 minggu. mohon di jawab???


hay dokter,kenafa jika tidur aki susah dan sakit,dan kehamilanku sudah memasuki 10 minggu. mohon di jawab???
hay dokter,kenafa jika tidur aki susah dan sakit,dan kehamilanku sudah memasuki 10 minggu.
mohon di jawab???
19 Jan 2017, 10:30
Dari : Nokwati Miliknya Imronrosadi

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul " Keluhan-Keluhan Ringan Saat Hamil Dan Solusinya " :
Kram dan sakit pada kaki
Menjelang akhir kehamilan tangan dan kaki sering mengalami kekakuan. Bagian tubuh tersebut agak membengkak sedikit karena menyimpan cairan. Akibatnya syaraf jadi tertekan. Tekanan ini terasa sakit seperti ditusuk-tusuk jarum. Sehingga tangan dan kaki tidak merasakan apa-apa dan ototnya jadi lemah. Gejala ini terasa waktu bangun tidur di pagi hari dan membaik di siang hari. Penyebabnya diperkirakan karena hormon kehamilan, kekurangan kalsium, kelelahan, tekanan rahim pada otot, kurang bergerak sehingga sirkulasi darah tidak lancar.
Solusinya :
Saat kram terjadi, yang harus dilakukan adalah melemaskan seluruh tubuh terutama bagian tubuh yang kram. Dengan menggerak-gerakkan pergelangan tangan dan mengurut bagian kaki yang terasa kaku bisa membantu menghilangkan kekakuan. Selain itu, pada saat bangun tidur jari kaki ditegakkan sejajar dgn tumit utk mencegah kram mendadak. Agar kram tidak sampai mengganggu, atasi dengan mengkonsumsi banyak kalsium, minum air putih yang banyak, melakukan senam ringan, dan cukup istirahat

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Dewi Ingien Clalu B"camamue" dengan judul pertanyaan " Kaki Kram Pada Ibu Hamil " pada Tanya Bidan: dok saya mau tanya, sebenar'nya bahaya gk sich kaki kram pada ibu hamil ??? apa sih penyebab kram itu sendiri. trimakasih
Bidan menjawab
Dear bunda Dewi Ingien B"camamue,
Keluhan kram memang sering dirasakan saat hamil, keluhan ini tidak membahayakan kehamilan, tetapi membuat bunda merasa tidak nyaman. Keluhan ini disebabkan penekanan pada syaraf didaerah kaki akibat penimbunan cairan yang terjadi dalam kehamilan.

Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "kiky anida" dengan judul pertanyaan "Kaki Bengkak Pada Kehamilan " pada Tanya Dokter:salam kenal dokter :) dok, saya mau tanya mengenai kehamilan. saat ini kandungan saya masuk ke 22 minggu. yang ingin saya tanyakan adalah knp saat kandungan saya masih berusia 8 minggu kaki saya sudah bengkak ? apakah pengaruh apabil pekerjaan saya harus byk berdiri dan jalan ? dan pada saat skrg ini saya sering mengalami kesemutan di jari tangan khususnya jari tangan kanan, apakah penyebabnya ? dan saya ingin bertanya mengenai ASI, bisakah asi kita produksi lebih byk sblm melahirkan ? bagaimana caranya ? terima kasih atas perhatiannya :)
dr. Tanti menjawab
Dear Bunda anida kristini (kiky anida), Terjadinya bengkak pada kaki, karena bertambahnya berat badan anda yang harus ditopang oleh tubuh, dan bertambahnya beban aliran darah balik yang harus di pompakan oleh vena ke jantung. Angkat kaki anda dalam posisi lebih tinggi dari badan dan kepala untuk memperbaiki alian darah ke jantung saat anda beristirahat. Selain itu selalu periksakan tekanan darah anda kepada dokter kandungan anda, karena salah satu tanda-tanda terjadinya pre eklampsia (keadaan tekanan darah tinggi pada kehamilan) yang dapat dilihat dari perubahan fisik adalah pembengkakan pada kaki, wajah dan kelopak mata anda. Perhatikan asupan nutrisi anda dengan mengkonsumsi makanan sehat agar produksi ASI anda dapat tercukupi.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Berita