SITE STATUS
Jumlah Member :
506.345 member
user online :
483 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - minyak ikan saat menyusi?


minyak ikan saat menyusi?
hai dokter,
saya mau bertanya, dari semenjak hamil saya ingin konsumsi minyak ikan,tapi dari dokter kandungan saya tidak mengijinkan untuk konsumsi itu dikarenakan saya sudah konsumsi folamil genio yang saya dapat dari RS tsb. Sekarang anak saya sudah lahir dan berusia 3 bulan, apakah boleh saya konsumsi minyak ikan? kalau iya, seberapa sering? Sementara sekarang saya juga mengkonsumsi moloco b12 untuk ibu menyusui. terima kasih
19 Jan 2017, 10:25
Dari : bunda axl

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul " Makanan untuk Ibu Menyusui " : Untuk gizi seimbang, Dr. Sears menyarankan kelima kelompok makanan dasar ini:
1. kelompok nasi, serealia, roti gandum, atau pasta
2. kelompok sayuran
3. kelompok buah-buahan
4. kelompok ikan, daging, unggas, kacang kering, telur, dan kacang
5. kelompok susu, yoghurt, dan keju.
Selain itu, makanan yang dapat dikonsumsi oleh Ibu menyusui adalah jenis makanan yang sebaiknya dapat menambah kalori kira-kira 500 kkal, diantaranya adalah:
1. Minum air putih lebih banyak, karena Ibu menyusui akan merasa lebih cepat haus. Sebagian cairan tersebut digunakan untuk memproduksi ASI. Ibu Menyusui sedikitnya minum 2 liter air putih per hari. Hal tersebut juga disertai konsumsi susu dan buah, sehingga cairan dalam tubuh cukup.
2. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein,kalsium dan zat besi/zinc seperti daging (ayam, sapi, kambing), ikan (salmon, tuna), susu dan olahannya (keju dan yoghurt), telur, daun-daunan hijau (sayur bayam, kangkung, katuk),kacang kedelai, brokoli, buncis, jus wortel serta buah-buahan dan sayur yang mengandung vitamin c.
Tips:
Pantangan makanan Ibu menyusui adalah makanan yang menyebabkan alergi dan beresiko mengandung merkuri.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Dyah Praha " dengan judul pertanyaan "Suplemen minyak ikan, posisi tidur ibu hamil, USG 4D dan antibiotik" pada Tanya Dokter: Selamat Siang Dok, Saya ada beberapa pertanyaan seputar kehamilan. 1. selain vit folamil genio dan eazycal apakah boleh untuk mengkonsumsi minyak ikan? 2. bagaimana posisi tidur yg baik di usia kehamilan 26minggu? 3. mengenai usg 4D apakah bisa mendeteksi kelainan pada babynya seperti down syndrome dsb? 4. saya pernah cek urine dan hasilnya ada infeksi disaluran kemih kemudian saya diberikan obat amoxsan, apakah itu harus dikonsumsi seterusnya sampai persalinan dok?saya tanya dokternya tidak memberikan jawaban yg pasti. mohon informasinya. Terima kasih
dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Suplemen minyak ikan sampai saat ini masih menjadi perdebatan apakah berpengaruh terhadap perkembangan kehamilan atau tidak. Komponen yang dikenal penting dalam pembentukan dan perkembangan otak pada janin, pembentukan retina, dan perkembangan sistem syaraf adalah asam lemak esensial Omega 3 yang biasanya didapati dari makanan terutama ikan dan minyak ikan. Bila Anda tidak mengkonsumsi ikan, Anda dapat memenuhi asupan omega 3 melalui suplemen makanan atau minyak ikan. Minyak ikan di buat dari badan ikan ataupun hati ikan, ada pendapat yang menyarankan untuk menghindari minyak ikan yg berasal dari hati ikan. Untuk asupan protein, Anda dapat memenuhi dari protein nabati seperti kedelai, kacang-kacangan dan sayuran. Perlu diperhatikan bahwa semua ini aman dikonsumsi apabila Anda tidak mengalami alergi terhadap zat-zat tersebut.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis :