SITE STATUS
Jumlah Member :
506.368 member
user online :
397 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Minum profertil haid menjadi banyak


Minum profertil haid menjadi banyak
saya ke dokter kandungan karena mengalami haid 3minggu dan diberikan obat kaltex dan hormon, setelah obat hormon nya selesai 2hari kemudian saya haid menjadi diberi obat profertil hari ke 2 haid. akan tetapi setalah 5hari minum haidnya menjadi banyak. apa solusinya
26 Oct 2016, 15:05
Dari : upik1106

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Normalkah Menstruasi Anda?:
Menstruasi merupakan perubahan yang terjadi pada wanita yang menandakan bahwa mereka telah masuk ke masa pubertas. Biasanya mulai terjadi pada wanita usia 14 tahun. Setiap wanita memiliki siklus yang berbeda-beda, ada yang siklusnya panjang, pendek, nyeri saat menstruasi, keluar darah yang banyak atau sedikit. Hal demikian yang terkadang menjadi pertanyaan bagi para wanita, apakah normal atau tidak? mungkin Anda salah satunya. Oleh karena itu berikut merupakan ciri-ciri menstruasi yang normal.

Wanita yang akan mengalami menstruasi biasanya memiliki gejala PMS atau Pre Menstrual Syndrome, hal tersebut dapat dikatakan normal, karena pengaruh dari hormon. Biasanya gejala yang dialami setiap individu berbeda-beda, antara lain adalah perubahan emosi, nafsu makan meningkat, nyeri payudara, berjerawat.

Siklus menstruasi adalah hari pertama menstruasi interval perhitungan dari dua siklus menstruasi, biasanya 28 hari, terkadang lebih awal atau lambat. Apabila terlambatnya siklus menstruasi tersebut tidak lebih dari 7 hari masih dianggap normal, maka, siklus haid yang normal tidak boleh kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Nyeri saat menstruasi sering terjadi, normalnya hanya terjadi 1-2 hari pada saat menstruasi atau akan menstruasi. Apabila nyeri menstruasi terjadi sampai 7 hari atau lebih, segera periksakan ke dokter. Pada masa menstruasi terkadang keluar darah berupa gumpalan tetapi tidak terlalu banyak, hal tersebut dapat dikatakan normal, namun apabila volume lebih dari biasanya dianggap tidak normal.

Jumlah darah yang keluar setiap siklusnya antara 20-60cc. Pembalut memiliki daya tampung yang berbeda-beda mulai 6cc ukuran kecil dan 15-20cc yang berukuran besar, sehingga jika siklus menstruasi menghabiskan 3-7pembalut terisi penuh masih dianggap normal. Darah yang keluar saat menstruasi baunya khas, bau normal darah tidak amis dan juga tidak berbau menyengat seperti bau busuk. Masa menstruasi normalnya terjadi selama 3-7 hari, apabila terjadi lebih dari 7 hari dengan volume darah sama, maka segera periksakan ke dokter.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Hannareztoe_prameztie" dengan judul pertanyaan "Gangguan menstruasi dan hormonal" pada Tanya Dokter: dok saya mau tanya.. saya belum datang bulan selama 3 bulan, 1 tahun yang lalu saya periksa kata nya hormon nya kurang bagus lalu saya di beri obat untuk tingkat kan hormon. alhamdulilah saya langsung menstruasi. v 3 bulan ini saya celum menstruasi hanya flek saja dok. itu kenapa ya dok makasih

dr. Tanti menjawab
Dear Nindyanin,
Gangguan siklus menstruasi maupun adanya nyeri menstruasi (PMS) dapat
dipengaruhi oleh banyak hal, beberapa diantaranya adalah adanya stress,
penurunan berat badan yang drastis, "over exercise" maupun disebabkan
keadaan lain seperti adanya penyakit. Bila tidak ada penyebab organik
lainnya, maka stress dapat dicurigai sebagai pemicu terjadinya gangguan
siklus menstruasi. Pada umumnya gangguan siklus menstruasi ini adalah
tidak adanya menstruasi (Amenorrhoea). Hal ini dapat berhubungan dengan adanya hormon yang dilepaskan saat keadaan stress dan menekan fungsi-fungsi tubuh lainnya sehingga tidak bekerja seperti biasanya.
Hormon yang berperan penting dalam siklus menstruasi antara lain estrogen dan progesteron. Hormon testosteron juga ditemukan pada tubuh wanita meski dalam jumlah yang kecil, tidak seperti pada tubuh pria yang dominan dipengaruhi oleh hormon testosteron. Bila kadar hormon testosteron dominan atau berlebih pada tubuh wanita maka akan timbul tanda-tanda seperti tumbuhnya rambut halus pada wajah dan tubuh lebih banyak dari umumnya, berhenti atau tidak teraturnya siklus menstruasi, dapat timbul jerawat, perubahan pada organ seksual ataupun perubahan suara (seperti suara laki-laki) bahkan infertilitas.
Lebih baik Anda memeriksakan diri pada dokter untuk melihat apakah gangguan siklus menstruasi ini ada pengaruhnya dengan hal-hal tersebut diatas. Untuk mengatasi gangguan menstruasi, dokter akan terlebih dahulu mencari penyebab utama gangguan tersebut agar terapi dapat dilakukan dengan tepat.

Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Puspa Tan Sumardjo" dengan judul pertanyaan "Apa kegunaan obat profertil" pada Tanya Apoteker: Mau tanya donk profertil itu guna'a untuk apa? Trus bs d beli tanpa resep dokter gk? Kapan lebih baik untuk d minum. Trimakasih
Apoteker Rachel menjawab :
Dear Bunda Puspa.

Terima kasih atas pertanyaannya.
Profertil memiliki kandungan aktif Klomifen Sitrat. Produk ini diindikasikan untuk mengatasi ketidak suburan baik wanita (tidak haid atau pendarahan rahim) atau untuk meningkatkan produksi sperma.
Untuk kasus dmana tidak terjadi ovulasi, obat ini biasanya diminum pada hari ke 3-5 setelah hari pertama menstruasi.
Obat ini adalah obat keras dan sebaiknya tidak dikonsumsi tanpa pemeriksaan dan arahan dari dokter.
terima kasih
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis : Forum
Jenis : Forum
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis :