SITE STATUS
Jumlah Member :
506.392 member
user online :
309 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - suplemen kesuburan


suplemen kesuburan
slmt mlm dok...
dok sy lg promil suplemen santa e sama folavit dr dokter kandungan tapi skrng sy lg haid...apakah santa e dan folavit bisa di minum saat lg haid....mohon penjelasannya ea dok...

trimaksih...
25 Oct 2016, 13:22
Dari : Bia Salsabilah

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Perhatikan Nutrisi Prakehamilan Bunda: Berikut beberapa makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi prakehamilan Bunda;

1. Dairy Foods
Bunda perlu memenuhi kebutuhan kalsium sehari-hari karena Kalsium dapat meningkatkan sistem reproduksi. Dairy Foods atau makanan hasil olahan susu (termasuk susu itu sendiri) seperti keju, yoghurt dan es krim dapat memenuhi nutrisi prakehamilan yang Bunda butuhkan. Dairy Foods kaya akan protein yang bisa meningkatkan kesuburan. Bunda bisa memilih susu kedelai yang mengandung protein tinggi bila Bunda alergi terhadap susu sapi.

2. Vitamin E
Mengonsumsi Vitamin E dapat meningkatkan produksi Enzim yang akan berpengaruh pada hormon pria untuk membentuk sperma. Meski banyak yang berpikir Vitamin E hanya untuk pria, ternyata pada wanita Vitamin E berperan penting untuk melindungi sel telur. Vitamin E terdapat pada kacang hijau, tauge, salada, daging, unggas, dll.

3. Alpukat
Alpukat mengandung Vitamin B6 yang berfungsi meningkatkan hormon pria. Pada wanita, kandungan Potassium pada alpukat dapat mengatur tiroid wanita.

4. Makanan berserat tinggi
Ganti makanan karbohidrat olahan dan banyak gula yang biasa Bunda konsumsi dengan makanan berserat tinggi. Pilih roti gandum, sayuran dan buah-buahan untuk sarapan.

5. Tiram Laut
Tiram laut mengandung banyak Zing atau zat seng yang kaya akan L-Carnitine dan L-Ariginine. Zat-zat di dalam tiram laut dapat meningkatkan kualitas dan produksi sperma supaya volume ejakulasi meningkat.

Lalu bagaimana dengan suplemen prakehamilan? Menurut Bunda apakah Bunda perlu mengonsumsinya?

Karena seringnya asupan nutrisi yang kurang membuat Bunda akhirnya memilih suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi terutama nutrisi prakehamilan. Suplemen yang paling sering dikonsumsi para Bunda yang merencakan kehamilan adalah zat besi dan asam folat. Bila Bunda tidak dapat memenuhinya dari makanan sehari-hari, Bunda boleh mendapatkannya melalui suplemen.

Tips:
- Meski suplemen prakehamilan mudah didapat, tetapi sebaiknya pilih yang alami dari sayuran dan buah-buahan.
Nah, sekarang Bunda sudah mengerti nutrisi apa saja yang menunjang program kehamilan Bunda. Jadi, mulai dari sekarang perhatikan terus asupan nutrisi Bunda ya!

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "rr dwi" dengan judul pertanyaan "vit untuk program hamil" pada Tanya Bidan:Selamat Siang Bu Bidan,
saya sdh 4 th menikah blm dkaruniai anak. Sy lg mau program hamil, kbtulan dksh tw dengan kluarga dan teman vit ny.
Folic acid dan folavit itu apa y? apakah aman? apa ada efek samping? apa boleh jk dkonsumsi dua2 ny sekaligus?
Dan yg minum itu istri saja, atw istri dan suami?
Ditunggu balasanny y bu. Terima kasih
Bidan menjawab:
Dear bunda rr Dwi,
Folavit dan folic Acid memiliki kandungan yang sama yaitu asam folat. Salah satu kegunaannya adalah pada wanita hamil dapat mencegah keguguran dan anak lahir cacat, efek samping asam folat sangat kecil angka kejadiannya karena asam folat merupakan vitamin yang larut dalam air. Terapi ini aman dikonsumsi oleh bunda beserta pasangan.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Bunda.asih" dengan judul pertanyaan "Ingin cepat hamil" pada Tanya Dokter: Ass. Dok saya mau bertnya,, saya menikah sudah hampir 3 tahun tapi saya belum punya anak juga seblmnya saya Kb Pil 1 tahun, terus saya juga sering keputihan dok, mhon solusiny. Terimakasih
dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda,
Masalah kehamilan tergantung dari keduabelah pihak, suami dan istri. Pasangan suami istri dikatakan mengalami masalah kesuburan jika dalam 1-2 tahun berusaha mendapatkan kehamilan, melakukan hubungan suami istri yang rutin dan kontinyu setidaknya 2-3 hari sekali tanpa menggunakan kontrasepsi apapun. Secara teori, setelah tidak lagi menggunakan metode kontrasepsi maka siklus menstruasi akan kembali normal dan ovulasi juga terjadi secara baik. Untuk pil kontrasepsi kombinasi, siklus menstruasi dan ovulasi dapat kembali normal sampai sekitar 6 bulan sejak melepas kontrasepsi. Untuk berkonsultasi masalah kesuburan atau usaha mendapatkan kehamilan, Bunda bisa mendatangi dokter umum di tempat Bunda. Pada pasangan suami istri yang ingin medapatkan kehamilan, dapat diperiksa oleh dokter umum. Sang suami akan diberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi organ reproduksi dan rujukan pemeriksaan analisa sperma. Sedangkan sang istri juga akan diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan siklus menstruasi dan riwayat kesehatan lainnya. Bila diperlukan atau ditemukan masalah lebih lanjut, maka dokter umum dapat merujuk pada dokter kandungan untuk menangani masalah infertilitas ini. .

Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Siti Hanifa1" dengan judul pertanyaan "folavit n ever e " pada Tanya Apoteker: Bolehkah minum ever e dan folavit disaat kita haid. Trs boleh gak folavit n ever e itu diminum oleh suami. Tolong di balas ya.
Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda, Terima kasih atas pertanyaannya.
Ever E dan Folavit keduanya merupakan vitamin dan supplemen yang aman digunakaan saat hamil. Keduanya boleh dikonsumsi oleh suami, akan tetapi untuk folavit, kandungannya adalah Asam folat yang diindikasikan untuk Pertumbuhan janin. Defisiensi asam folat, suplemen saat hamil dan laktasi, kondisi dimana kebutuhan asam folat meningkat. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu bunda.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :