SITE STATUS
Jumlah Member :
506.509 member
user online :
1036 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Haid tidak teratur


Haid tidak teratur
Selamat pagi dokter. Saya berusia 22 tahun dan saya sudah mempunyai suami namun saya masih mempunyai kesibukan kuliah. Saya mempunya siklus haid yg tidak teratur, di 4bulan trakhir ini haid saya selalu terlambat. Bulan pertama telat 10hari, kedua 9hari, ketiga 9hari, dan sekarang 14hari. Yang saya tanyakan apakah saat ini saya hamil atau ada gangguan hormon atau saya mempunyao penyakit dok. Terimakasih
24 Oct 2016, 15:36
Dari : Ratna23

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Mengapa Siklus Menstruasi Terganggu : Sebagian besar perempuan pernah mengalami kondisi di mana menstruasi tidak teratur. Siklus tidak teratur ini bisa berarti memendek atau memanjang harinya.
Menstruasi adalah serangkaian perubahan tubuh seorang wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Setiap bulannya uterus tumbuh menjadi lapisan baru (endometrium) yang siap dibuahi. Ketika sel telur tidak dibuahi maka ia akan keluar dan ini yang dinamakan menstruasi. Perempuan mulai mengalami menstruasi antara usia 11 hingga 14 tahun dan berhenti saat menopause sekitar usia 50-an.

Untuk mengetahui apakah siklus menstruasi Bunda teratur atau tidak tentunya kita harus tahu bagaimana siklus menstruasi yang teratur. Rata-rata siklus yang teratur adalah 28 hari. Dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya.

Kenapa tidak teratur?
Menstruasi tidak teratur disebabkan oleh beberapa faktor terutama hormon. Berikut faktor-faktor penyebabnya :
• Hormon
Hormon estrogen dan progesterone memiliki peran besar dalam setiap siklus menstruasi. Jika hormon estrogen kurang, maka siklus menstruasi bisa semakin lama. Demikian pula sebaliknya jika hormon ini berlebih maka siklus menjadi lebih cepat.
• Berat badan
Naiknya berat badan secara drastis mempengaruhi siklus menstruasi. Begitu juga dengan turunnya berat badan yang signifikan. Untuk itu penting tetap berada di garis berat badan ideal.
• Obat-obatan
Beberapa jenis obat-obatan ternyata dapat mempengaruhi hormon. Terutama pil KB yang berpengaruh besar terhadap kadar hormon.
• Stress
Tentunya stress memiliki dampak yang buruk termasuk mengganggu siklus menstruasi Bunda. Memiliki waktu beristirahat yang cukup sangat disarankan untuk tetap dalam siklus menstruasi yang normal.
• Olahraga Berlebihan
Olahraga memang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Tetapi bila berlebihan juga bisa mengakibatkan dampak negatif, salah satunya mengganggu siklus menstruasi.

Bagaimana Mengatasinya?
Untuk mengembalikan siklus menstruasi kembali normal kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Misalnya karena olahraga berlebihan. Tentunya Bunda harus berolahraga yang lebih ringan. Bila stress maka Bunda harus menenangkan pikiran dan meluangkan waktu dari rutinitas sehari-hari yang padat.

Kapan harus ke dokter?
Siklus normal menstruasi memang 28 hari, namun perempuan yang memiliki siklus 21-35 hari masih dapat dikatakan normal. Terlebih lagi remaja bisa mengalami siklus hingga 45 hari. Tetapi siklus tidak dapat dikatakan normal bila melebihi angka tersebut. Periksalah ke dokter bila Bunda merasa ada kelebihan 7 hari dalam siklus menstruasi selama tiga kali berturut-turut.

Tips :
- sisihkan waktu untuk rileks dan memanjakan diri setiap hari. Hal ini dapat menghindari kita dari stress yang bisa mengganggu siklus menstruasi.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Lovely Ida" dengan judul pertanyaan "haid cuma sehari" pada Tanya Dokter: dear infobunda.. salam kenal sebelum nya.. saya mau tanya.. kebetulan sy sedang promil setelah pasca kb suntik kurang lebih 4 th.. nah krn haid sy tidak teratur dokter meresepkan sy cycloproginova untk 3 bulan untuk melancarkan haid sebelum lanjut promil. yg sy mau tanyakan haid sy setelah minum cycloprgnv 1 bulan kok haid nya cuma 1 hari dan sedikit hari ke dua cuma flek aja.. mohon pencerahan nya terimakasih

dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda,

Untuk menormalkan kembali siklus menstruasi, dokter akan memeriksa terlebih dahulu apakah ada masalah lain pada organ reproduksi. Bila setelah pemeriksaan tidak ditemukan adanya kelainan, maka akan dilakukan terapi hormonal yang dapat diberikan untuk beberapa siklus (2-3 siklus) yaitu mendapatkan perdarahan buatan dengan tujuan akan terjadi siklus menstruasi secara alami setelah terapi itu selesai. Bila pada siklus pertama sudah terjadi perdarahan buatan, meskipun belum seperti normalnya, maka dapat dilanjutkan dengan siklus berikutnya. Namun hal ini tergantung dari metode terapi yang dokter Anda lakukan. Sebaiknya Bunda berkonsultasi kepada dokter Anda mengenai rencana terapi yang Bunda jalankan saat ini.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Zahrina Azzahra" dengan judul pertanyaan "Gangguan haid" pada Tanya Bidan: bunda saya menikah tanggal 26 januari 2014, tanggal 28 januari saya haid. sampai tanggal 4 februari. harusnya akhir februari saya haid lg, tapi keluar darah pada tanggal 14 maret, itu juga cuma 1 hari.
dari tanggal 14 maret sampai sekarang saya tdk keluar darah lg, tapi sering keluar flek coklat. tapi hari ini keluar darah seperti mens, itu kenapa ya bund?
wkt tanggal 14 saya konsultasi ke bidan, katanya hanya mens biasa.
mohon penjelasannya ya bun

Bidan menjawab:
Dear bunda Zahrina Azzahra,

Seperti terjadi gangguan haid pasca menikah ya bunda. Gangguan haid dapat terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, ataupun terjadi gangguan organ kandungan. Sebaiknya untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :