SITE STATUS
Jumlah Member :
497.432 member
user online :
1511 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - seputar menstruasi


seputar menstruasi
Dok, saya mau tanya, bulan september kmrn saya haid seperti biasa tp waktunya aga lama, biasanya cuma 7hr ini jadi 2 minggu, setelah itu brenti selama 3hr tapi setelah hari ke 3 menstruasi lagi sampai skr. darah menstruasinya keluar cukup banyak tp tidak menyebabkan pusing atau lemas, saya juga pernah didiagnosa adenomyosis, apakah haid saya ini normal atau tidak ya Dok, trs bagaimana supaya bisa berhenti, trima kasih
14 Oct 2016, 16:07
Dari : Ririen Lagee

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Normalkah Menstruasi Anda?:
Menstruasi merupakan perubahan yang terjadi pada wanita yang menandakan bahwa mereka telah masuk ke masa pubertas. Biasanya mulai terjadi pada wanita usia 14 tahun. Setiap wanita memiliki siklus yang berbeda-beda, ada yang siklusnya panjang, pendek, nyeri saat menstruasi, keluar darah yang banyak atau sedikit. Hal demikian yang terkadang menjadi pertanyaan bagi para wanita, apakah normal atau tidak? mungkin Anda salah satunya. Oleh karena itu berikut merupakan ciri-ciri menstruasi yang normal.



Wanita yang akan mengalami menstruasi biasanya memiliki gejala PMS atau Pre Menstrual Syndrome, hal tersebut dapat dikatakan normal, karena pengaruh dari hormon. Biasanya gejala yang dialami setiap individu berbeda-beda, antara lain adalah perubahan emosi, nafsu makan meningkat, nyeri payudara, berjerawat.

Siklus menstruasi adalah hari pertama menstruasi interval perhitungan dari dua siklus menstruasi, biasanya 28 hari, terkadang lebih awal atau lambat. Apabila terlambatnya siklus menstruasi tersebut tidak lebih dari 7 hari masih dianggap normal, maka, siklus haid yang normal tidak boleh kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Nyeri saat menstruasi sering terjadi, normalnya hanya terjadi 1-2 hari pada saat menstruasi atau akan menstruasi. Apabila nyeri menstruasi terjadi sampai 7 hari atau lebih, segera periksakan ke dokter. Pada masa menstruasi terkadang keluar darah berupa gumpalan tetapi tidak terlalu banyak, hal tersebut dapat dikatakan normal, namun apabila volume lebih dari biasanya dianggap tidak normal.

Jumlah darah yang keluar setiap siklusnya antara 20-60cc. Pembalut memiliki daya tampung yang berbeda-beda mulai 6cc ukuran kecil dan 15-20cc yang berukuran besar, sehingga jika siklus menstruasi menghabiskan 3-7pembalut terisi penuh masih dianggap normal. Darah yang keluar saat menstruasi baunya khas, bau normal darah tidak amis dan juga tidak berbau menyengat seperti bau busuk. Masa menstruasi normalnya terjadi selama 3-7 hari, apabila terjadi lebih dari 7 hari dengan volume darah sama, maka segera periksakan ke dokter.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "shafana" dengan judul pertanyaan "Haid Lama 14 hari" pada Tanya Bidan: Dok,Haid saya lebih dari 10 hari (14 hari) dan sudah berlangsung selama 3 bulan darah yang keluar setelah 10 hari tidak terlalu banyak apakah haid saya normal? Jika tidak normal apakah itu suatu penyakit, apa penyebabnya dan solusinya, terimakasih dok

Bidan menjawab
Dear bunda Shafana,
Apakah saat ini bunda menggunakan alat kontrasepsi ? Umumnya haid berlangsung selama 7 hari. Apabila terjadi perpanjangan masa haid dan aliran darah yang keluar dirasakan lebih banyak, dikhawatirkan terjadinya anemia. Terjadinya keluhan ini salah satu penyebabnya adalah faktor hormonal. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter, tindakan USG diperlukan untuk menilai kondisi alat reproduksi dan mencari penyebab terjadinya keluhan, sehingga terapi serta tindakan yang tepat dapat diberikan.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Forum
Jenis :