SITE STATUS
Jumlah Member :
497.479 member
user online :
781 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - perut rasanya begah,ketika dibuat duduk sakit


perut rasanya begah,ketika dibuat duduk sakit
Dok,maaf mau tanya ?
Perut saya kok rasanya begah dibuat duduk di bawah rasanya sakit pinggang juga ikut sakit. Saat ini saya mengalami flek
25 Feb 2016, 15:29
Dari : Yulia rahma

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Keluhan-Keluhan Ringan Saat Hamil Dan Solusinya: Sakit punggung
Selama kehamilan, sambungan antara tulang pinggul mulai melunak dan lepas. Ini persiapan untuk mempermudah bayi lahir. Rahim bertambah berat, akibatnya, pusat gravitasi tubuh berubah. Secara bertahap, ibu hamil mulai menyesuaikan postur dengan cara berjalan. Hal ini menyebabkan sakit punggung dan pegal.
Solusinya :
Mengatasinya tak perlu obat cobalah perbaiki cara berdiri, duduk, dan bergerak. Jika harus duduk atau berdiri lebih lama jangan lupa istirahat setiap 30 menit.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "nani aja" dengan judul pertanyaan "Sering Sesak di Masa Hamil" pada Tanya Dokter: slmt malam dok.saya mau tanya kenapa saya sering merasa sesak/serasa berada di ruang yang sempit dan pengap susah sekali untuk bernafas,kalau sudah sesak kadang sampai muntah,kalau sudah muntah sedikit lebih baik. - apa itu hal yang wajar buat orang hamil? - bahaya gak buat janin? _ apa yang harus saya lakukan ketika sesak itu datang. terimakasih sebelumnya dok.
dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda nani, Rasa sesak apabila berada dalam ruangan sempit disebut dengan claustrophobia, hal ini dapat terjadi pada siapa saja tidak hanya pada keadaan tertentu seperti ketika sedang hamil. Bahaya pada keadaan ini adalah keadaan panik, apabila anda merasa panik dan mulai bernafas cepat dan berkeringat, anda bisa mengalami kekurangan oksigen dan hal itu tidak baik untuk bayi di dalam kandungan anda. Apabila rasa sesak dan panik itu datang, visualisasikan hal yang tenang dan nyaman untuk anda bayangkan, yakinlah bahwa semuanya aman dan baik-baik saja. Bernafaslah secara pelan, agar oksigen dapat teraliri dengan lancar keseluruh jaringan tubuh anda.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "devina.fani" dengan judul pertanyaan "Nyeri Pinggang kiri" pada Tanya Bidan:pagi bu bidan, saya mau tanya kenapa ya udah beberapa hari ini pinggang sebelah kiri saya sakit setiap harinya?
Bidan menjawab:
Dear bunda Devina.Fani,
Apakah saat bunda sedang dalam keadaan hamil ? Keluhan nyeri pada daerah pinggang dapat dirasakan pada sebelah kanan ataupun kiri pada saat hamil kemungkinan dapat dipicu oleh aktifitas sehari-hari seperti berjalan, naik tangga, mengangkat, duduk. Saat hamil membesarnya rahim berpengaruh pada pusat gravitasi, melemahkan otot perut, mengubah postur tubuh bunda serta memberikan tekanan, sehingga menimbulkan keluhan nyeri pada punggung / pinggang. Begitu pula perubahan hormon kehamilan dapat melonggarkan sendi dan ligament pada tulang panggul ke tulang belakang. Disarankan untuk melakukan olah raga ringan, rileksasi, perbanyak konsumsi air putih, serta mengurangi aktifitas yang terlalu aktif.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter