SITE STATUS
Jumlah Member :
506.402 member
user online :
660 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - jarak kehamilan caesar ke normal


jarak kehamilan caesar ke normal
Hallo dokter..saya pernah melahirkan caesar 22 jan 14 karena berat bayi terlalu besar dan saat ini saya tengah hamil di usia kandungan 2 bulan..apakah kehamilan kedua saya bisa melahirkan normal?terima kasih untuk jawabannya
28 Dec 2015, 15:10
Dari : ika_naura

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.
Kutipan dari artikel dengan judul Pilih Bersalin Normal atau Caesar ya? (2):
Setelah bersalin Caesar, masih bisakah bersalin normal pada proses kelahiran berikutnya?
Para pakar dari American College of Obstetricians and Gynecologist menyatakan sekitar 60-80% wanita yang bersalin secara Caesar bisa melahirkan secara normal nantinya. Tentunya dengan beberapa syarat :
- Berikan selang waktu hamil minimal 2 tahun setelah operasi Caesar
- Bukan karena panggul yang sempit dan plasenta plasenta previa (plasenta yang menutupi jalan lahir)
- Apabila dokter menyatakan bekas jahitan memungkinkan persalinan normal
- Lakukan percobaan persalinan normal setelah persalinan Caesar (Vaginal Birth After Cesarean) di rumah sakit, sehingga bila persalinan normal tidak memungkinkan dapat segera diambil tindakan Caesar.

Nah, kini Bunda sudah tahu tentang persalinan normal dan Caesar. Bila faktor-faktor penyebab bersalin Caesar tidak ditemukan, jangan memilih bersalin Caesar hanya untuk menghindari rasa sakit. Tanamkan dalam pikiran Bunda kalau proses kelahiran adalah sesuatu keajaiban yang tak terlupakan seumur hidup. Selamat menyambut datangnya sang buah hati!


Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Eny Tjitra" dengan judul pertanyaan "Apakah harus sectio klo dulu pernah sectio?" pada Tanya Dokter: Dok,saya melahirkan anak pertama normal. Dan anak ke 2 saya sectio krn saya terpeleset shg posisi bayi sungsang. Utk kehamilan ke 3 saya berencana normal krn sdh 3thn lalu saya sc. Apakah memungkinkan utk saya melahirkan normal kembali? Saya jg berniat utk steril, apa ada efek samping dr steril? Thanks Salam, Eny

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Apabila pada persalinan sebelumnya menggunakan cara operasi Caesar, maka persalinan berikutnya dapat saja dilakukan “percobaan persalinan normal” dengan syarat tidak ada kendala untuk dilakukan persalinan per vagina. Apabila kehamilan Bunda cukup sehat dan baik, serta memenuhi syarat untuk dilakukan persalinan normal, maka dokter anda dapat melakukan percobaan persalinan normal di rumah sakit yang juga mempunyai fasilitas kamar Operasi, agar apabila mengalami kegagalan pada persalinan percobaan, dapat segera dilakukan operasi Caesar.
Namun harus diingat, bahwa tehnik sayatan dan lokasi sayatan pada operasi Caesar sebelumnya juga sangat penting untuk dijadikan pertimbangan, apakah dapat dilakukan persalinan normal secara aman atau tidak. Sebaiknya bunda berkonsultasi pada dokter OBSGYN yang melakukan operasi Caesar terdahulu mengenai hal ini.
Metode KB steril pada perempuan (tubektomi) adalah dengan mengikat saluran tuba falopi atau dengan memotong saluran tersebut. Pada umumnya kontrasepsi dengan metode ini berefek permanen. Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai hal ini
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter