SITE STATUS
Jumlah Member :
506.511 member
user online :
917 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Kaki dan tangan kram di kehamilan 34 minggu


Kaki dan tangan kram di kehamilan 34 minggu
Dear dokter, belakangan ini sy merasakan kaki dan tangan sy kebas dan kram terleboh lagi telapak kaki saya.. Pertanyaan sy, apa penyebab kaki dan tangan kram? Dan bagaimana cara menanggulanginya..
28 Sep 2015, 11:04
Dari : Caca Rizka

Jawaban

Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Keluhan-Keluhan Ringan Saat Hamil Dan Solusinya: Kram dan sakit pada kaki
Menjelang akhir kehamilan tangan dan kaki sering mengalami kekakuan. Bagian tubuh tersebut agak membengkak sedikit karena menyimpan cairan. Akibatnya syaraf jadi tertekan. Tekanan ini terasa sakit seperti ditusuk-tusuk jarum. Sehingga tangan dan kaki tidak merasakan apa-apa dan ototnya jadi lemah. Gejala ini terasa waktu bangun tidur di pagi hari dan membaik di siang hari. Penyebabnya diperkirakan karena hormon kehamilan, kekurangan kalsium, kelelahan, tekanan rahim pada otot, kurang bergerak sehingga sirkulasi darah tidak lancar.
Solusinya :
Saat kram terjadi, yang harus dilakukan adalah melemaskan seluruh tubuh terutama bagian tubuh yang kram. Dengan menggerak-gerakkan pergelangan tangan dan mengurut bagian kaki yang terasa kaku bisa membantu menghilangkan kekakuan. Selain itu, pada saat bangun tidur jari kaki ditegakkan sejajar dgn tumit utk mencegah kram mendadak. Agar kram tidak sampai mengganggu, atasi dengan mengkonsumsi banyak kalsium, minum air putih yang banyak, melakukan senam ringan, dan cukup istirahat.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Chacha Mutz" dengan judul pertanyaan "Kram di tangan kanan" pada Tanya Dokter: Dear dr Tanti Saya sedang hamil usia kandungan 21 week. Saya msh aktif bekerja,pada saat mengendarai sepeda motor,telapak tangan saya sering kesemutan/kram. Yang saya ingin tanyakan apakah itu ada hubungannya dgn kehamilan. Terima kasih.
dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda,
Pada Bunda yang sedang hamil, dapat terjadi pembengkakan pada ujung-ujung alat gerak tubuh dan masih dalam batas normal selagi tensi darah Anda juga normal. Kesemutan atau paresthesia sesekali wajar dialami dan dapat menghilang dengan sendirinya. Bila keadaan ini berulang dan berlangsung lama atau terus menerus, maka perlu di curigai ada sesuatu yang tidak wajar dan mengganggu kesehatan. Pada Ibu hamil, pembengkakan pada anggota tubuh dapat menekan syaraf (yang umumnya terjadi pada tangan dan kaki) sehingga terjadi sensasi "kesemutan" yaitu hilangnya rasa dan seperti ditusuk-tusuk jarum kecil.
Bila hal ini terjadi pada Bunda, pastikan asupan nutrisi Bunda terpenuhi dengan baik ( vitamin, mineral , zat besi dan asam folat), hindari menekan daerah yang kesemutan dan beristirahatlah. Kunjungi dokter Anda bila sensasi ini terasa terus menerus dan tidak membaik.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :