SITE STATUS
Jumlah Member :
506.387 member
user online :
458 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - tentang kehamilan


tentang kehamilan
Dok, saat ini usia kandungan saya 11w tapi yang saya lihat dari kehamilan saya adalah perut sama sekali tidak berubah dan saya jarang merasakan mual muntah2.. apakah normal dok kondisi ini utk kehamilan saya? Apa yg harus saya lakukan agar perubahan bisa saya liat
17 Aug 2015, 16:15
Dari : fytrarestiyana

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Berat Badan Ideal Ibu Hamil:
Satu hal yang pasti dialami Bunda ketika menjalani masa kehamilan adalah berat badan yang bertambah. Berita baiknya, kenaikan berat badan tersebut bukan merupakan suatu masalah, malah merupakan salah satu indikator yang baik untuk memantau tumbuh kembang janin.

Namun, bila Bunda mengalami kenaikan berat badan yang terlalu berlebihan pada masa kehamilan, hal tersebut tentu dapat meningkatkan resiko hipertensi serta diabetes. Sebaliknya, berat badan dibawah rata-rata dapat meningkatkan resiko persalinan prematur, berat bayi lahir rendah dan komplikasi lainnya. Jadi, bagaimanakah pertambahan berat badan yang ideal untuk ibu hamil?

Pertambahan berat badan tiap Bunda pastilah berbeda satu dan lainnya. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan kalori yang berbeda-beda, kebutuhan tersebut dipengaruhi oleh jumlah berat badan Bunda sebelum masa kehamilan. Bagi Bunda yang mengalami kehamilan kembar, tentu memiliki kebutuhan nutrisi yang lebih banyak. Sebagai acuan angka rata-rata berat bada ideal pada masa kehamilan, Bunda dapat melihat Tabel Perkembangan Janin & Ibu Hamil.

Konsumsi makanan yang memiliki nutrisi tinggi sangat dianjurkan bagi Bunda, semisal: gandum, kacang hijau, beras merah, dsb. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut maka diharapkan janin akan memperoleh nutrisi yang cukup untuk pertumbuhannya. Hindarilah makanan dengan kandungan lemak yang tinggi tapi minim nutrisi.

Dan jangan lupa, kunjungi dokter untuk mengetahui seberapa banyak kenaikan berat badan yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Selamat menjalani masa kehamilan, Bunda!

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Vina Masrida" dengan judul pertanyaan "Perut belum keliatan buncit" pada Tanya Dokter: Siang dok, saya ingin bertanya, usia kehamilan saya pada saat ini 14 minggu, tapi masih belum keliatan buncit, biasanya perut keliatan buncit itu mulai usia kehamilan berapa bulan yaa?? *terimakasih sebelumnya

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Tinggi Fundus uteri adalah tinggi puncak tertinggi rahim yang dapat digunakan untuk memperkirakan usia kehamilan. Pada bidang kebidanan, Tinggi Fundus Uteri (TFU) dipakai dengan berbagai metode untuk memperkirakan usia kehamilan. Dengan metode palpasi atau perabaan, Tinggi fundus uteri untu usia kehamilan 12 minggu adalah 1/3 bagian di atas simfisi pubis. Sedangkan pada usia kehamilan 16 minggu diperkirakan setinggi antara simfisis pubis dengan pusar. Rajinlah memeriksakan kehamilan Bunda pada dokter atau bidan secara rutin.

Kutipan dari artikel dengan judul Normalkah Hamil Tanpa Keluhan?: Kehamilan merupakan anugerah yang tak terhingga, khususnya untuk Bunda yang memang mendambakan kehadiran buah hati. Untuk Bunda yang sudah dinyatakan positif hamil, selamat ya!

Umumnya, karena perubahan hormon Bunda hamil akan mengalami masa morning sickness, yaitu masa di mana Bunda akan merasa mual, tidak nafsu makan dan muntah. Biasanya morning sickness terjadi pada trimester pertama.

Selain morning sickness, Bunda hamil akan mengalami beberapa keluhan, seperti: sakit punggung, sakit tulang ekor (skiatika), kulit menjadi hitam di beberapa area terutama payudara, kaki bengkak, dll.

Tetapi bagaimana bila Bunda tidak mengalami keluhan-keluhan ini? Apakah normal?

Tidak Semua Sama

Perubahan kadar hormon setiap bunda hamil berbeda satu dengan lainnya. Tidak heran bila ada Bunda yang tidak mengalami keluhan-keluhan itu.

Bila ditanya apakah normal? jawabannya adalah normal karena kadar hormon yang berbeda. Tetapi ada beberapa pendapat lain yang menjawab iya dan tidak. Tingginya tingkat hormon merupakan penyebab utama dari morning sickness, sekaligus sebagai tanda bahwa kehamilan bergerak ke arah yang baik. Tetapi bukan berarti yang tidak mengalaminya akan mengalami masalah janin.

Cukupi Nutrisi

Jadi Bunda tak perlu kuatir bila tidak mengalami keluhan-keluhan selama kehamilan. Baik atau buruknya pertumbuhan janin ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya nutrisi. Cukupi kebutuhan nutrisi harian Bunda. Jangan lupa untuk melakukan rileksasi dan olahraga rutin setidaknya dua kali seminggu.

A Happy Mommy makes a Happy Baby!

Tips: Walapun tanpa keluhan, Bunda harus tetap secara rutin melakukan ANC (Ante Natal Care) atau pemeriksaan kehamilan. Lakukan minimal empat kali selama masa kehamilan.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :