SITE STATUS
Jumlah Member :
506.358 member
user online :
340 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Ibu bidan saya mw mnyakan saya hmil 4 bln.kmren saya nyeri si ulu hati sprti angin duduk ..skit nyerinya smpai 10 menit...sngguh mmenyiksa sekali...bgaimana dgn kandungan saya bu apkh berpengaruh...mhon informasinya ibu bidan


Ibu bidan saya mw mnyakan saya hmil 4 bln.kmren saya nyeri si ulu hati sprti angin duduk ..skit nyerinya smpai 10 menit...sngguh mmenyiksa sekali...bgaimana dgn kandungan saya bu apkh berpengaruh...mhon informasinya ibu bidan
Ibu bidan saya mw mnyakan saya hmil 4 bln.kmren saya nyeri si ulu hati sprti angin duduk ..skit nyerinya smpai 10 menit...sngguh mmenyiksa sekali...bgaimana dgn kandungan saya bu apkh berpengaruh...mhon informasinya ibu bidan
29 Jul 2015, 10:18
Dari : dianerma7@gmail.com

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Pirosis (Heartburn) Selama Kehamilan: Apakah Bunda sedang hamil dan sering mengeluhkan rasa panas di dada? Mungkin Bunda terserang pirosis. Pirosis atau biasa juga dikenal dengan heartburn adalah salah satu keluhan yang terjadi saat kehamilan dengan gejala rasa terbakar, tercekam atau teriris di dada. Sebagian penderita juga merasakan nyeri saat menelan. Gelaja-gejala di atas bisa juga disertai dengan bersendawa, mulut terasa asam dan pahit, dan cepat sekali terasa kenyang.
Pirosis ini munculnya bervariasi, ada yang di awal kehamilan ada juga yang di akhir kehamilan, atau bisa juga di awal dan bertambah parah sesuai bertambahnya usia kehamilan. Umumnya rasa tidak nyaman ini akan muncul setelah makan dan saat melakukan gerakan membungkuk, berbaring dan mengejan.

Penyebab
Penyebab terjadinya pirosis adalah karena meluapkan isi lambung (asam klorida, pepsin dan makanan) dan isi usus dua belas jari ke arah kerongkongan. Prosesnya terjadi saat makanan bergerak secara perlahan dari usus halus dan lambung lalu ditekan oleh rahim. Saat rahim semakin membesar maka tekanan semakin ke atas, inilah yang membuat gejala semakin kuat terasa.

Pencegahan
Sebelum Bunda mengalami pirosis, lakukan upaya pencegahan berikut ini :
- Hindari makan dan minum terlalu banyak sehingga berat badan tetap dalam kondisi normal. Sebaiknya tidak makan 3 jam sebelum tidur.
- Tidurlah dalam posisi miring. Posisi tubuh yang rata merangsang terjadinya pirosis.

Pengobatan :
Mengobati pirosis tidak terlalu sulit, cukup berikan antasid dalam dosis tepat. Beberapa antasid dapat mengurangi gejala dan memberikan rasa lega. Namun, jika Bunda ragu mengenai dosis, efek samping dan hal lain tanyakan pada dokter terlebih dahulu.
Pada penderita yang lebih berat bisa sampai terjadi pendarahan dan sulit menelan.

Tips :
- Hindari mengonsumsi antasid secara berlebih. Konsultasikan pada dokter tentang keluhan dan obat-obatan yang bunda minum.
- Jangan tengkurap atau berbaring setelah makan. Hal ini baik dilakukan pada saat hamil atau pun tidak.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Bunda Rubie" dengan judul pertanyaan "Sakit Pada Ulu Hati Sampai Tidak Bisa Bernafas" pada Tanya Dokter: siang Dr. saya hamil 38 minggu kebetulan semalam sya mengalami sakit pada bagian perut atas dibawah payudara, sakit yang teramat sakit sampai saya sulit untuk bernafas dan bergerak, tetapi tidak mengalami mules diperut hanya saya sangat sulit untuk bernafas. duduk salah tidur pun salah yang saya tanyakan apakah dengan kejadian itu berbahaya bagi saya dan janin apa yang harus saya lakukan bila saya mengalami hal serupa? terima kasih
dr. Tanti menjawab:
Dear bunda RUBIATI (Bunda Rubie, Saat ini anda sedang mengalami banyak perubahan pada tubuh anda, yaitu perubahan anatomi dan hormon. Sakit yang anda rasakan tersebut disebut dengan heartburn, heartburn biasa terjadi pada saat kehamilan. Hal yang dapat memperingan gejala ini adalah: 1. Hindari makan tengah malam atau sebelum tidur, heartburn ini biasanya disebabkan oleh makanan pedas, cokelat, peppermint, saos tomat, kafein, minuman soda dan buahan asam. 2. Pakailah pakaian yang nyaman dan longgar. Karena pakaian yang ketat pada daerah pinggul dapat menekan perut anda dan bagian bawah esophagus sehingga dapat bertambah sesak. 3. Makanlah makanan dengan porsi kecil, karena porsi besar dapat menyebabkan gejala bertambah parah. 4. Jangan berbaring setelah makan, tunggulah kira-kira 3 jam sebelum anda berbaring. Dengan posisi berbaring setelah makan dapat menyebabkan asam lambung naik ke saluran esophagus. 5. Hindari tembakau dan alkohol, hal ini dapat mencegah terjadinya reflux (naiknya asam lambung) dan menghindari bahaya pada janin karena penggunaan tembakau dan alkohol. Apabila setelah melakukan hal diatas anda masih mengalami keluhan tersebut. Harap mengunjungi dokter untuk mendapatkan terapi yang sesuai.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "NeZya Fanesty" dengan judul pertanyaan "Heartburn" pada Tanya Bidan: aq lg hmil mbak 11 mingu..br bbrp hr ni stiap sdh mkn ulu hati pns n gak enk..apkh it heartburn....gmn mbk cr menangulgi ny trmks
Bidan menjawab:
Dear bunda Nezya Fanesty,

Heartburn adalah suatu keadaaan dimana bunda merasakan sensasi panas seperti terbakar atau rasa tidak nyaman yang dirasakan dibalik tulang dada atau tenggorokan, atau keduanya. Untuk mengatasi heartburn disarankan bunda untuk makan dalam porsi sedikit tapi sering, makan selingan diantara waktu makan, tidak langsung berbaring segera setelah makan, tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari kaki. Bila keluhan berlanjut sebaiknya periksakan langsung keluhan bunda pada dokter untuk penanganan lebih lanjut.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis :