SITE STATUS
Jumlah Member :
506.394 member
user online :
308 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Dok saya sudah hampir setahun tidak menstruasi.. Saya blm pernah berobat karna saya takut . Yg ingin saya tanya kan . apakah ini wajar karna hormon tidak stabil atau ada hal lain dok . Terimaksih


Dok saya sudah hampir setahun tidak menstruasi.. Saya blm pernah berobat karna saya takut . Yg ingin saya tanya kan . apakah ini wajar karna hormon tidak stabil atau ada hal lain dok . Terimaksih
Dok saya sudah hampir setahun tidak menstruasi.. Saya blm pernah berobat karna saya takut .
Yg ingin saya tanya kan . apakah ini wajar karna hormon tidak stabil atau ada hal lain dok .
Terimaksih
22 Jun 2015, 11:17
Dari : putri mahdya

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Mengapa Siklus Menstruasi Terganggu: Sebagian besar perempuan pernah mengalami kondisi di mana menstruasi tidak teratur. Siklus tidak teratur ini bisa berarti memendek atau memanjang harinya.
Menstruasi adalah serangkaian perubahan tubuh seorang wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Setiap bulannya uterus tumbuh menjadi lapisan baru (endometrium) yang siap dibuahi. Ketika sel telur tidak dibuahi maka ia akan keluar dan ini yang dinamakan menstruasi. Perempuan mulai mengalami menstruasi antara usia 11 hingga 14 tahun dan berhenti saat menopause sekitar usia 50-an.

Untuk mengetahui apakah siklus menstruasi Bunda teratur atau tidak tentunya kita harus tahu bagaimana siklus menstruasi yang teratur. Rata-rata siklus yang teratur adalah 28 hari. Dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya.

Kenapa tidak teratur?
Menstruasi tidak teratur disebabkan oleh beberapa faktor terutama hormon. Berikut faktor-faktor penyebabnya :
• Hormon
Hormon estrogen dan progesterone memiliki peran besar dalam setiap siklus menstruasi. Jika hormon estrogen kurang, maka siklus menstruasi bisa semakin lama. Demikian pula sebaliknya jika hormon ini berlebih maka siklus menjadi lebih cepat.
• Berat badan
Naiknya berat badan secara drastis mempengaruhi siklus menstruasi. Begitu juga dengan turunnya berat badan yang signifikan. Untuk itu penting tetap berada di garis berat badan ideal.
• Obat-obatan
Beberapa jenis obat-obatan ternyata dapat mempengaruhi hormon. Terutama pil KB yang berpengaruh besar terhadap kadar hormon.
• Stress
Tentunya stress memiliki dampak yang buruk termasuk mengganggu siklus menstruasi Bunda. Memiliki waktu beristirahat yang cukup sangat disarankan untuk tetap dalam siklus menstruasi yang normal.
• Olahraga Berlebihan
Olahraga memang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Tetapi bila berlebihan juga bisa mengakibatkan dampak negatif, salah satunya mengganggu siklus menstruasi.

Bagaimana Mengatasinya?
Untuk mengembalikan siklus menstruasi kembali normal kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Misalnya karena olahraga berlebihan. Tentunya Bunda harus berolahraga yang lebih ringan. Bila stress maka Bunda harus menenangkan pikiran dan meluangkan waktu dari rutinitas sehari-hari yang padat.

Kapan harus ke dokter?
Siklus normal menstruasi memang 28 hari, namun perempuan yang memiliki siklus 21-35 hari masih dapat dikatakan normal. Terlebih lagi remaja bisa mengalami siklus hingga 45 hari. Tetapi siklus tidak dapat dikatakan normal bila melebihi angka tersebut. Periksalah ke dokter bila Bunda merasa ada kelebihan 7 hari dalam siklus menstruasi selama tiga kali berturut-turut.

Tips :
- sisihkan waktu untuk rileks dan memanjakan diri setiap hari. Hal ini dapat menghindari kita dari stress yang bisa mengganggu siklus menstruasi.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Mikhaa Mujahidin" dengan judul pertanyaan "Belum haid kembali setelah 3 tahun." pada Tanya Dokter: dok...sy mu tanya ada temen saya haid pertma umur 15 thun stlh itu sdh tdk haid lg skrg umurnya sdh 18 thum. itu knp y dok trus solusinya bgmn? tks
dr. Tanti menjawab:
Dear Mikhaa,
Mendapatkan haid pertama kali pada anak perempuan atau disebut juga menarche, dapat terjadi antara usia 9-12 tahun, ataupun antara 12-15 tahun. Pada tahun-tahun pertama, siklus menstruasi dapat terjadi secara tidak teratur dan dapat dianggap wajar. Namun bila menstruasi terjadi tidak teratur dan dalam jumlah yang sangat banyak, atau tidak datang sama sekali dalam hitungan lebih dari 3 tahun, maka memerlukan pemeriksaan kembali, apakah ada masalah dengan hormonal ataukan penyebab lain. Dapat diamati apakah ada gangguan perkembangan dari pubertas (ada atau tidaknya perkembangan payudara, atau adanya rambut dan bulu pada alat kelamin atau ketiak, dan sebagainya). Dengan melakukan pemeriksaan pada dokter maka dapat segera dilakukan terapi bila memang ternyata ada permasalahan yang menyebabkan tidak adanya menstruasi pada kawan Anda.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "febli.mali" dengan judul pertanyaan "Menstruasi setahun sekali" pada Tanya Bidan: Dear Ibu Bidan,
Saya wanita single tetapi punya masalah menstruasi,,
Apakah normal wanita seusia saya menstruasi hanya sekali dalam satu tahun?Adakah cara agar menstruasi saya kembali lancar?
Bidan menjawab:
Dear bunda Febli.Mali,

Wanita yang tidak mendapatkan menstruasi selama lebih dari 3 bulan diindikasi adanya gangguan fisiologis pada organ yang mengendalikan menstruasi. Menstruasi sendiri dikendalikan melalui hipotalamus ke hipofisis ke ovarium dan memerlukan interaksi serta fungsional endometrium ( lapisan rahim ) lalu terakhir menuju mulut rahim dan vagina. Siklus haid bisa kembali normal kembali apabila tubuh tidak mengalami gangguan serius. Sebaiknya lakukan pemeriksaan langsung dengan dokter spesialist kebidanan, USG diperlukan untuk mengetahui penyebabnya, sehingga dapat diberikan terapi serta tindakan yang tepat.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis :