SITE STATUS
Jumlah Member :
506.337 member
user online :
364 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Darah Mens atau darah Implantasi


Darah Mens atau darah Implantasi
Selamat Pagi.
sy mau tanya, HPHT sy tgl 15 Mei dan siklus mens sy 34 hr. berdasarkan kalkulator masa subur, masa paling subur sy yaitu tgl 3-4 Juni, dan saat itu sy melakukan HB dengan suami sy.. dan pada tgl 17 Juni, sy mengeluarkan darah. mmg berdasarkan siklus mens sy, sharusx di tgl 17 Juni itu mmg jadwal mens sy. hanya sj, yg membuat sy bingung, mens kali ini tdk spt biasax, krn biasax klu sy mens itu 6-7 hari rutin mengeluarkan darah. hanya saja kali ini hanya 2 hari sj, dan setelah itu darah sdh tdk kluar lg. kira2 itu knp ya??
20 Jun 2015, 9:48
Dari : puspacantika

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul Mengapa Siklus Menstruasi Terganggu :
Kenapa tidak teratur?
Menstruasi tidak teratur disebabkan oleh beberapa faktor terutama hormon. Berikut faktor-faktor penyebabnya :
• Hormon
Hormon estrogen dan progesterone memiliki peran besar dalam setiap siklus menstruasi. Jika hormon estrogen kurang, maka siklus menstruasi bisa semakin lama. Demikian pula sebaliknya jika hormon ini berlebih maka siklus menjadi lebih cepat.
• Berat badan
Naiknya berat badan secara drastis mempengaruhi siklus menstruasi. Begitu juga dengan turunnya berat badan yang signifikan. Untuk itu penting tetap berada di garis berat badan ideal.
• Obat-obatan
Beberapa jenis obat-obatan ternyata dapat mempengaruhi hormon. Terutama pil KB yang berpengaruh besar terhadap kadar hormon.
• Stress
Tentunya stress memiliki dampak yang buruk termasuk mengganggu siklus menstruasi Bunda. Memiliki waktu beristirahat yang cukup sangat disarankan untuk tetap dalam siklus menstruasi yang normal.
• Olahraga Berlebihan
Olahraga memang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Tetapi bila berlebihan juga bisa mengakibatkan dampak negatif, salah satunya mengganggu siklus menstruasi.

Bagaimana Mengatasinya?
Untuk mengembalikan siklus menstruasi kembali normal kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Misalnya karena olahraga berlebihan. Tentunya Bunda harus berolahraga yang lebih ringan. Bila stress maka Bunda harus menenangkan pikiran dan meluangkan waktu dari rutinitas sehari-hari yang padat.

Kapan harus ke dokter?
Siklus normal menstruasi memang 28 hari, namun perempuan yang memiliki siklus 21-35 hari masih dapat dikatakan normal. Terlebih lagi remaja bisa mengalami siklus hingga 45 hari. Tetapi siklus tidak dapat dikatakan normal bila melebihi angka tersebut. Periksalah ke dokter bila Bunda merasa ada kelebihan 7 hari dalam siklus menstruasi selama tiga kali berturut-turut.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Lovely Ida" dengan judul pertanyaan "Haid cuma 1 hari" pada Tanya Dokter:dear infobunda.. salam kenal sebelum nya.. saya mau tanya.. kebetulan sy sedang promil setelah pasca kb suntik kurang lebih 4 th.. nah krn haid sy tidak teratur dokter meresepkan sy cycloproginova untk 3 bulan untuk melancarkan haid sebelum lanjut promil. yg sy mau tanyakan haid sy setelah minum cycloprgnv 1 bulan kok haid nya cuma 1 hari dan sedikit hari ke dua cuma flek aja.. mohon pencerahan nya terimakasih
dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda,

Untuk menormalkan kembali siklus menstruasi, dokter akan memeriksa terlebih dahulu apakah ada masalah lain pada organ reproduksi. Bila setelah pemeriksaan tidak ditemukan adanya kelainan, maka akan dilakukan terapi hormonal yang dapat diberikan untuk beberapa siklus (2-3 siklus) yaitu mendapatkan perdarahan buatan dengan tujuan akan terjadi siklus menstruasi secara alami setelah terapi itu selesai. Bila pada siklus pertama sudah terjadi perdarahan buatan, meskipun belum seperti normalnya, maka dapat dilanjutkan dengan siklus berikutnya. Namun hal ini tergantung dari metode terapi yang dokter Anda lakukan. Sebaiknya Bunda berkonsultasi kepada dokter Anda mengenai rencana terapi yang Bunda jalankan saat ini.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :