SITE STATUS
Jumlah Member :
506.501 member
user online :
1019 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Tidak datang bulan paska melahirkan


Tidak datang bulan paska melahirkan
Dok saya uda 4bln tidak dtg bulan paka melahirkan dan anak saya sekarang usia 4bln dan KB yg saya jalani yaitu Kb kondom dan setiap kali saya habis bercinta dg pasangan saya slalu saya testpack dan hasilnya ngatif..apa penyebab saya tdk datang bulan dok,bahayakah,dan bagaimana mengatasinya??
12 Jun 2015, 14:10
Dari : Liya anggraini

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Siklus Menstruasi Pasca Melahirkan: Pasca melahirkan siklus menstruasi Bunda tidak teratur? Terkadang sebulan bisa menstruasi dua kali dan dalam tempo yang lama, terkadang tidak menstruasi sama sekali. Atau bahkan ada yang belum menstruasi hingga si kecil berusia 1,5 tahun. Hal ini tidak jarang membuat Bunda kuatir dan merasa ada sesuatu yang tidak normal. Jangan kuatir,Bun. Yuk, simak artikel berikut.

Penyebab tidak teratur
Sebelum kita mencari tahu solusinya kita perlu tahu apa yang menyebabkan menstruasi tidak teratur pasca melahirkan. Menstruasi tidak teratur pasca melahirkan disebabkan beberapa faktor:
1. Perdarahan pasca melahirkan
Sebenarnya perdarahan ini bukanlah darah menstruasi. Darah yang keluar ini adalah darah yang tersisa dari perdarahan yang terjadi di dalam rahim. Darah ini akan berkurang dan hilang perlahan setelah 4-5 minggu.
2. Fisik dan mental
Setelah melahirkan fisik dan mental Bunda mungkin terlalu lelah. Ditambah lagi kesibukan mengurus si kecil yang membuat Bunda sulit beristirahat. Bunda bisa stress. Hal ini mempengaruhi siklus menstruasi Bunda. Peran Ayah sangat diperlukan dalam kondisi ini supaya fisik dan mental Bunda perlahan kembali pulih.
3. Menyusui
Pada saat menyusui tubuh memproduksi hormon proklatin. Hormon prolaktin berfungsi untuk meningkatkan kelenjar hipofisis supaya Air Susu Ibu (ASI) berproduksi lebih banyak. Proses ini menekan ovulasi sehingga membuat siklus menstruasi tidak teratur.

Solusi
Siklus mentruasi yang tidak teratur saat ini hanya bersifat sementara dan itu semua normal. Jadi, Bunda tidak perlu mengonsumsi obat-obatan yang tidak perlu. Diet seimbang dengan nutrisi lengkap setiap hari, olahraga ringan, banyak minum air putih, jus buah dan sayur, istirahat dan tidur yang cukup dapat menghindarkan Bunda dari stress yang bisa mempengaruhi siklus menstruasi Bunda.

Nah, Bunda tidak perlu kuatir lagi. Karena terganggunya siklus menstruasi ini dialami hampir semua wanita pasca melahirkan. Bila Bunda ragu, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan Bunda.

Tips:
Konsumsi suplemen asam folat sebagai penunjang nutrisi tambahan Bunda pasca melahirkan dan selama menyusui.


Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "tymtam" dengan judul pertanyaan "siklus haid pasca melahirkan" pada Tanya Dokter: mau tanya dok apakah siklus haid setelah melahirkan pada wanita yang tidak menyusui biasanya telat atau tidak..saya sudah melahirkan dari 4bln lalu tp smpe skrg blm juga dapat menstruasi..apakah ini normal atau tidak..makasih dok
dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda,

Setelah masa nifas, siklus menstruasi akan kembali normal meskipun dalam masa yang berbeda-beda pada masing-masing individu. Bila menyusui ASI secara eksklusif, maka siklus menstruasi dapat terganggu karena pengaruh hormonal. Bila Bunda mengalami gangguan siklus menstruasi setelah melahirkan dan tidak menyusui ASI, dapat memeriksakan diri pada dokter kandungan.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Senny Melissa" dengan judul pertanyaan "Belum haid setelah melahirkan" pada Tanya Bidan: selamat mlm ibu bidan,
saya seorang ibu berusia 29 thn.saat ini anak sy berusi 9bln.saya mau menanyakan berapa lama wanita mendapatkan mensturasi kembali setelah melahirkan?krn sy sudah 9bln setelah melahirkan blm dpt mensturasi kembali.terimakasih
Bidan menjawab:
Dear bunda Senny Melissa,
Kembalinya menstruasi pasca melahirkan waktunya relatif, cepat atau lambatnya untuk haid dipengaruhi oleh hormon prolaktin dan progesteron. Hormon prolaktin berfungsi untuk merangsang produksi ASI, jika bunda menyusui secara efektif maka produksi hormon prolaktin pun akan meningkat, tingginya hormon prolaktin akan menekan hormon progesteron dan estrogen yang terlibat dalam terjadinya haid, sehingga kembalinya haid menjadi lebih lama, bisa sampai 1 hingga 2 tahun, ini disebut juga kontrasepsi alami. Bila ternyata bunda tidak memberikan ASI secara efektif dan selama 9 bulan ini belum juga mendapatkan haid, disarankan bunda untuk memeriksakan diri langsung dengan dokter spesialist, USG mungkin akan dilakukan untuk mencari penyebab terjadinya keterlambatan haid.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Forum