SITE STATUS
Jumlah Member :
506.489 member
user online :
757 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Nutrisi Bayi


Nutrisi Bayi
Dear info bunda
Salam hangat, saya baru melahirkan bayi, saat ini bayi saya berusia 3 bulan.
Saya pernah membaca article tentang nutrisi untuk bayi, apakah bayi di usia 3 bulan sudah bisa mengkonsumdi juice alpukat atau juice yg lain, sebagai tambahan nutrisi sedangkan menurut medis asi exlusive di berikan selama 6 bulan.
mohon pencerahannya yah...

Thanks
18 May 2015, 17:19
Dari : Khubibah Harnisa

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Alasan ASI Ekslusif Diberikan Selama 6 Bulan:
Pemerintah pun turut menjamin perlindungan bagi ibu yang ingin memberikan ASI ekslusif, melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 33/2012 yang disahkan pada tanggal 1 Maret 2012. Bunyi PP tersebut adalah “Setiap ibu yang melahirkan harus memberikan ASI ekslusif kepada bayi yang dilahirkannya”.

Mengapa harus minimal 6 bulan?

- Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan ibu menyusui bayinya minimal 6 bulan penuh untuk menghindari alergi dan demi kesehatan bayi.
- Pada usia 0-6 bulan bayi belum memiliki enzim pencernaan yang baikuntuk mencerna makanan atau minuman selain ASI. Setelah usia 6 bulan lebih bayi dapat diperkenalkan pada Makanan Pendamping ASI (MPASI) dan pemberian ASI dapat dilanjutkan hingga bayi berusia 2 tahun.
- Dengan pemberian ASI selama 6 bulan dapat menjadi konstrasepsi alami karena dapat menunda kesuburan pada Bunda.
Selamat menyusui untuk Bunda Indonesia

Kutipan dari artikel dengan judul Solusi ASI Eksklusif Bagi Bunda Yang Bekerja: Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik bagi putra-putrinya, begitu juga dalam hal pemberian ASI. Bagi bunda yang bekerja mendapatkan cuti untuk melahirkan hanya sampai 3 bulan saja, sedangkan program ASI eksklusif (ASIX) sebaiknya dilakukan selama 6 bulan. Ketika masa cuti bunda selesai maka program ASI eksklusif pun berhenti, dikarenakan tidak bisa mengajak anaknya turut serta ke tempat kerjanya, sehingga menggantinya dengan susu formula (sufor) atau dengan salah satu cara untuk tetap memenuhi kewajiban ASI eksklusif adalah dengan memerah ASI dan menyimpannya di lemari es sebelum berangkat kerja.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "tari 1402" dengan judul pertanyaan "Dampak bayi dibawah 6 bulan bila diberi makan" pada Tanya Dokter: Apa dampak dari memberi makan bayi yang masih berumur 4.5 bulan? sedangkan bila tidak diberi makan dia rewel.
dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda Tarida Lestri Indriani (tari 1402), Saat ini IDAI menganjurkan ASI eksklusif sampai pada umur bayi 6 bulan. Sebaiknya tidak memberikan makanan lunak atau padat pada usia 4,5 bulan, karena alat pencernaan bayi anda belum dapat mencerna dengan baik. Bayi anda rewel kemungkinan ia masih lapar, tetap berikan ASI, atau konsultasikan kepada dokter anda karena rewelnya bayi anda dapat saja disebabkan oleh keadaan lain.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter