SITE STATUS
Jumlah Member :
506.503 member
user online :
1037 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - perut sering merasa kram/mules


perut sering merasa kram/mules
Selamat pagi dok, usia kehamilan saya 27w tetapi saya sering merasa kram/ mules. Saya pernah cek k dokter beliau bilang hny kelelahan dan diberi resep obat. Tetapi skrng sering terjadi lagi. Itu penyebabnya knp yaa dok, padahal saya sdh mengurangi aktivitas saya. Trims.
18 May 2015, 15:52
Dari : She Zukaesheh

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Keluhan-Keluhan Ringan Saat Hamil Dan Solusinya: Kram dan sakit pada kaki
Menjelang akhir kehamilan tangan dan kaki sering mengalami kekakuan. Bagian tubuh tersebut agak membengkak sedikit karena menyimpan cairan. Akibatnya syaraf jadi tertekan. Tekanan ini terasa sakit seperti ditusuk-tusuk jarum. Sehingga tangan dan kaki tidak merasakan apa-apa dan ototnya jadi lemah. Gejala ini terasa waktu bangun tidur di pagi hari dan membaik di siang hari. Penyebabnya diperkirakan karena hormon kehamilan, kekurangan kalsium, kelelahan, tekanan rahim pada otot, kurang bergerak sehingga sirkulasi darah tidak lancar.
Solusinya :
Saat kram terjadi, yang harus dilakukan adalah melemaskan seluruh tubuh terutama bagian tubuh yang kram. Dengan menggerak-gerakkan pergelangan tangan dan mengurut bagian kaki yang terasa kaku bisa membantu menghilangkan kekakuan. Selain itu, pada saat bangun tidur jari kaki ditegakkan sejajar dgn tumit utk mencegah kram mendadak. Agar kram tidak sampai mengganggu, atasi dengan mengkonsumsi banyak kalsium, minum air putih yang banyak, melakukan senam ringan, dan cukup istirahat.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "momy lingga" dengan judul pertanyaan "Kontraksi palsu" pada Tanya Dokter:hii dok,usia kandungan saya 33 minggu, kemarin saya abis banyak beraktifitas dan banyak jalan sehingga di malam harinya perut kram dan kencang sekali sampai sakit banget di tambah rasa ingin BAB(tapi tidak keluar) dan aktifitas bayi dalam kandungan juga sangat aktif..apakah itu berbahaya bagi kandungan saya dok?
dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda, Pada kehamilan kerap terjadi kontraksi palsu (kontraksi Braxton Hicks) yang terjadi sesekali dan akan hilang dengan adanya perubahan posisi. Kontraksi ini tidak terjadi secara teratur seperti halnya kontraksi sesungguhnya pada saat melahirkan. Apabila anda merasakan adanya kontraksi, maka beristirahatlah dalam posisi yang nyaman, bila kontraksi datang dalam waktu yang teratur secara ritmik, maka segeralah memeriksakan diri pada dokter Anda. Demikian jawaban saya.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Bunda_Ayu24" dengan judul pertanyaan "Keram Perut Saat Hamil" pada Tanya Bidan: Dear Bu Bidan...
saya memang punya riwayat kram perut kalau mau mentruasi, sekarang kehamilan saya sudah 5 minggu. tapi kram perut masih sering terasa padahal saya sedang hamil.
Bidan menjawab:
Dear bunda Ayu,

Kram perut memang kadang menyertai kehamilan, pada kehamilan awal kram dapat terjadi akibat meregangnya otot yang menopang rahim, kram yang memburuk dan bertambah parah pada awal hingga pertengahan kehamilan dapat pula menjadi pertanda jika terjadi keguguran. Terlebih jika kram diikuti dengan perdarahan.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel