SITE STATUS
Jumlah Member :
506.538 member
user online :
1012 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - solusi yg terbaik untuk janin krn tdk sengaja minum vegeta


solusi yg terbaik untuk janin krn tdk sengaja minum vegeta
mlm Dok.. dok saya liana dan sedang hamil 6minggu,dan saya bermasalah dgn susah bab..lalu teman menyarankan tuk minum vegeta herbal.. dan tanpa membaca petunjuk saya minum vegeta tsb.. setelah diminum saya baru perhatikan klo ibu hamil dilarang minum vegeta ,dan saya sangat khawatir dgn janin saya dok.. dan bagaimana cara mengatasinya dok,krn setelah bab lancar anus saya jd spt wasir luar sedangkan saya tdk ada penyakit wasir dok
mohon jawabnnya ya dok.terima kasih.
18 May 2015, 14:39
Dari : Leeana Qiu

Jawaban
Hai Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.
Kutipan dari artikel dengan judul Berbahayakah Ambeien Saat Hamil?:
Dr. Andon Hestiantoro, SpOG (K) dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menegaskan kalau Bunda tidak perlu merasa cemas, karena pada dasarnya ambeien tidak berbahaya bagi janin. Ada beberapa jenis ambeien, ada yang keluar hanya pada saat BAB dan setelah itu dapat masuk kembali ke dalam dubur (dengan bantuan tangan atau pun tidak) ada pula yang sulit masuk kembali. Ambeien bisa dikategorikan berbahaya kalau ia keluar dan terjepit. “Karena kalau terjepit bisa menimbulkan perdarahan.” paparnya. Pada wanita hamil, pembuluh darah akan membesar, maka dari itu rentan sekali terjadi perdarahan.

Dr. Andon berpesan supaya Bunda jangan terlalu kuat mengejan saat BAB. Biasanya kita mengejan kuat disebabkan feses yang keras. Nah, penting bagi Bunda untuk memperhatikan pola makan supaya BAB tidak keras. Hindari makanan pedas dan berminyak, perbanyak makan buah berserat tinggi dan banyak minum air putih. Hati-hati terhadap makanan yang mengandung zat besi yang tidak diolah khusus. Salah-salah malah merangsang ambeien kambuh lagi.

Salah besar kalau ada yang mengatakan ibu hamil penderita ambeien tidak bisa melahirkan secara normal, jalan keluar si kecil dan ambeien saja sudah berbeda. Tapi menurut dr. Andon, dokter kandungan Bunda harus sabar menangani pasien penderita ambeien karena saat proses melahirkan mungkin saja ambeien juga ikut keluar. Ada baiknya Bunda mulai melakukan senam hamil supaya bisa mengatur napas saat persalinan nanti. Jadi... Tidak lagi merasa khawatir kan, Bun.


Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "nurwahyuni" dengan judul pertanyaan "Wasir Saat Hamil" pada Tanya Dokter: sore dok.. saat ini saya sedang hamil tapi saya sedang bermasalah dengan pencernaan,saya mempunyai penyakit wasir dan saat ini anus saya membengkak dan keluar,..obat apa yg bagus untuk mengobati nya tapi aman juga buat kandungan saya,dan apakah ada pengaruh dengan proses kelahiran saya nanti?

dr. Tanti menjawab
Timbulnya wasir ketika hamil kerap terjadi. Keadaan ini tidak akan mempengaruhi persalinan, namun kemungkinan akan mempengaruhi keadaan wasir itu sendiri. Akibat mengejan saat melahirkan kemungkinan akan memperburuk keadaan wasir tersebut, namun pada umumnya tidak mempengaruhi proses persalinan. Perbanyaklah konsumsi sayur dan makanan berserat lainnya, cegah timbulnya dehydrasi dengan memperhatikan asupan cairan anda juga biasakan membuang air besar tepat waktu agar kotoran tidak bertambah keras untuk di keluarkan. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis OBSGYN yang akan membantu persalinan Anda berkaitan dengan keadaan wasir tersebut. Demikian jawaban saya.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "iva_na" dengan judul pertanyaan "obat ambeien/wasir yang aman untuk bumil" pada Tanya Dokter:salam dok,saya mau tanya obat ambeien yg aman untuk bumil ap ya dok,masalahnya di usia kandungan saya yg 21 minggu ini,saya sering mengeluh sakit seusai BAB,mau mkn obat ambeien saya takut salah dok,tolong infonya ya dok,terimakaih sebelumnya.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda Dina,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Hemorrhoids atau wasir adalah saat ada pembuluh darah didaerah rektal yang membengkak. Biasanya seukuran kacang hingga anggur dan dapat berada di dalam atau keluar melalui anus. Wasir terasa gatal, tidak nyaman, bahkan bisa menyakitkan.

Saat kehamilan, anda lebih mudah menderita wasir. Bayi yang bertumbuh didalam perut menekan ke pembuluh darah sekitar pinggul sehingga menghambat peredaran darah sekitar kaki dan menyebabkan pembuluh darah membengkak. Konstipasi juga dapat memicu wasir maka hindari konstipasi dengan banyak konsumsi makanan dengan serat tinggi dan banyak minum air.

Jangan duduk atau berdiri terlalu lama. Jika pekerjaan bunda menyebabkan bunda harus banyak duduk, berdiri dan berjalan-jalanlah untuk beberapa menit setiap satu jam.

Cara mengatasi :
- Berendam dalam air hangat selama 10 hingga 15 menit.

- Bersihkan secara lembut bagian yang terinfeksi dan keringkan dengan handuk bersih yang lembut.
Saya tidak menyarankan obat oral untuk mengatasi wasir. Sebaiknya rubah pola hidup dengan mengkonsumsi banyak makanan berserat dan minum air putih, setidaknya 8 gelas sehari.
Demikian jawaban dari saya, semoga membantu.
Terima Kasih

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "lelylunalie" dengan judul pertanyaan "Wasir bisakah lahir normal" pada Tanya Bidan: Selamat pagi, Ibu Yustianti. Sekarang saya sudah hamil sekitar 17 minggu dan saya baru menyadari kalau saya mengidap wasir. Wasir sudah dalam posisi keluar. Tapi alhamdulillah, selama kehamilan tidak mengalami sembelit. Saya dengar kalau ibu hamil penderita wasir beresiko tinggi melahirkan secara normal. Apakah benar begitu, Ibu bidan? Terima kasih.

Bidan menjawab
Dear bunda,
Wasir yang biasa disebut ambeien atau istilah medisnya hemoroid sebetulnya merupakan pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah vena beserta jaringan disekitarnya. Pada saat hamil sirkulasi darah dalam tubuh ibu meningkat sehingga vena - vena ibu membesar, begitu pula vena disekitar anus, keadaan ini diperburuk ketika buah kehamilan semakin membesar dan menekan vena tersebut.
Wasir pada ibu hamil dapat disebabkan karena :
1. sembelit / konstipasi, keadaan ini memaksa bunda BAB sambil mengedan, tindakan mengedan yang terus menerus mengakibatkan pembuluh vena dianus mengalami tekanan dan akhirnya melebar menjadi wasir.
2. Tekanan rahim yang membesar dan tekanan kepala janin pada vena disekitar bokong.
3. Ibu yang kurang aktifitas.
Tidak ada halangan bagi bunda untuk melakukan persalinan secara normal walaupun mempunyai keluhan wasir, selama keluhan berat seperti keluar darah tiap kali BAB tidak menyertai atau ada indikasi lain. Disarankan bunda untuk banyak mengkonsumsi makanan berserat tinggi serta tercukupi kebutuhan cairan, serta melakukan pemeriksaan langsung dengan dokter spesialist bedah untuk menilai seberapa buruk wasir saat ini. Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :