SITE STATUS
Jumlah Member :
506.396 member
user online :
466 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Hypertensi selama kehamilan


Hypertensi selama kehamilan
Dok,saya skrg lg hamil 14w.dari mulai mggu ke-4 ngidam rasanya sakit yg gak bisa diungkapkan stlh periksa dokter tensi saya 160/100 smpai 3x periksa tensinya gak turun akhirnya di rujuk ke dr.spec.jantung yg menghrskan saya minum obat yg tdk mengganggu perkembangan janin.skrg tensi sy sdh normal kembali.apakah stlh berhenti minum obat akan naik lg ato gmn dan apakah obatnya pengaruh g ke janin meskipun sama dr. gak pengaruh?sangat berbeda dgn kehamilan pertama yg keknya gak ngidam smpe mnggnggu.Oyah dok,lahiran anak pertama saya cesar skrg udh 4 thn,apakah sy bisa lahiran normal dg keadaan hypertensi dan sdh prnh cesar?trima kasih dok jwbnnya..
18 May 2015, 14:38
Dari : felcy

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Waspadai Hipertensi dari Sekarang!:
Saat kita memeriksakan darah, dokter akan menyebutkan dua angka. Yakni angka sistolik (angka pertama), adalah tekanan ke atas pembuluh arteri akibat denyutan jantung. Sedangkan angka diastolik (angka kedua) menunjukkan tekanan pada saat jantung beristirahat.
Penyebab
Hipertensi disebabkan oleh beberapa faktor. Ada faktor yang tidak bisa dihindari dan ada yang bisa dihindari.
- Keturunan
Faktor ini merupakan faktor yang tidak bisa dihindari. Seseorang yang memiliki garis keturunan hipertensi kemungkinannya menjadi lebih besar.
- Usia
Usia juga merupakan faktor yang tidak bisa dihindari. Semakin bertambah usia resiko hipertensi semakin tinggi.
- Pola makan dan obesitas
Kita dapat mengatur pola makan. Mengurangi garam dan menjauhi makanan berkolesterol tinggi adalah langkah yang tepat. Porsi makan pun perlu dijaga supaya tidak terjadi obesitas (kelebihan berat badan).
- Rokok, Kafein dan Alkohol
Kebiasaan merokok menimbulkan penyakit jantung dan penyakit yang berhubungan dengan darah. Sedangkan kafein dalam kopi dan teh juga meningkat resiko hipertensi. Alkohol diperbolehkan asalkan maksimal 30ml/hari (pria) dan 15ml/hari (wanita).
- stress dan kurang olahraga
kondisi emosi yang tidak stabil dapat menyebabkan stress, dan stress ini menyebabkan seseorang hipertensi. Selain itu kurang olahraga dan bergerak juga menjadi salah satu pemicunya.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "yuyun ayodya" dengan judul pertanyaan "Tekanan darah tinggi saat hamil" pada Tanya Dokter:dokter..kehamilan saya sudah berjalan 38 minggu..waktu usia kehamilan 36 minggu tensi darah saya 110/70..dari awal kehamilan tensi darah saya paling tinggi 130/80..pas saya periksa pada saat umur kehamilan 38 minggu tensi darah meningkat drastis menjadi 150/90..kaki dan wajah saya terasa bengkak..tetapi saya tidak mengalami pusing,mual,dan gangguan penglihatan..berat badan saya sebelum hamil 57kg sampai sekarang menjadi 70kg..saya takut akan preeklamsia..bagaimana menurut dokter..??? apakah ada solusi buat menurunkan tekanan darah..karena saya takut terkena preeklamsia dan tidak dapat melahirkan normal..

dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda, Apabila pada kehamilan bunda terjadi gejala seperti meningkatnya tekanan darah di atas 140/90 mmHg disertai pembengkakan pada wajah dan kaki, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kandungan anda untuk dilakukan pemeriksaan dan tes protein urine anda untuk mengetahui keadaan anda saat ini. Dokter akan memberikan terapi atau pengobatan sesuai dengan hasil pemeriksaan tersebut. Demikian jawaban saya.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Forum
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter