SITE STATUS
Jumlah Member :
506.487 member
user online :
454 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Jarang Menstruasi


Jarang Menstruasi
Selamat pagi dok, saya ranti.. dok saya mau tanya saya jarang haid dok, bisa 3 bulan tidak menstruasi . selain itu saya juga Anemia dok.. apakah Anemia berpengaruh terhadap menstruasi dok? dan apakah jarang haid berpengaruh untuk bisa hamil dok?
18 May 2015, 11:30
Dari : Ranti Herlin

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Kenali, Cegah dan Atasi Anemia :
Penyebab dan Efek
Penyebab anemia biasanya karena kehilangan darah dalam jumlah yang banyak. Biasanya terjadi karena :
- Perdarahan yang hebat. Bisa jadi karena menstruasi yang berlebihan, radang lambung, wasir, kanker usus besar, dll. Juga penggunaan obat anti-inflamasi nonsteroid, seperti aspirin atau Motrin.
- Melahirkan. Pasca melahirkan Bunda bisa terkena anemia karena proses persalinan yang mengeluarkan banyak darah.
- Pecahnya pembuluh darah karena kurangnya mineral dan dan vitamin.
- Genetik. Kelainan ini membuat produksi hemoglobin terganggu dan lebih dikenal dengan sebutan thalasemia.
Selain kehilangan banyak darah, asupan gizi juga bisa menjadi penyebab anemia, yakni kurangnya zat besi, vitamin B12, asam folat dan vitamin C.
Efek anemia selain pusing juga menyebabkan penderitanya cepat merasa lelah, kurang tenaga, kepala seperti terasa melayang. Dalam kondisi yang paling buruk anemia dapat menyebabkan penyakit jantung bahkan stroke. Beberapa jenis anemia dapat menimbulkan masalah kesehatan seumur hidup.

Kutipan dari artikel dengan judul Mengapa Siklus Menstruasi Terganggu :
Kenapa tidak teratur?
Menstruasi tidak teratur disebabkan oleh beberapa faktor terutama hormon. Berikut faktor-faktor penyebabnya :
• Hormon
Hormon estrogen dan progesterone memiliki peran besar dalam setiap siklus menstruasi. Jika hormon estrogen kurang, maka siklus menstruasi bisa semakin lama. Demikian pula sebaliknya jika hormon ini berlebih maka siklus menjadi lebih cepat.
• Berat badan
Naiknya berat badan secara drastis mempengaruhi siklus menstruasi. Begitu juga dengan turunnya berat badan yang signifikan. Untuk itu penting tetap berada di garis berat badan ideal.
• Obat-obatan
Beberapa jenis obat-obatan ternyata dapat mempengaruhi hormon. Terutama pil KB yang berpengaruh besar terhadap kadar hormon.
• Stress
Tentunya stress memiliki dampak yang buruk termasuk mengganggu siklus menstruasi Bunda. Memiliki waktu beristirahat yang cukup sangat disarankan untuk tetap dalam siklus menstruasi yang normal.
• Olahraga Berlebihan
Olahraga memang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Tetapi bila berlebihan juga bisa mengakibatkan dampak negatif, salah satunya mengganggu siklus menstruasi.

Berikut ini jawaban bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "febli.mali" dengan judul pertanyaan "Menstruasi setahun sekali" pada Tanya Bidan: Dear Ibu Bidan,
Saya wanita single tetapi punya masalah menstruasi,,
Apakah normal wanita seusia saya menstruasi hanya sekali dalam satu tahun?
Adakah cara agar menstruasi saya kembali lancar?

Bidan menjawab
Dear bunda Febli.Mali,
Wanita yang tidak mendapatkan menstruasi selama lebih dari 3 bulan diindikasi adanya gangguan fisiologis pada organ yang mengendalikan menstruasi. Menstruasi sendiri dikendalikan melalui hipotalamus ke hipofisis ke ovarium dan memerlukan interaksi serta fungsional endometrium ( lapisan rahim ) lalu terakhir menuju mulut rahim dan vagina. Siklus haid bisa kembali normal kembali apabila tubuh tidak mengalami gangguan serius. Sebaiknya lakukan pemeriksaan langsung dengan dokter spesialist kebidanan, USG diperlukan untuk mengetahui penyebabnya, sehingga dapat diberikan terapi serta tindakan yang tepat.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Forum