SITE STATUS
Jumlah Member :
506.333 member
user online :
389 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Pertanyaan penting tolong dijawab ya bapak/ibu Dokter


Pertanyaan penting tolong dijawab ya bapak/ibu Dokter
sya sdh 3 hari ssh buang air besar,, dan kl buang sakit sekali,, stelah membuang , dan mencuci anus,, terasa sakit,, dah sya ambil tisu sya elap lah, ternyata ad darah dikit,

sya bawa perikasa ke dokter umum, diksh obat superhoid dan antibiotik serta peringan nyeri, sya gunakan superhoid dan kira2 3 menit berikutnya, ko perut saya jd mules, sya coba BAB,, tp sya kaget ko obat yg td terkeluar lgi,,, tolong donk infonya gmn ? krna baru pertama kena sakit gni dan gunain itu obat yg saya rasa aneh.
18 May 2015, 10:47
Dari : ucuf kahang njau

Jawaban
Hi Ayah,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel dengan judul Penyebab Bayi Susah Buang Air Besar(BAB):
Untuk orang dewasa memang BAB yang normal adalah setiap hari tetapi untuk bayi tidak. Pola BAB setiap bayi berbeda-beda. Ada yang frekuensi BAB-nya 5-6 kali dalam sehari tetapi ada juga yang setiap dua hari sekali. Jadi, kalau si kecil belum BAB dalam 2-3 hari kemungkinan besar dia hanya kekurangan serat. Tapi kalau sudah melebihi 3 hari Bunda harus segera membawanya ke dokter.
Tips :
- Selalu masukkan serat dalam menu sehari-hari

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "ely bta" dengan judul pertanyaan "Wasir" pada Tanya Dokter: dok,saya punya penyakit ambeien.kira-kira obat apa ya dok yg bagus yang bisa dengan cepat menyembuhkan.baik herbal maupun medis(tanpa operasi).

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Ambeien atau wasir atau haemorrhoid disebabkan oleh pembesaran vena pada daerah anus. Hal ini dapat disebabkan oleh tingginya tekanan saat mengejan. Selain diobati, yang terpenting dari wasir adalah tindakan pencegahan. Senantiasalah mengkonsumsi sayuran yang tinggi serat (sayur berdaun hijau dan lainnya), sebaiknya tidak menunda jadwal untuk buang air besar (semakin ditunda, kadar air dalam kotoran manusia akan terserap oleh usus sehingga kotoran akan semakin keras dan sulit dikeluarkan), perbanyak asupan air agar tidak terjadi dehidrasi dan mendorong kotoran keluar lebih mudah. Untuk pengobatan, sebaiknya bunda memeriksakan diri pada dokter agar mendapatkan pengobatan yang tepat. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu anda

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Nurul Ishlah Mawaddah" dengan judul pertanyaan "Wasir, apakah mengancam jiwa? apa yang harus dilakukan?" pada Tanya Dokter: 23 hari yang lalu, aku habis melahirkan dok... dan memang aku akui waktu persalinan aku ngejan terlalu kuat, maklum ngelahirin anak pertama jd aku tak tahan dengan rasa sakitx jadi gak denger dengan perintah ibu bidan. sejak sudah melahirkan aku jadi susah untuk BAB dok, "Pup"nya susah keluar jadi sempat 1 kali aku ngejan terlalu kuat, saat mau BAB hingga akhirnya "Pup" nya keluar bercampur darah serta rasa sakit yang luar biasa pada daerah anus.. hingga sekarang aku merasa gak nyaman ketika mau BAB,tersiksa bgt dan akhirnya aku baca artikel ttg wasir, tanda2 wasir yang aku baca diartikel itu seluruhnya ada terjadi pada diriku, dok :( . Aku pun udh periksa diri, dan memang ada 1 benjolan kecil pada anusku dok. dan kadang ada rasa gatal pada dubur, sejak itu aku merasa hidupku tidak tenang... selalu dihantui dengan rsa sakit seumur hidup yg harus kuhadapi ketika ingin BAB, sampai2 aku nangis sendirian ketika mengingat hal itu... pertanyaan saya apakah itu betul yah dok, itu wasir eksternal?? trus apa yang saya harus lakukan dok agar BAB saya lancar lagi serta menghilangkan Wasir ini secepatnya sebelom parah (jika benar saya terindikasi wasir), dan pertanyaan terakhir... apakah wasir bisa menyebabkan kematian y dok? atas jawabannya aku ucapkan banyak terima kasih...

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Apabila Bunda mengejan dengan kuat seperti sedang dalam proses melahirkan atau terjadi konstipasi sehingga mengejan kuat. Mengejan kuat menyebabkan tekanan di dalam rongga perut meningkat dan menyebabkan vena pada saluran pencernaan di sekitar anus membengkak dan menonjol. Letak dari wasir ini terbagi menjadi internal dan eksternal, untuk mengetahui jenis ini maka memerlukan pemeriksaan fisik oleh dokter. Penanganannya dapat dengan obat-obatan pada kasus yang ringan hingga operasi pada kasus yang lebih berat.
Penyebab pasti wasir tidak diketahui secara pasti, namun hal yang menjadi pemicu adalah meningkatnya tekanan di dalam rongga perut (intra-abdomen), makanan rendah serat sehingga mengakibatkan konstipasi, kurang aktifitas, lebih banyak duduk dan lain-lain. Pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan BAB tepat waktu setiap hari di waktu yang sama, menghindari dehydrasi, memakan makanan berserat dan aktifitas yang seimbang (olahraga). Wasir dapat menyebabkan perdarahan dan memberikan komplikasi yaitu anemia bila selalu terjadi perdarahan, namun tidak mengancam jiwa secara langsung.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Forum