SITE STATUS
Jumlah Member :
506.395 member
user online :
654 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


kb
kb apa yg cocok bwt saya yg gendut dan keputihan banyak.jika saya pasang implan brp kah kenaikan bb saya tiap bulan nya?
16 May 2015, 21:43
Dari : Viona Zhucyo

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KONTRASEPSI HORMONAL :

SUSUK KB
Tersedia 3 macam susuk KB terdiri dari 1 batang, 2 batang, dan 6 batang.
1,2 atau 6 buah batang ini dimasukkan dibawah kulit pada lengan bagian atas.
Sangat efektif untuk masa 3 tahun (untuk jenis 1 dan 2 batang) dan 5 tahun (untuk jenis 6 batang).
Bila diinginkan, susuk KB dapat diangkat setiap waktu.
Segera setelah susuk KB diangkat, wanita dapat hamil.
Perubahan pola haid masih dalam batas normal - perdarahan ringan diantara masa haid, flek-flek atau tidak haid. Juga timbul sakit kepala ringan.
Aman digunakan pada masa menyusui, dipasang setelah 6 minggu sehabis melahirkan.
Membantu mencegah anemia dan kehamilan di luar kandungan.

Kutipan dari artikel yang berjudul KB Menyebabkan Gemuk? Tidak Cocok? :

Menurut penelitian The American Journal of Obstetrics and Gynecology, disebutkan bahwa jenis metoda kontrasepsi yang mampu menyebabkan obesitas adalah kontrasepsi suntik Depo Provera. Depo Provera mengandung hormon sintetis yang menyebabkan rendahnya hormon estrogen, mencegah pelepasan sel telur, karena inilah KB suntik banyak diminati karena efektif, serta mudah dan ekonomis.
Dengan banyaknya perbedaan hasil penelitian dan pendapat, dapat disimpulkan bahwa kandungan hormon sintetis dalam KB jenis suntik dan pil, menimbulkan efek yang berbeda-beda bagi tiap perempuan. Kenaikan berat badan tentulah dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari kesehatan, makanan dan lingkungan. Jika Bunda merasa ragu dalam memilih alat kontrasepsi yang tepat, konsultasikan kepada dokter untuk mengetahui jenis alat kontrasepsi yang tepat untuk Bunda.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Yeni Puspita". Dengan judul pertanyaan " kontrasepsi " pada tanya dokter: dok, ada tidak yha alat kontrasepsi (kb) yg dapat menurunkan berat badan? tolong jawabannya dok,, terima kasih..
dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Untuk mengatur berat badan tentu saja memerlukan usaha ekstra seperti melakukan kegiatan fisik berolahraga dan juga mengatur nutrisi Bunda. Untuk mengatur nutrisi, akan lebih baik bila disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Bunda , untuk ini Bunda dapat berkonsultasi dengan bagian gizi atau dokter spesialis gizi. Selain memperhatikan asupan nutrisi, berolahraga juga penting dalam mengatur keseimbangan berat badan dan kesehatan. Pada masa terdahulu, metode kontrasepsi hormonal dianggap turut berperan dalam kenaikan berat badan penggunannya, hal ini dikarenakan kadar estrogen yang tinggi. Namun pada jaman sekarang, sudah banyak modifikasi dari hormonal estrogen sehinggan mengurangi efek samping tersebut. Bila Bunda tidak nyaman dalam pemnggunaan kontrasepsi hormonal, maka dapat menggunakan metode kontrasepsi IUD tanpa hormonal.

Berikut ini jawaban bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "erry.helrysa". Dengan judul pertanyaan "alat kontrasepsi" pada tanya bidan:maaf bu sebelumnya bu bidan, selama 2tahun saya pake suntik yang 3bulan, selama itu mens saya tidak teratur, setelah selang 2 tahun saya beralih ke pil, dan mens mulai teratur (walau sedikit),tapi saya keburu malas pake pil (kadang lupa minum), akhirnya selang beberapa bulan saja saya beralih ke implan, tapi setelah jalan 4bulan ini saya belum mens juga, yang ingin saya tanyakan, apakah ini normal bu bidan? terima kasih :)
Bidan menjawab
Dear bunda Erry.Helrysa,
KB suntik, pil dan implan adalah kb hormonal yg mempunyai efek samping yang sama yaitu tidak haid, dan itu adalah normal. KB suntik adalah jenis KB yang mengandung hormon, sehingga dapat menimbulkan efek gangguan pada hormon yang ada. Disarankan bunda untuk memeriksakan diri langsung dengan dokter spesialis kebidanan, USG mungkin akan dilakukan untuk menilai keadaan rahim ( apakah ada penebalan dinding rahim ) sehingga dapat diberikan tindakan dan terapi yang sesuai.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel