SITE STATUS
Jumlah Member :
506.402 member
user online :
332 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - apakah ibu menyusui bisa hamil?


apakah ibu menyusui bisa hamil?
Apakah ibu yang sedang menyusui bisa hamil? Sementara selama menyusui tidak datang menstruasi. Trimakasih sebelumnya untuk jawabannya.
01 Mar 2015, 13:01
Dari : Efiena

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Chr" dengan judul pertanyaan "ASI Eksklusif Bisa Menunda Kehamilan?" pada Tanya Dokter: Dok, bnr ga sh klo sy memberikan asi eksklusif pd anak mencegah kehamilan jika tdk KB???
dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda, Pemberian ASI kepada bayi juga merupakan KB alami pada seorang ibu setelah ia melahirkan dan sangat efektif dalam jangka 6 bulan setelah melahirkan. Ketika bayi menyusu, akan menimbulkan rangsangan pada puting susu dan mengirimkan sinyal kepada otak untuk memproduksi hormone prolaktin yang akan mencegah FSH dan GnRH untuk memproduksi sel telur sehingga tidak terjadi menstruasi. Metode KB alami ini hanya dapat dilakukan apabila: • Para ibu yang hanya memberikan ASI kepada bayinya tanpa adanya susu formula atau pengganti ASI lainnya. • Belum sama sekali mengalami menstruasi setelah ia melahirkan. • Bayi berumur kurang dari enam bulan setelah melahirkan. Cara melakukan KB alami dengan cara menyusui ASI tersebut adalah sebagai berikut: • Segera memberikan ASI setelah bayi dilahirkan. • Menyusui ASI sebanyak 6-10 kali sehari . • Hindari jangka waktu yang terlalu lama antara waktu menyusui bayi (setidaknya setiap 4 jam sekali pada waktu siang dan 6 jam sekali pada malam hari). • Hindari penggunaan menyusui dengan botol dan penggunaan empeng bayi (pacifier). • Jangan berikan makanan atau minuman pendamping ASI apapun jenisnya, hanya berikan ASI saja.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Fenni Fen" dengan judul pertanyaan " Tanda-tanda kehamilan" pada Tanya Bidan: ass..
mohon share yg pernah punya pengalaman setelah melahirkan tp terjadi kb alami /kb mal krna menyusui ekslusif,,,
bu bidan sya mau bertanya ini,dr setelah melahirkan dan masa nifas 40hari selang 2hari saya menstruasi sekitar 4-5hari,setelah itu sy tdk pernah mendapatkan menstruasi lg,pdahal sy tdk kb apapun,krn ada rasa cemas sy cek ke Dr spog,krn sy ,melahirkan secara SC..
dan hasilnya negatif,Dr spog menyarankan agar kb iud,tp suami tdk mengizinkan,bnyak sodara yg memberi thu kalau memang ada sebagian org yg mengalami seperti sy,(terjdi proses kb alami)..
yg mau sy tanyakan kira2 sampai brpa bln kb alami ini terjadi (tdk mendapatkan menstruasi),,
mohon petunjuk dan sarannya,,terimakasi

bidan Yustianti, AMKeb menjawab :
Dear bunda Fenni Fen,
Wa'alaykumussalam, MAL ( Metode Amenorea Laktasi ) memang sangat efektif untuk mencegah kehamilan ( pencegahan 98 % ) jika dilakukan secara benar pada 6 bulan pasca melahirkan, namun yang wajib diketahui adalah bila pada masa pasca nifas terjadi menstruasi atau keluar flek, maka MAL tidak dapat lagi digunakan sebagai alat kontrasepsi. Saran saya bila bunda ingin menunda kehamilan, Bunda dapat memilih jenis kontrasepsi lain yang tidak menggangu produksi ASI, yaitu pil KB menyusui, KB suntik 3 bulanan, kondom, pantang berkala, serta IUD / spiral.
Sedangkan untuk proses menstruasi memang masih belum stabil, selama bunda menyusui secara eksklusif maka siklus haid akan terganggu karena hormon yang mengatur produksi ASI akan menekan kerja hormon yang mengatur siklus haid.
Demikianlah penjelasan dari saya, semoga membantu.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Forum
Jenis : Forum