SITE STATUS
Jumlah Member :
506.507 member
user online :
1041 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - sakit panggul dan pening2


sakit panggul dan pening2
bu bidan saya hamil 2bulan dan saya sering mersa pening pening sakit bagian panggul bagian belakang
05 Feb 2015, 11:56
Dari : shaboguard.boguard

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Keluhan-Keluhan Ringan Saat Hamil Dan Solusinya:
Pusing
Keluhan ini merupakan keluhan awal dan umum terjadi. Pengaruh hormon saat kehamilan yang menjadi penyebabnya. Hormon progesteron memicu dinding pembuluh darah melebar. Sehingga mengakibatkan terjadinya penurunan tekanan darah dan membuat calon ibu merasa pusing. Keluhan ini akan hilang dengan sendirinya.
Solusinya:
Penanganan yang tepat tentu harus dengan mengetahui lebih dulu penyebabnya. Bila akibat pengaruh hormonal, penanganannya cukup dengan tidur dan menghindari stres. Sementara bila karena anemia dan hipertensi, mau tidak mau harus diatasi dulu faktor penyebabnya. Sedangkan jika karena tekanan darah rendah, kurangi aktivitas dan hemat pengeluaran energi. Juga hindari gerakan mendadak seperti dari posisi duduk atau jongkok langsung ke posisi berdiri. Kalaupun merasa perlu menelan obat antisakit kepala lantaran tak kuat lagi menahannya, pilihlah yang paling aman. Salah satunya parasetamol yang masih bisa ditoleransi untuk dikonsumsi ibu hamil sekalipun tanpa resep dokter.



Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "reagustin" dengan judul pertanyaan "Ketegangan otot dan sakit kepala saat hamil" pada Tanya Dokter: Dokter Tanti yg baik, saat ini sy sdg mengandung 14w, pd awal2 khamilan sy tdk pernah merasakan pusing atau sakit kepala tp akhir2 ini kalo dipake berdiri sy merasa jantung berdetak lebih cepat dan rasanya kepala ikut berdenyut-denyut. Saat bangun tidur kepala sy jg sering pening tepatnya di sekitar ubun2, kdg terasa seperti ada saluran yg tegang di kepala sy dan terasa sakit kalo kepala digoyang2kan, ini jg membuat pundak dan leher saya tegang dan pegal. Dokter gangguan apkh yg sy alami ini? apkh ada hubgnnya dg kehamilan sy? ataukah krn sy stress & tegang? krn sy jg mempnyai gangguan kecemasan. mohon jawabannya Dok, thanks.

dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda, Pada kehamilan terjadi berbagai macam perubahan mulai dari perubahan hormonal , perubahan sirkulasi darah juga fisik tubuh anda. ketegangan otot dan sakit kepala sering terjadi akibat banyaknya perubahan ini. Apakah bunda sudah melakukan kontrol pada dokter atau bidan anda? agar dapat terpantau dengan baik tekanan darah anda juga perkembangan kehamilan maka sebaiknya rajin kontrol kepada bidan anda. sebaiknya anda tidak perlu mencemaskan keadaan ini, namun bila sakit kepala sangat menganggu terutama anda memiliki gangguan kecemasan, sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter kandungan anda mengenai hal ini. Sampaikan keluhan anda dan mintalah penjelasan dengan jelas, agar anda tidak lagi mencemaskan mengenai hal tersebut di masa selanjutnya, demikian jawaban saya.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "nie.slanky.1" dengan judul pertanyaan "sakit perut dan panggul sebelah kanan saat hamil" pada Tanya Bidan: Dok sya mau nanya kalau lagi hamil 2 bulan jalan tiga bulan suka merasa sakit perut dan panggul sebelah kanan wajar gak klau sdang hamil

Bidan menjawab:
Dear bunda Nie.Slanky,

Keluhan yang bunda rasakan banyak dikeluhkan para bunda yang sedang hamil. Keluhan ini masih dianggap normal. Keluhan disebabkan karena otot ligament yang menopang rahim meregang seiring dengan membesarnya rahim, rasa nyeri akan menyebar sampai ke rahim, kadang menyebar keluar ke area sekitar perut, pinggul serta punggung bagian bawah.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :