SITE STATUS
Jumlah Member :
506.417 member
user online :
380 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - minum obat saat hamil


minum obat saat hamil
Pagi Dok..
Awalnya, saya sakit batuk pilek parah tdk sembuh2 dan selama 1bulan lebih saya konsumsi macam2 obat dan ganti2 obat.. setelah itu saya baru tau kl sy hamil 10 minggu.. padahal sy sudah konsumsi banyak obat2an selama 1bulan lebih.. saya sangat ingin mengetahui kondisi janin saya.. apakah sakit saya dan obat2an tsb mempengaruhi janin saya ya Dok?? Apakah ada cara untuk mengetahui kondisi janin sy?
20 Jan 2015, 13:48
Dari : ratna bella

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "sorayaregar" dengan judul pertanyaan "Pilek saat hamil" pada Tanya Dokter: Selamat siang dr. Tanti saya ingin menanyakan, saat ini saya sedang hamil 7 minggu. sebelum hamil saya memang sudah pilek, dikarenakan saya memang ada riwayat sinus. keluhan saya sampai sekarang pilek saya belum sembuh tapi tidak ada pusing. hanya terkadang nafas saya tersumbat dan saya tidak berani minum obat. apakah ini akan berpengaruh pada tumbuh kembang janin saya? adakah obat pilek yang aman untuk ibu hamil?

dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda,

Pada umumnya batuk dan pilek disebabkan oleh virus yang dapat sembuh sendiri. Namun bila berkelanjutan dapat juga mengalami komplikasi yang disebabkan oleh bakteri dan harus di tindak lanjuti dengan obat-obatan yang aman untuk ibu hamil sesuai nasihat dokter yang memeriksa keadaan bunda. Karena tidak semua obat-obatan aman untuk di konsumsi oleh ibu hamil. Coba anda tingkatkan lagi nutrisi anda, jauhi barang-barang dan lingkungan yang dapat menyebabkan allergy karena kemungkinan batuk yang disebabkan oleh allergen juga dapat terjadi. Cobalah berkumur dengan air garam untuk membersihkan tenggorokan anda. Apabila dalam waktu 2 minggu batuk anda belum sembuh, atapun sebelum mencapai 2 minggu batuk anda bertambah parah, silahkan untuk memeriksakan diri kembali kepada dokter anda.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Vicka Christimore" dengan judul pertanyaan "Pemeriksaan ANC" pada Tanya Dokter: hai dok... saya sdh hamil 9 minggu, kira2 kapan yah saat yg teepat melakukan pemeriksaan darah dan cek lab

dr. Tanti menjawab :
Dear Bunda,

Lakukan ANC pada bidan ataupun dokter minimal sebanyak empat kali dalam kehamilan bunda. ANC dapat dilakukan satu kali sebelum mencapai usia kehamilan 14 minggu, satu kali sebelum mencapai usia kehamilan 28 minggu, satu kali ketika sedang masa kehamilan antara 28-36 minggu dan satu kali setelah usia kehamilan 36 minggu. Pada pemeriksaan Ante Natal Care dapat dilakukan pemeriksaan seperti USG, pemeriksaan Laboratorium atau lainnya sesuai indikasi.

Berikut ini jawaban apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "xuy" dengan judul pertanyaan "obat batuk flu" pada Tanya Apoteker :obat flu batuk yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil apa ya?trims

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Terima kasih atas pertanyaannya.
Selamat atas kehamilannya.
Sakit pilek sebenarnya disebabkan oleh virus, cara melawannya adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh bunda.
Konsumsi vitamin C dan zinc
Makan makanan yang bergizi secara teratur
Istirahat yang cukup
Penggunaan obat pilek sebenarnya hanya mengurangi gejalanya dan tidak menyembuhkan.
Penggunaan obat anti histamin seperti yang mengandung difenhidramin dapat membantu mengurangi hidung yang gatal dan berair.
Untuk batuk, bunda bisa mengkonsumsi obat batuk hitam.
Demikian jawaban dari saya, semoga membantu bunda.
Terima kasih.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter