SITE STATUS
Jumlah Member :
506.532 member
user online :
1063 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - vitamin untuk ibu hamil


vitamin untuk ibu hamil
Selamat pagi dok saya anisa uk. Saya 8w saya ingin bertanya vitamin apa yang bagus untuk wanita hamil ya dok? Soalnya saya tidak suka sayuran sama sekali.
20 Jan 2015, 9:38
Dari : annisalovestory

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Asam Folat Kurangi Resiko Janin Cacat: aat mengetahui Bunda sedang berbadan dua pasti Bunda sibuk mengatur pola makan untuk memberikan nutrisi terbaik untuk janin. Salah satu nutrisi yang wajib diasup Bunda hamil yakni asam folat, terutama pada trimester pertama kehamilan saat organ-organ janin mulai terbentuk. Bahkan kalau perlu sejak Bunda merencanakan kehamilan asam folat ini sudah harus sering dikonsumsi.
Asam folat atau biasa dikenal dengan vitamin B9 adalah bentuk vitamin yang larut dalam air. Nutrisi jenis ini membantu proses metabolisme tubuh khususnya selama masa kehamilan.

Bunda hamil yang kekurangan asam folat bisa mengakibatkan janin cacat bahkan meningkatkan resiko kelahiran bayi prematur. Kelainan yang bisa timbul karena kurang asam folat seperti :
- tengkorak janin tidak terbentuk sempurna
- persarafan di bagian tulang belakang tidak tertutup dengan baik
- gangguan saluran kemih
- plasenta lepas sebelum janin dilahirkan
- bibir sumbing.

Sementara itu untuk Bunda hamil kekurangan asam folat bisa mengakibatkan anemia yang menimbulkan gejala mudah lelah, denyut nadi lebih cepat, gemetar. Gangguan sering sesak napas dan gangguan pencernaan juga kerap kali dikeluhkan.
Untuk menghindari kerugian-kerugian di atas baik untuk si janin mau pun Bunda, mengonsumsi asam folat sudah menjadi kewajiban. Asam folat bisa Bunda dapatkan dari makanan seperti ; hati, kerang, tempe, kacang-kacangan, sayuran hijau, jagung manis, roti, kuning telur dan buah-buahan. Kalau Bunda kurang menyukai bahan makanan di atas Bunda bisa mengonsumsi susu yang mengandung asam folat. Tapi tentu saja yang harus diingat bahan makanan natural jauh lebih baik.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "mama elsa" dengan judul pertanyaan "Vitamin untuk ibu hamil " pada Tanya Dokter: Pagi dok, Dok, saat ini saya sedang hamil 13w. Tapi karena pekerjaan serta kesibukan yang lain, saya smp lupa tidak pernah minum vitamin utk ibu hamil. Saya dapat vitamin dari SPOG saya folamil. Apakah itu berimpact buruk pada janin saya dok? terima kasih utk response nya..

dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda, Suplemen untuk ibu hamil pada umumnya mengandung berbagai vitamin dan mineral serta asam folat yang sangat penting pada kehamilan terutama awal kehamilan. Asam folat dapat mencegah kejadian keguguran serta kecacatan pada janin. Suplemen yang di berikan oleh dokter anda sebaiknya di minum sesuai petunjuk penggunaan. Demikian jawaban saya.

Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "istriheri" dengan judul pertanyaan "Susu yang baik untuk ibu hamil" pada Tanya Apoteker: Bund, mau Tanya aku bekerja di bank swasta dan hampir setiap hari pulang malam, mungkin ada tambahan susu / vitamin agar kandunganku tetap sehat, ditunggu infonya terima kasih

Rachel, S.Farm, Apt menjawab:
Dear Bunda Listi,
Terima kasih atas pertanyaannya dan selamat atas kehamilannya.
Untuk vitamin, sebaiknya bunda mengkonsumsi vitamin E & asam folat. Mengenai susu, jika bisa, bunda dapat mengkonsumsi susu kehamilan karena telah memiliki gizi yang seimbang yang dapat membantu kesehatan bunda.
Akan tetapi, yang terpenting adalah, bunda harus menjaga kesehatan bunda secara keseluruhan. Jaga makanan yang dikonsumsi. Banyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Minum air putih yang cukup. Jangan terlalu capek, pastikan bunda istirahat dengan cukup.
Terima kasih
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker