SITE STATUS
Jumlah Member :
506.402 member
user online :
337 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - dismenore


dismenore
Dok dismenore itu bahayakah....apakahad obatnya dismenore itu.apakah saya bisa hamil dok karna ad dismenore....apakah sma dismenore dgn kista endrometriosis..mkasih dok
12 Dec 2014, 15:05
Dari : bunda alqodriyah

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Jangan Sepelekan Nyeri Haid: Nyeri yang dialami wanita saat menstruasi penyebabnya dikategorikan dalam dua jenis;
1. Dismenore Primer
Nyeri haid Dismenore Primer adalah nyeri haid yang umumnya tidak disebabkan karena kelainan atau penyakit pada organ reproduksi. Nyeri yang terjadi karena adanya peningkatan hormon Prostaglandin sehingga menimbulkan kontraksi pada uterus. Nyeri biasanya dapat berkurang dengan pemberian obat pereda nyeri haid.
2. Dismenore Sekunder
Dismenore Sekunder adalah nyeri haid yang disebabkan karena adanya masalah yang menyangkut fungsi rahim dan organ reproduksi. Kasus yang sering terjadi seperti Endometriosis, Fibroid, Pelvic Inflammatory Disesase (PID), Premenstrual Syndrome (PMS), Infeksi karena penularan aktivitas seksual, dan stress. Nyeri haid yang disebabkan oleh kasus seperti ini dapat mempengaruhi kesuburan yang berujung pada sulitnya memiliki anak. Untuk itu bila nyeri haid sudah sangat mengganggu sebaiknya periksakan ke dokter kandungan.


Penanganan yang dilakukan tergantung dari faktor penyebabnya. Bila faktor penyebabnya hanya karena kontraksi uterus dan hormon yang tidak seimbang biasanya akan diberikan penghilang rasa nyeri. Tetapi bila ditemukan adanya faktor lain pengobatan bisa dilakukan mulai dari pemberian obat-obatan hingga operasi.

Selain obatan-obatan, Bunda bisa lakukan hal berikut untuk mengurangi nyeri haid:
1. Konsumsi zat besi
Saat menstruasi wanita sering terkena anemia karena kurangnya sel darah merah. Konsumsilah makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah, hati ayam, kacang-kacangan dan bayam.
2. Botol air hangat
Ini adalah cara ampuh yang banyak dilakukan. Isi botol dengan air hangat lalu tutup. Guling-gulingkan pada bagian perut yang sakit. Cara ini bisa mengurangi nyeri haid.
3. Berbaring
Saat menstruasi biasanya kita akan merasakan nyeri punggung. Berbaringlah di alas yang rata. Gunakan bantal untuk menyangga lutut.
4. Olahraga
Bila memungkinkan lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki. Bila tidak memungkinkan, lakukanlah olahraga rutin saat tidak haid. Dengan berolahraga dapat memperlancar aliran darah di sekitar rahim.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Mustofa" dengan judul pertanyaan "Nyeri menstruasi dan kesuburan" pada Tanya Dokter: Dok,saya sudah menikah 2 th 8 bln dan belum punya anak.istri saya sering merasakan sakit di perut bagian bawah.apalagi kalau lagi haid.apakah itu salah satu gejala dari infeksi rahim?makasih dok.,

dr. Tanti menjawab
Dear Ayahanda Mustofa, nyeri saat haid di sebut dismenore, hal ini dapat berhubungan dengan adanya endometriosis, maupun gangguan organ lain dalam rahim atau tidak ada penyebabnya sama sekali dan hanya merupakan kram atau kontraksi rahim saja. Untuk mengetahui mengenai penyebab rasa nyeri ini, sebaiknya istri anda memeriksakan diri pada dokter kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, seperti pemeriksaan USG atau lainnya. Anda telah menikah lebih dari 1 tahun dan belum di karuniai anak, saya menyarankan anda berdua memeriksakan diri dengan pemeriksaan infertilitas untuk mencari tahu penyebab dan terapi agar anda mendapatkan keturunan. Demikian jawaban saya.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Riantias Eka Putri" dengan judul pertanyaan "Apakah pada saat mens sakit mempengaruhi susah hamil? " pada Tanya Bidan:buk,, saya kalo lagi datang bulan sakitnya luar biasa sampai demam bahkan muntah2 apakah itu bisa mempengaruhi cepat atau tidak hamil?
trus apakah keputihan gatal bau juga mempengaruhi?

Bidan menjawab
Dear bunda Riantias Eka Putri,

Keluhan nyeri saat haid ( dismenore ) adalah kondisi yang berasal dari kram rahim. Dismenore terbagi menjadi 2 yaitu dismenore primer ( nyeri yang tidak ditemukan penyebabnya ) & dismenore sekunder ( disebabkan oleh kelainan alat kandungan ). Sebaiknya lakukan pemeriksaan saat keluhan berlangsung, agar dapat dilakukan pemeriksaan USG untuk dapat diketahui penyebab dismenore, dan pemberian terapi yang tepat guna.

Untuk keluhan keputihan patologis ( yang berwarna kuning kehijauan, gatal, dan berbau ) bila berlangsung terus menerus dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat, dapat menimbulkan infeksi yang merembet kerongga rahim, kesaluran indung telur, dan akhirnya ke saluran rongga panggul. Pada keputihan kronis dapat menyebabkan kemandulan.

Disarankan untuk menjaga daerah vagina agar tetap kering dan bersih, dengan mengganti pakaian dalam tiap 3-4 jam / bila basah, dan membasuh vagina dari arah depan kebelakang kearah anus, bila mengalami keluhan keputihan patologis sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita