SITE STATUS
Jumlah Member :
506.400 member
user online :
574 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Tak kunjung hamil pasca lepas spiral.


Tak kunjung hamil pasca lepas spiral.
Halo dok. Sya punya anak 1. Lagi pingin hamil lg saat ini. Saya udh lepas kb spiral bulan september 2014. Sampai saat ini saya belum hamil jg, padhl udh sering berhubungan. Mens saya pun terbilang teratur, rentang 25-27 harian. Wktu awal menikah 3 bulan saya udh isi. Knp kok skrg agk lama ya? Boleh kah saya konsumsi folavit dgn sya beli sendiri di apotik tnpa resep dokter? Baca2 di internet katanya boleh minum asam folat. Lalu saran apa lg untuk saya dok agar cepat hamil? Terimakasih.
08 Dec 2014, 14:54
Dari : Mia Lana

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Sulit Hamil Setelah Lepas KB: Jenis KB
Selain dari reaksi hormon tubuh, sulit atau tidaknya hamil setelah melepas KB tergantung juga dari jenis KB yang Bunda gunakan. Bila menggunakan jenis KB suntik (KB 3 bulan atau Depo Progestin) yang mengatur kadar hormon, tentunya butuh penyesuaian untuk mengembalikan hormon seperti semula. Misalnya pada penggunaan suntik KB 3 bulan (Depo Progestin), siklus menstruasi akan kembali teratur dalam waktu 6 bulan hingga 1 tahun setelah penggunaan dihentikan.
Berbeda dengan jenis KB pil, kemungkinan besar siklus menstruasi Bunda bisa langsung normal. Itu artinya kesempatan untuk hamil pun menjadi lebih tinggi.
Jenis KB spiral dan IUD lebih disarankan untuk Bunda yang ingin memiliki momongan lagi setidaknya dalam kurun waktu 2 tahun. KB Spiral bukan KB tanpa diberi hormon. Tetap diberikan hormon, hanya saja kadarnya tidak sebanyak KB suntik. Bila ingin KB yang tanpa hormonal, gunakan kondom. Tetapi jangan lupa ya, Bun. Efek samping KB pada setiap Bunda memang berbeda-beda, jadi tidak perlu cemas dengan terus membanding-bandingkan dengan wanita lainnya.

Periksa ke Dokter
Memang efek KB pada setiap wanita berbeda-beda, tetapi biasanya dalam kurun waktu 1 tahun hormon sudah kembali normal dan Bunda siap hamil. Bila Bunda pernah hamil dan memiliki anak tetapi kini sulit untuk hamil lagi, itu dinamakan infertilitas sekunder.
Penanganannya hampir sama dengan infertilitas primer di mana kualitas sperma suami dan sel telur Bunda diperiksa terlebih dahulu. Bila ternyata kualitasnya bagus, maka harus dicari penyebab lain mengapa belum bisa hamil.
Bila Bunda ragu, tidak perlu menunggu 1 tahun Bunda boleh periksa dan konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Bunda.asih" dengan judul pertanyaan "Ingin cepat hamil" pada Tanya Dokter: Ass. Dok saya mau bertnya,, saya menikah sudah hampir 3 tahun tapi saya belum punya anak juga seblmnya saya Kb Pil 1 tahun, terus saya juga sering keputihan dok, mhon solusiny. Terimakasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Masalah kehamilan tergantung dari keduabelah pihak, suami dan istri. Pasangan suami istri dikatakan mengalami masalah kesuburan jika dalam 1-2 tahun berusaha mendapatkan kehamilan, melakukan hubungan suami istri yang rutin dan kontinyu setidaknya 2-3 hari sekali tanpa menggunakan kontrasepsi apapun. Secara teori, setelah tidak lagi menggunakan metode kontrasepsi maka siklus menstruasi akan kembali normal dan ovulasi juga terjadi secara baik. Untuk pil kontrasepsi kombinasi, siklus menstruasi dan ovulasi dapat kembali normal sampai sekitar 6 bulan sejak melepas kontrasepsi. Untuk berkonsultasi masalah kesuburan atau usaha mendapatkan kehamilan, Bunda bisa mendatangi dokter umum di tempat Bunda. Pada pasangan suami istri yang ingin medapatkan kehamilan, dapat diperiksa oleh dokter umum. Sang suami akan diberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi organ reproduksi dan rujukan pemeriksaan analisa sperma. Sedangkan sang istri juga akan diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan siklus menstruasi dan riwayat kesehatan lainnya. Bila diperlukan atau ditemukan masalah lebih lanjut, maka dokter umum dapat merujuk pada dokter kandungan untuk menangani masalah infertilitas ini. .

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "yuni-yun" dengan judul pertanyaan "Progmil setelah program KB" pada Tanya Dokter: siang dok, maaf saya mau tnya. saya berencana mau hamil lg, anak pertama saya skrg berusia 3 thn. saya sdh berhenti minum pil kb kira2 1 minggu.apakah dalam waktu 1 minggu atau 1 bln ne saya dah bisa hamil lg dok?? tlg jawabannya dok. mkasih
dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,

Secara teori, penggunaan metode kontrasepsi tidak akan memberikan efek kontrasepsi setelah tidak lagi digunakan. Meskipun begitu, terkadang butuh penyesuaian untuk tubuh hingga kembali pada siklus normalnya. Untuk suntik KB 3 bulan terkadang Bunda tidak dapat segera pada siklus normalnya, efek dari KB kontrasepsi suntik 3 bulan dapat terjadi beberapa minggu bahkan bulan setelah tidak lagi menggunakan (menyuntik) KB tersebut. Untuk penggunaan KB suntik 1 bulan ataupun pil KB kombinasi pada umumnya efek kontrasepsi akan berhenti segera setelah tidak melanjutkan pemakaian. Bila siklus menstruasi Bunda sudah normal kembali maka kemungkinan besar kesuburan juga kembali terjadi dan kehamilan kemungkinan besar dapat terjadi (bila Bunda dan suami dalam keadaan yang subur tanpa ada gangguan infertilitas sekunder).



Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel