SITE STATUS
Jumlah Member :
497.441 member
user online :
1183 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - berat badan semakin turun


berat badan semakin turun
assalamualaikum dokter.. saya mau tanya dok kenapa berat badan saya semakin turun dan sulit naik, padahal makanya banyak..saya baru punya 1anak berusia 20bln. berat badan setelah melahirkan 50kg kenapa sekarang jd turun menjadi 40kg? dulu berat badan sebelum hamil 47kg. apakah ada kaitannya dgn kontrasepsi yg saya gunakan? saya menggunakan kb suntik yg 3bln sekali..
trimakasih atas jawabanya dok.. wassalam
05 Nov 2014, 22:43
Dari : Arsyila Sagi

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "nieta.sagitarius" dengan judul pertanyaan "Apakah efek KB deponeo injeksi 3 bulan bisa menguruskan" pada Tanya Dokter: 52 hari setelah melahirkan saya pakek KB depogeston 3bulan pertama menggunakan KB tersebut saya spotting. Akhirnya saya ganti dengan KB deponeo . 3 bulan kedua BB saya tidak pernah d timbangn. 3 bulan yg ke-3 pemakain KB deponeo BB saya turun 7 kg. dari 55kg mnjadi 48kg. Apakah ini efek KB. Sementara sy tdk punuak penyakit DM. Mohon d bls bu dokter, trimksih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,

Pada penggunaan KB suntik 3 bulan (depo), efek yang sering ditemui adalah terganggunya siklus menstruasi, terjadi flek atau spotting, juga dikeluhkan kenaikan berat badan meskipun jarang terjadi. Setelah melahirkan, berangsur berat badan Bunda akan kembali berkurang ditambah lagi dengan kesibukan mengurus sang bayi yang bisa juga mempengaruhi berkurangnya berat badan para ibu yang baru melahirkan. Pada kasus tertentu dan amat sangat jarang terjadi, suntik KB 3 bulan mempengaruhi perubahan hormonal dan nafsu makan yang menurun berujung pada berkurangnya berat badan. Bila Bunda ragu dengan keadaan kesehatan Bunda, lebih baik memeriksakan diri pada dokter secara langsung.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Nia Sonya" dengan judul pertanyaan "KB tidak cocok?" pada Tanya Bidan: pagi bu bidan,saya mau tanya. sebelumnya saya pakai KB suntik 3bln,tapi mens saya jadi gak teratur.akhirnya 2desember ini saya ganti pil KB, tapi kok sampai pil KB mau habis, saya blm mens juga. saya pakai pil KB microgynon. apakah itu tandanya saya tidak cocok ya bu bidan? KB apa yang bagus ya biar badan saya seger,, soalnya saya kurus. makasih sebelumnya.

Bidan menjawab:
Dear bunda Nia Sonya

Setelah pemakaian kb suntik 3 bln efek hormon didalam tubuh setiap individu tidak sama sehingga mentruasi belum teratur, kb yang cocok untuk bunda sebaiknya konsultasikan dengan bidan atau dokter. Kb hormonal baik suntik ataupun pil akan mempengaruhi tubuh sedangkan kb dengan iud hanya mempengaruhi rahim saja.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :