SITE STATUS
Jumlah Member :
506.505 member
user online :
1004 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - tanya usia kandungan


tanya usia kandungan
bu saya mau tanya,terakhir mens tggl 8 agustus 2014,saya menikah tggl 21 agustus 2014, tggl 8 september saya tdk haid dan saat dites saya postif hamil,saya periksa ke bidan dinyatakan hamil 6 minggu pdhl usia pernikahan saya blm ada sebulan,kira2 usia kehamilan saya brp bu?soalny bnyk yg mengira saya hamil duluan,saya jd sedih
13 Oct 2014, 14:19
Dari : dewiq.novits

Jawaban
Hi Bunda,

Kutipan dari artikel dengan judul Cara Menghitung Usia Kehamilan:
Menghitung Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT)
Cara ini hanya dapat dilakukan pada wanita yang memiliki siklus haid normal 28-30 hari. Penghitungan usia kehamilan dengan cara ini berdasarkan perkiraan tanggal kelahiran dengan menggunakan rumus Neagele :
HPHT + (7) Bulan Haid Terakhir – (3) Tahun Haid Terakhir +(1)
Contoh : Bila Bunda mendapat haid terakhir pada 3 September 2010, maka :
3 + (7) 9 – (3) 2010 + (1) = 10 Juni 2011
Usia kehamilan Bunda pada 3 Oktober 2010 adalah 1 bulan, 3 November 2010 adalah 2 bulan, dan seterusnya.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "FaiVi" dengan judul pertanyaan "Menghitung usia kehamilan" pada Tanya Dokter: Dear, dr Tanti Selamat siang dok,,saya via...saya menikah tanggl awal Maret 2012,dan sekarang saya sedang hamil,tapi saya masih bngung menghitung usia kehamilan saya,sebab setiap dokter beda2 saat memberi tahu usia kehamilan saya,,,saya terakhir haid tanggl 19-27Februari 2012,,dan pada tanggal 19 Maret saya sudah terlambat haid...berati berapa usia kehamilan saya?? Terimakasih,

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, untuk menentukan usia kehamilan dapat dengan menggunakan metode HPHT ( Hari Pertama Haid Terakhir) yaitu menggunakan tanggal 19 Februari 2012 (hari pertama mens Anda) maka usia kehamilan anda saat ini pada tanggal 1 Juni 2012 adalah sekitar 14 minggu. Selain metode HPHT dapat juga menggunakan pemeriksaan USG. Perkiraan tanggal kelahiran adalah pada tanggal 26 November 2012. Perkiraan tanggal kelahiran ini jatuh ketika usia kehamilan anda mencapai 40 minggu. Pada bunda dengan riwayat siklus menstruasi teratur, metode HPHT dapat digunakan untuk memperkirakan tanggal kelahiran mendekati akurat. Demikian jawaban saya semoga dapat membantu.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Elvi Pardede" dengan judul pertanyaan "Sel Telur" pada Tanya Dokter: Siang Dok :-) Dok mau tanya dunk, apakah benar sel telur pada wanita hanya ada pada saat wanita dalam masa subur dan jika tidak pada saat masa subur sel telur itu tidak ada ya. makasih ya dok

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Di dalam setiap ovarium yang normal telah memiliki oosit sejak dalam masa embrio dan akan berkembang menjadi ovum (sel telur matang) ketika mencapai masa pubertas. Setelah memasuki masa pubertas, seorang perempuan akan mulai mendapatkan siklus menstruasi dan pada masa suburnya melepaskan satu sel telur yang telah matang dan siap di buahi. Masa subur terjadi satu kali pada setiap siklus menstruasi dan sulit untuk diketahui kapan tepatnya terjadi, maka itu dapat diperkirakan rentang masa subur dan pelepasan sel telur terjadi pada salah satu hari di dalam masa subur tersebut.
Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Apabila bunda memiliki siklus setiap 23 atau 25 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Perkiraan masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid.
Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur :
Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18, (Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur.) Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11,( Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.)


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "tikaatri" dengan judul pertanyaan "Cara menghitung usia kehamilan" pada Tanya Bidan: selamat siang, saya mau menanyakan sebenernya usia kandungan saya sekarang ini brp minggu yah ?
hari terakhir haid tgl 12 juni 2014
hitungan dokter terakhir saya periksa 9 minggu pada tanggal 8 agustus 2014
cara hitung yg benernya gmn yah ?
mohon di bantu :) terima kasih

Bidan menjawab
Dear bunda Tikaatri,
Cara menghitung usia kehamilan adalah dengan menggunakan rumus naegele ( untuk bunda dengan siklus teratur 28-30 hari ), rumus ini juga dapat digunakan untuk menghitung perkiraan kelahiran, caranya yaitu hari ditambah 7 dan bulan dikurang 3 ( untuk bulan 4-12) tahun ditambah 1, atau bulan ditambah 9 ( untuk bulan 1-3 ) tahun tidak ditambah. Jadi perkiraan kelahirannya adalah 19 maret 2015. Untuk menghitung usia kehamilan setiap tgl 19 usia kehamilan bunda bertambah 1 bulan. Jadi saat ini usia kehamilan bunda adalah 2,5 bulan atau 12-13 minggu.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter