SITE STATUS
Jumlah Member :
506.329 member
user online :
270 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Siklus Menstruasi


Siklus Menstruasi
Dok, saya mau tanya dok, siklus mens saya selalu maju dok, misal bulan juli kmren hari pertama mulai mens tgl 26 juli, yang agustus tgl 28 agustus, mens bulan sept' mulai mens tgl 1 oktober, untuk yg oktober mulai tgl 30 oktober, apakah siklus menstruasi saya bisa dibilang lancar & sehat dok? Untuk kandungan apakah kandungan saya subur & bisa cepat hamil dok, saya menikah tgl 6 oktober 2013 kmarin dok, saya ingin sgera hamil dok, mohon sarannya dari dokter. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih dok :)
03 Oct 2014, 15:33
Dari : adel.arifin89

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Herry Shinosuke" dengan judul pertanyaan "Menstruasi tidak teratur dan ingin bisa hamil" pada Tanya Dokter:
Dok saya heri 26 thn dan istri saya 25th.kami menikah bulan november tahun lalu, tp sampai sekarang istri saya belum jg hamil. Kami berdua bekerja.menstruasi istri saya sering tidak teratur,sering telat tp tidak hamil. saya minta saran bagaimana caranya agar kami bs cepat punya anak dan faktor apa yg membuat menstruasi istri saya tidak teratur? Kami tunggu jawaban dokter.terima kasih atas jawabanya.

dr. Tanti menjawab
Dear Ayahanda, Siklus menstruasi memang ada yang teratur (setiap 28 hari) maupun tidak teratur. Seiring berkembangnya waktu, banyak wanita yang mengeluhkan tidak teraturnya siklus menstruasi, di duga karena perubahan pola makan, pola istirahat dan stress dari pekerjaan atau sehari-hari yang tinggi, hal ini dapat berkaitan dengan kestabilan hormonal wanita tersebut. Bila tidak ada masalah dengan organ reproduksi istri anda, maka ketidak teraturan menstruasi dapat di sebabkan oleh faktor hormonal. Sebaiknya Istri anda memeriksakan diri pada dokter kandungan untuk mengetahui keadaan kesehatan organ reproduksi. Selain itu, ketahuilah masa subur istri dengan cara : Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. Rumusnya: Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18 Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11 Berhubungan intim di utamakan ketika perkiraan masa subur tersebut, agar tercapai pembuahan. Apabila dalam kurun waktu satu tahun belum juga di karunia keturunan, maka anda dan istri dapat memeriksakan kesuburan (tes fertilitas) untuk mengetahui keadaan fungsi organ reproduksi dari sang suami dan istri untuk mendapatkan terapi yang tepat. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "mafa" dengan judul pertanyaan "Menstruasi tidak teratur" pada Tanya Bidan: Mlm dok, saya mau nanya, saya awal menikah januari dr bln desember itu saya tidak mens smpe bulan februari, saya kira saya hamil karena saya kira saya tidak mens, tp akhirrnya kluar mens februari bln maret saya telat 5 dan akhirnya mens,mens saya tidak normal, 4 hari kluar sehabis gt gak keluar trus kluar lg, jd aneh gt dok, knp ya? Mksh dok

Bidan menjawab
Dear bunda Mafa,

Keluhan yang bunda rasakan mengarah pada gangguan haid yang dapat disebabkan oleh faktor hormonal, ataupun adanya gangguan pada organ reproduksi. Sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter spesialist kebidanan, USG mungkin akan dilakukan untuk mencari penyebab terjadinya gangguan haid.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :