SITE STATUS
Jumlah Member :
506.407 member
user online :
446 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


hamil
dok saya mau tanya,
d usia khamilan saya yg 5 minggu ini,
perut sering terasa panas, kaya mu datang bulan gtu dok, knapa y dok?
12 Dec 2013, 17:28
Dari : Wina Septifani

Jawaban
Hai Bunda, Berkaitan dengan pertanyaan bunda, bunda dapat berkonsultasi dengan dokter live chat pada link : http://www.infobunda.com/pages/chat/chat.php yang diadakan setiap hari kamis jam 14.00 - 17.00 WIB, fasilitas live chat ini sudah dapat digunakan dengan menggunakan android. Tetapi juga bunda akan menemukan beberapa informasi lainnya yang kami sarankan di bawah ini.

Dalam artikel yang saya temukan:
Penyebab
Penyebab terjadinya pirosis adalah karena meluapkan isi lambung (asam klorida, pepsin dan makanan) dan isi usus dua belas jari ke arah kerongkongan. Prosesnya terjadi saat makanan bergerak secara perlahan dari usus halus dan lambung lalu ditekan oleh rahim. Saat rahim semakin membesar maka tekanan semakin ke atas, inilah yang membuat gejala semakin kuat terasa.

Pencegahan
Sebelum Bunda mengalami pirosis, lakukan upaya pencegahan berikut ini :
- Hindari makan dan minum terlalu banyak sehingga berat badan tetap dalam kondisi normal. Sebaiknya tidak makan 3 jam sebelum tidur.
- Tidurlah dalam posisi miring. Posisi tubuh yang rata merangsang terjadinya pirosis.
Infobunda : http://www.infobunda.com/artikel/279-Pirosis-(Heartburn)-Selama-Kehamilan.html#ixzz2nK4PMMWn

Pada kasus sebelumnya dokter kami mengatakan:
Saat ini anda sedang mengalami banyak perubahan pada tubuh anda, yaitu perubahan anatomi dan hormon. Sakit yang anda rasakan tersebut disebut dengan heartburn, heartburn biasa terjadi pada saat kehamilan.
Hal yang dapat memperingan gejala ini adalah:
1. Hindari makan tengah malam atau sebelum tidur, heartburn ini biasanya disebabkan oleh makanan pedas, cokelat, peppermint, saos tomat, kafein, minuman soda dan buahan asam.
2. Pakailah pakaian yang nyaman dan longgar. Karena pakaian yang ketat pada daerah pinggul dapat menekan perut anda dan bagian bawah esophagus sehingga dapat bertambah sesak.
3. Makanlah makanan dengan porsi kecil, karena porsi besar dapat menyebabkan gejala bertambah parah.
4. Jangan berbaring setelah makan, tunggulah kira-kira 3 jam sebelum anda berbaring. Dengan posisi berbaring setelah makan dapat menyebabkan asam lambung naik ke saluran esophagus.
5. Hindari tembakau dan alkohol, hal ini dapat mencegah terjadinya reflux (naiknya asam lambung) dan menghindari bahaya pada janin karena penggunaan tembakau dan alkohol.
Apabila setelah melakukan hal diatas anda masih mengalami keluhan tersebut. Harap mengunjungi dokter untuk mendapatkan terapi yang sesuai.
Infobunda : http://www.infobunda.com/dokter/87-Sakit-Pada-Ulu-Hati-Sampai-Tidak-Bisa-Bernafas.html#ixzz2nK5TZums

Pada kasus sebelumnya bidan kami mengatakan:
Keluhan yang bunda rasakan memang dirasakan pula oleh beberapa bunda, bila keluhan nyeri datang sebaiknya bunda beristirahat, keluhan nyeri dikatakan aman bila dengan istirahat keluhan dapat teratasi / menghilang, bila dengan istirahat keluhan tidak berkurang, sebaiknya periksakan keadaan bunda langsung dengan dokter agar mendapatkan tindakan serta terapi yang sesuai.
Infobunda : http://www.infobunda.com/pages/tanyabidan/question.php?qid=193&subjek=Nyeri-perut-kanan-saat-hamil#ixzz2nK5Ljmgd
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Forum
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Forum