SITE STATUS
Jumlah Member :
506.400 member
user online :
559 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - asiilah


asiilah
dokter,, saya mau tanya,,
berapa lama saya harus menyusui anak saya agar dia kenyang,,, soalny akhir2 ini saya beri asi sampai 30 menit dia setelah disusui muntah walauoun sudah disendawakan,,, apa mungkin baby saya kekenyangan??
29 Oct 2013, 13:45
Dari : Dedek Wulan

Jawaban
Hai Bunda, Berkaitan dengan pertanyaan bunda, bunda dapat berkonsultasi dengan dokter live chat pada link : http://www.infobunda.com/pages/chat/chat.php yang diadakan setiap hari kamis jam 14.00 - 17.00 WIB, tetapi juga bunda akan menemukan banyak dalam artikel yang kami sarankan di bawah ini.

Dalam artikel yang saya temukan:

Para bunda sering bertanya berapa kali sebaiknya memberikan ASI ketika menyusui? Berapa lama bayi sebaiknya menyusu ASI dalam setiap kesempatan? Apakah produksi ASI akan mencukupi kebutuhan bayi? Pada artikel ini akan di bahas mengenai pertanyaan-pertanyaan bunda tersebut.
Menyusui ASI sebaiknya tidak dijadwal, berikan ASI setiap kali ia menangis ( bukan menangis karena popoknya basah ataupun kesakitan atau hal lain). Para ibu mempunyai insting untuk menyusui, ketika bunda merasakan bahwa saatnya untuk menyusui, segera susui bayi anda dengan ASI.
Bayi yang sehat dapat mengosongkan satu payudara dalam waktu rata-rata 5-7 menit dan ASI tersebut di dalam lambung bayi akan kosong dalam waktu rata-rata 2 jam. Bayi yang pada awalnya tidak memiliki jadwal atau waktu tertentu dalam menyusu, lambat laun akan mempunyai pola tertentu setelah 1-2 minggu kehidupannya.
Infobunda : http:/www.infobunda.com/pages/asi/index.php?main_art=1&art_id=22#ixzz2j5rKnuEa


Untuk Bunda yang baru melahirkan anak pertama terkadang lekas panik dengan hal-hal yang terjadi pada si kecil. Salah satunya bila dia muntah susu atau biasa dikenal dengan istilah gumoh (Gastroesophageal Reflux). Tertelannya udara pada saat si kecil menyusu merupakan mekanisme terjadinya gumoh dan biasanya hal ini disebabkan posisi menyusui yang salah (tidak semua aerola masuk ke dalam mulut bayi). Gumoh ini sendiri terjadi karena otot antara kerongkongan dan lambungnya belum dapat bekerja dengan sempurna. Hal inilah yang membuat ASI yang diminumnya keluar kembali.
(http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=219&catid=11&catname=Tumbuh-Kembang-Balita&title=Wajarkah-Muntah-(Gumoh)-Pada-Bayi?#ixzz2d4KTvQcS)

Dalam kasus sebelumnya dokter kami mengatakan:
Gumoh dapat terjadi dikarenakan adanya udara dalam lambung bayi sehingga susu yang di minum akan keluar bersamaan dengan keluarnya udara tersebut. Apabila muntah yang bunda maksudkan seperti pada halnya orang dewasa memuntahkan kembali susu dan “muncrat” (proyektil), maka sebaiknya anda memeriksakan bayi anda pada dokter. Gumoh dapat di cegah dengan cara menepuk punggung bayi setelah minum susu , gendonglah bayi anda dalam posisi tegak, lalu tepuk lembut punggungnya sesaat setelah minum susu sampai bayi anda bersendawa , setelah itu anda dapat menidurkan bayi anda, hal ini dapat mencegah tersedaknya bayi karena udara telah keluar dalam proses sendawa tersebut.(http://www.infobunda.com/pages/tanyadokter/question.php?qid=2754&subjek=Bayi-sering-muntah#ixzz2d4JmSwIk)

Atau bunda dapat melihat link saran lainnya yang berkaitan dengan pertanyaan bunda, pada pertanyaan yang sama di fitur helpdesk, yaitu : http://www.infobunda.com/info/1413-my-baby.html#ixzz2i4BwUIaI
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel