SITE STATUS
Jumlah Member :
506.402 member
user online :
334 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - nyeri gigi


nyeri gigi
Dear Dok,
anak sy sdh brumur 2th 4bln,mulai umur 1thn sy cb membiasakn anak sy utk menyikat gigi .nah akhir2 ini sdh sekitar 1bln ini setiap menyikat gigi ,anak sy selalu merasakn sakit pd gigi bagian atas.memang setelah sy lihat gigi bagian atas beberapa yg sdh rusak.dan akibatnya sekarang setiap makan selalu susah dan lama.krn anak sy tdk bs menggunakan giginya utk menggigit makanannya.
disamping itu anak saya suka sekali makan permen.tp sejak saat dia mengeluh sakit giginya sy sudah melarangnya utk makan permen lagi.dan alhamdulillah dia menurutinya....
mohon infonya dok,apa yg sebaiknya sy lakukan??
29 Oct 2013, 13:41
Dari : Dhyta Putri

Jawaban
Hai Bunda, Berkaitan dengan pertanyaan bunda, bunda dapat berkonsultasi dengan dokter live chat pada link : http://www.infobunda.com/pages/chat/chat.php yang diadakan setiap hari kamis jam 14.00 - 17.00 WIB, tetapi juga bunda akan menemukan banyak informasi pada artikel yang kami sarankan di bawah ini.

Dalam artikel yang saya temukan:
Untuk membiasakannya Bunda harus rajin membersihkan rongga mulutnya sedari bayi. Dengan begitu ia akan merasa tak nyaman bila mulutnya terasa tidak bersih. Caranya mudah sekali, berikut tahapannya :

• ambil sedikit kain kassa dan lilitkan pada jari
• celupkan kain kassa ke dalam air hangat-hangat kuku
• usapkan ke seluruh bagian rongga mulutnya
Memang ada beberapa jenis pasta gigi untuk anak-anak, tetapi kalangan dokter gigi menganjurkan sebaiknya si kecil tidak menggunakan pasta gigi dulu. Alasannya tentu saja karena kandungan kimia yang terdapat di dalamnya yang dikuatirkan dapat si kecil menelannya.

Infobunda : http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=265&catid=11&catname=Tumbuh-Kembang-Balita&title=Membiasakan-si-Kecil-Menggosok-Gigi#ixzz2dLRkbeck

Cara menyikat mulai dari gigi belakang kanan/kiri digerakan ke arah depan dan berakhir pada gigi belakang kanan/kiri dari sisi lainnya. Metode gerakan terdiri dari: Gerakan vertikal. Arah gerakan menggosok gigi ke atas ke bawah dalam keadaan rahang atas dan bawah tertutup, Gerakan horizontal: Arah gerakan menggosok gigi ke depan ke belakang dari permukaan pipi dan lidah, Gerakan roll teknik/modifikasi Stillman. Cara ini, gerakannya sederhana, paling dianjurkan, efisien dan menjangkau semua bagian mulut. Bulu sikat ditempatkan pada permukaan gusi, jauh dari permukaan oklusal/bidang kunyah, ujung bulu sikat mengarah ke apex/ujung akar, gerakan perlahan melalui permukaan gigi sehingga bagian belakang kepala sikat bergerak dalam lengkungan, Bujuklah dengan baik agar ia mau menggosok gigi dan berkumur dengan rajin.
Infobunda : http://www.infobunda.com/dokter/146-Gigi-Kuning-Pada-Bayi.html#ixzz2j5o43cI7

Atau bunda dapat melihat link saran lainnya yang berkaitan dengan pertanyaan bunda, pada pertanyaan yang sama di fitur helpdesk, yaitu : http://www.infobunda.com/info/1465-sikat-gigi.html#ixzz2j5mpsEyZ
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter