SITE STATUS
Jumlah Member :
506.334 member
user online :
371 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kehamilan


kehamilan
bunda saya mau tnya, sya bru hamil ank prtma usia 32 minggu kakinya kok bengkak dan jari tsngsn saya sring kesemutan ya bun? trs resiko dri mrlahirkn cesar apa bun? mksh bun
19 Oct 2013, 8:30
Dari : Ullan Cenora Wardoyo

Jawaban
Hai Bunda, Berkaitan dengan pertanyaan bunda, bunda dapat berkonsultasi dengan dokter live chat pada link : http://www.infobunda.com/pages/chat/chat.php yang diadakan setiap hari kamis jam 14.00 - 17.00 WIB, tetapi juga bunda akan menemukan beberapa informasi lainnya yang kami sarankan di bawah ini.

Dalam artikel yang saya temukan:
Kram dan sakit pada kaki Menjelang akhir kehamilan tangan dan kaki sering mengalami kekakuan. Bagian tubuh tersebut agak membengkak sedikit karena menyimpan cairan. Akibatnya syaraf jadi tertekan. Tekanan ini terasa sakit seperti ditusuk-tusuk jarum. Sehingga tangan dan kaki tidak merasakan apa-apa dan ototnya jadi lemah. Gejala ini terasa waktu bangun tidur di pagi hari dan membaik di siang hari. Penyebabnya diperkirakan karena hormon kehamilan, kekurangan kalsium, kelelahan, tekanan rahim pada otot, kurang bergerak sehingga sirkulasi darah tidak lancar. Solusinya : Saat kram terjadi, yang harus dilakukan adalah melemaskan seluruh tubuh terutama bagian tubuh yang kram. Dengan menggerak-gerakkan pergelangan tangan dan mengurut bagian kaki yang terasa kaku bisa membantu menghilangkan kekakuan. Selain itu, pada saat bangun tidur jari kaki ditegakkan sejajar dgn tumit utk mencegah kram mendadak. Agar kram tidak sampai mengganggu, atasi dengan mengkonsumsi banyak kalsium, minum air putih yang banyak, melakukan senam ringan, dan cukup istirahat.
Kaki bengkak (Edema) Sekitar 75% wanita hamil pasti mengalami pembengkakan pada kaki (edema), yang umumnya terjadi pada trimester akhir. Penyebabnya bisa karena ibu terlalu banyak diam. Secara fisiologis, ibu hamil memang menanggung beban tambahan yang akan semakin memperlambat aliran darah pada pembuluh darah vena. Kaki bengkak selanjutnya bisa memicu tekanan darah tinggi atau malah preeklamsi. Sebenarnya, kaki bengkak bukan disebakan karena banyaknya mengkonsumsi garam. Ibu hamil boleh-boleh saja mengonsumsi makanan yang mengandung garam seperti sebelum hamil. Solusinya : Lakukan cukup olahraga dan sebisa mungkin tidak bersikap statis atau berdiam diri dalam posisi yang sama berlama-lama. Saat Anda duduk, sebisa mungkin selalu luruskan kaki. Sempatkan untuk beristirahat sejenak di sela-sela aktivitas dan tidur dengan posisi berbaring pada sisi kiri tubuh. Anda sebaiknya mulai mewaspadai pembengkakan pada kaki bila diikuti juga dengan berat badan yang meningkat drastis, naiknya tekanan darah serta kadar protein dalam urin. Bisa jadi gejala tersebut merupakan tanda bahwa Anda mengidap pre-eclampsia.
Infobunda : http://www.infobunda.com/artikel/123-Keluhan-Keluhan-Ringan-Saat-Hamil-Dan-Solusinya.html#ixzz2iK8kLoN5

Pada kasus sebelumnya dokter kami mengatakan:
Terjadinya bengkak pada kaki, karena bertambahnya berat badan anda yang harus ditopang oleh tubuh, dan bertambahnya beban aliran darah balik yang harus di pompakan oleh vena ke jantung. Angkat kaki anda dalam posisi lebih tinggi dari badan dan kepala untuk memperbaiki alian darah ke jantung saat anda beristirahat. Selain itu selalu periksakan tekanan darah anda kepada dokter kandungan anda, karena salah satu tanda-tanda terjadinya pre eklampsia (keadaan tekanan darah tinggi pada kehamilan) yang dapat dilihat dari perubahan fisik adalah pembengkakan pada kaki, wajah dan kelopak mata anda. Perhatikan asupan nutrisi anda dengan mengkonsumsi makanan sehat agar produksi ASI anda dapat tercukupi.
Infobunda : http://www.infobunda.com/dokter/255-Kaki-Bengkak-Pada-Kehamilan.html#ixzz2iK96AA9w

ketika hamil banyak sekali terjadi perubahan pada diri anda, perubahan hormonal, perubahan tekanan darah, metabolism dan lain-lain. Perubahan tersebut berdampak pada tubuh dan biasanya timbul rasa lelah. Anda perlu memperhatikan asupan nutrisi anda dan cairan sehari-hari. Beristirahatlah ketika merasakan lelah. Peredaran darah juga akan bertambah serta bobot anda pun bertambah, bantulah darah peredaran darah anda dengan memompa kaki anda (menekuk lalu meluruskan kembali berulang-ulang) agar peredaran darah anda dapat lancar kembali ke jantung.
Infobunda : http://www.infobunda.com/dokter/2353-Sering-kesemutan-saat-hamil.html#ixzz2iK9FNO1n
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter