SITE STATUS
Jumlah Member :
506.397 member
user online :
474 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kelahiran prematur


kelahiran prematur
dok, sy mau tanya..mungkin gx ya kelahiran kedua bs prematur.? soalny sy agk trauma dgn kelahiran ank pertama yg prematur..
kira2 gmn ya mencegah kelahiran prematur.?
terimakasih...
07 Oct 2013, 22:28
Dari : Eka Usmalani

Jawaban
Hai Bunda, Berkaitan dengan pertanyaan bunda, bunda dapat berkonsultasi dengan dokter live chat pada link : http://www.infobunda.com/pages/chat/chat.php yang diadakan setiap hari kamis jam 14.00 - 17.00 WIB, tetapi juga bunda akan menemukan beberapa informasi lainnya yang kami sarankan di bawah ini.

Dalam artikel yang saya temukan:
Faktor-faktor yang menyebabkan bayi lahir prematur antara lain :
1. Faktor Ibu
· Postur tubuh ibu yang pendek, mengakibatkan janin tidak bisa berkembang dengan sempurna.
· Kurang gizi atau anemia pada ibu.
· Kondisi Servik Uteri: Yaitu leher rahim yang lemah. Misal, setiap bayinya berkembang besar, servik uteri ibunya ingin membuka terus, sehingga bayi terpaksa keluar.
· Ibu terkena infeksi, misal infeksi vaginosis bacterial, infeksi TORCH (Toxoplasma,Hepatitis B, HIV/AIDS, Rubella, Cytomegalovirus, Herpes).
· Ibu terkena penyakit: Semisal pre-eklampsia.
· Umur ibu (terlalu muda, kurang dari 18 tahun atau terlalu tua, lebih dari 40 tahun).
· Anak pertama (nuliparitas) atau banyak anak (multiparitas).
· Adanya riwayat kelahiran prematur atau riwayat abortus.
· Perdarahan pada kehamilan muda.
· Ketuban pecah dini.
· Kenaikan berat badan ibu selama hamil tak sesuai.
· Kehamilan ganda.
· Ibu perokok berat.
· Faktor pekerjaan, dan
· Ibu yang mengalami stres berat.
2. Faktor Ekonomi
Yaitu menyangkut keadaan sosio-ekonomi keluarga tersebut, tingkat pendidikan, sifat aktivitas pekerjaan ibu, hubungan keluarga, dukungan psikologis suami selama hamil, dan stres lingkungan.

3. Faktor Pemukiman dan Kesehatan
Contohnya faktor pemukiman dan kesehatan lingkungan. Konon, wanita hamil yang mengalami paparan timah hitam (asap knalpot) mempunyai risiko melahirkan bayi prematur.

4. Faktor Pelayanan Kesehatan
Misalnya, pemeriksaan kehamilan yang masih terbatas atau sarana pelayanan kesehatan yang belum dimanfaatkan secara optimal.
Infobunda : http://www.infobunda.com/brt/380-Faktor-Penyebab-Bayi-Lahir-Prematur.html#ixzz2h7h7OrGV

Bila Bunda mengalami tanda lain di luar pecah ketuban dini bisa saja dokter atau bidan hanya menyarankan Bunda untuk bedrest. Atau mungkin Bunda akan diberikan Steroid untuk mematangkan paru-paru bayi.
Bila Bunda harus melahirkan bayi prematur, jangan kuatir! Bayi prematur yang lahir di usia kehamilan 7 bulan atau kurang bisa selamat meski harus tinggal lebih lama di Rumah Sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.
Perlu Bunda ketahui bahwa pemberian imunisasi pada bayi prematur tidak sama seperti bayi yang lahir cukup bulan. Konsultasikan dengan dokter spesialis anak tentang hal ini. Pastikan Bunda memberikan Air Susu Ibu (ASI) untuk nutrisi terbaiknya.
Infobunda : http://www.infobunda.com/artikel/461--Mengenali-Kelahiran-Prematur.html#ixzz2h7hHF1hg

Pada kasus sebelumnya dokter kami mengatakan:
Anak-anak yang lahir prematur dapat mengalami sedikit keterlambatan perkembangan dibandingkan dengan anak-anak lahir sesuai umur pada umumnya. Apabila sampai dengan usia balita masih mengalami sedikit kemajuan, maka Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis Anak terlebih dahulu. Kemungkinan untuk dilakukan terapi supportif pada anak Anda yaitu dengan terapi khusus yang dilakukan oleh gabungan beberapa ahli pada bidang tumbuh kembang anak. Melalui wawancara dan pengamatan, dapat ditentukan terapi-terapi yang tepat untuk anak Bunda. Tetap semangat dan memberikan nutrisi yang baik untuk anak Bunda sebagai pendukung perkembangannya.
Infobunda : http://www.infobunda.com/dokter/5395-Perkembangan-dan-Pertumbuhan-Bayi-Prematur.html#ixzz2h7gY6pn1
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter