SITE STATUS
Jumlah Member :
506.402 member
user online :
305 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - cara mnghitung masa subur cara mnghitung masa subur


cara mnghitung masa subur cara mnghitung masa subur
bund..s
bagaimana cara menghitung masa subur saya
seingat saya,sy dtg bulan tgl27,28,29,30,juni dan bersih2 bersihnya tgl 1 juli .sampai tgl 31 juli sy belum dpt haid smpai skarg.seingat sy tgl 1 juli itu sy berhubungan lgsg dgn suami sy .dan sampai sekarg sy masih blum paham brp usia kandungan sy....terima kasih bund jawaban bunda sngt sy harpkan.....
04 Sep 2013, 17:04
Dari : Evirza Evirla

Jawaban
Hai Bunda, Berkaitan dengan pertanyaan bunda, bunda dapat berkonsultasi dengan dokter live chat pada link : http://www.infobunda.com/pages/chat/chat.php yang diadakan setiap hari kamis jam 14.00 - 17.00 WIB, tetapi juga bunda akan menemukan banyak informasi pada artikel yang kami sarankan di bawah ini.

Dalam artikel yang saya temukan:
Dr. Claudia menjelaskan umumnya orang menggunakan metode masa subur dimulai pada hari ke-14 menstruasi. Itu bisa saja dilakukan dengan catatan siklus haid Bunda teratur 28 hari. Meski pun begitu biasakan memajukan dan memundurkan 2 hari (hari ke-12 sampai hari ke-16 mestruasi). Kenapa? Karena usia sperma yang masuk bisa sampai 48 jam dan sel telur hidup sampai 24 jam.

Namun dr. Claudia mengaku sekarang ini sulit menemukan wanita dengan siklus haid teratur 28 hari. “Karena faktor gaya hidup, pola makan (fast food) dan stress berlebihan yang mempengaruhi hormon membuat siklus haid Bunda tidak teratur. Sehingga penghitungan hari ke-14 sulit digunakan.” paparnya. Solusinya Bunda harus melakukan penelitian pada siklus haid selama enam bulan, catat kapan siklus haid terpendek dan terpanjang Bunda.

Infobunda : http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=183&catid=16&catname=Kontrasepsi&title=Hitung-Masa-Subur-dengan-Sistem-Kalender!#ixzz2docQnGpj

Pada kasus sebelumnya dokter kami mengatakan:
Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Apabila bunda memiliki siklus setiap 23 atau 25 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid.
Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur :
Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Infobunda : http://www.infobunda.com/pages/tanyadokter/question.php?qid=4343&subjek=Siklus-menstruasi-dan-masa-subur-#ixzz2doc7tKpx

Pada kasus sebelumnya bidan kami mengatakan:
Masa subur adalah hari ke 11 sampai dengan hari ke 14, dihitung dari hari pertama haid. Disarankan untuk melakukan hubungan pada hari ke 11 & 13, atau hari ke 12 & 14.
Untuk mendapatkan keturunan diperlukan kerjasama yang baik antara ayah dan bunda, karena kesuburan bukan semata - mata milik istri, suami pun berandil besar dalam proses terjadinya kehamilan. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi serta banyak mengandung vitamin C, E dan B complek ( terutama B6 ), hindari rokok dan minuman yang mengandung alkohol, serta tidak melakukan hubungan yang terlalu sering, frekwensi yang disarankan adalah 2 hari sekali atau 3x dalam seminggu, terutama pada saat masa subur.
Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.

Infobunda : http://www.infobunda.com/pages/newforum/posts.php?topic=20486&start=0&topik=menentukan-masbur-&forum=Diskusi-Bersama-Bidan#ixzz2dobzb0Nh

Atau bunda dapat melihat artikel lainnya, pada pertanyaan yang sama di fitur helpdesk, pada link :http://www.infobunda.com/pages/helpdesk/index.php?help_id=1528#ixzz2duyaGnTo