SITE STATUS
Jumlah Member :
506.538 member
user online :
984 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - plasenta dbawah


plasenta dbawah
hai dok. saat ini khamilan saya sdh mmasuki minggu k 34. wktu umur minggu k 32 kmrn saya mlakukan usg yg k 2 n alhmdulillah kpala debay sdh msuk k pnggul n smuanx normal. nmun kata dokter plasenta brada dbwah. sbnarnx tdk brada tpat dbwah dok, tpi brada dpinggiran jlan kluarnx (bgtu kata dokter) n kmungkinan klau tdk d cecar ya dpacu. jujur saja saya mrasa khwatir tntng itu dok. saya mnginginkan n brencana mlakukan prsalinan normal. nmun ktika kmrn saya konsultasikan dgn bidan tmpt saya biasa cek khamilan, itu tdk apa2 n yg prlu saya lakukan hnya jgn bnyk braktifitas yg brat2 n bnyak2 brdoa. apa yg hrs saya lakukan dok ? jujur saja saya sngt mrasa khwatir akn hal itu. mohon masukannx. trimakasih
29 Aug 2013, 21:06
Dari : Novyan Puethree

Jawaban
Hai Bunda, Berkaitan dengan pertanyaan bunda, bunda dapat berkonsultasi dengan dokter live chat pada link : http://www.infobunda.com/pages/chat/chat.php yang diadakan setiap hari kamis jam 14.00 - 17.00 WIB, tetapi juga bunda akan menemukan banyak informasi pada artikel yang kami sarankan di bawah ini.

Dalam artikel yang saya temukan:
Plasenta previa Kehamilan dimana letak palsenta berada di bawah menutupi jalan lahir, sehingga bila terjadi kontraksi akan menimbulkan perdarahan. Bila pada kasus plasenta previa perdarahan yang terjadi tidak terlalu banyak, ibu hamil dapat dirawat. Peluang kehamilan berlanjut sampai usia kehamilan cukup bulan masih terbuka. Tetapi bila perdarahan banyak sekali, terpaksa harus dilakukan operasi caesar dengan konsekuensi bayi lahir prematur.

Infobunda : http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=124&catid=1&catname=Imunitas&title=Penyakit-penyakit-Yang-Dialami-Oleh-Ibu-Hamil#ixzz2dR5eMzVN

Pada kasus sebelumnya dokter kami mengatakan:

Plasenta letak rendah dapat disebabkan oleh banyak hal seperti kelainan perkembangan plasenta, ukuran plasenta yang besar, kelainan bentuk uterus, bekas perlukaan pada dinding uterus, banyaknya kehamilan sebelumnya maupun tidak diketahui penyebabnya.

Dengan semakin berkembangnya ukuran rahim diharapkan plasenta yang terletak di bawah akan tertarik ke puncak rahim, namun hal ini biasanya terjadi dibawah usia 36 minggu kehamilan. Plasenta yang tetap berada di bawah dapat menghalangi jalan lahir bahkan terlepas dari dindingnya sebelum masuk waktu persalinan. Yang perlu anda lakukan adalah selalu kontrol pada dokter kandungan anda dan memantau keadaan kehamilan anda dengan rutin, mengikuti nasihat dan petunjuk dokter dengan baik dan membicarakan kemungkinan cara persalinan yang akan anda lalui nanti serta kemungkinan- kemungkinan yang akan terjadi. Namun tetaplah tenang tidak perlu cemas dan khawatir, selalu berdoa dan berusaha serta mengikuti nasihat dokter anda agar kehamilan anda tetap terjaga dengan baik.

Infobunda : http://www.infobunda.com/pages/tanyadokter/question.php?qid=4264&subjek=Plasenta-letak-rendah-#ixzz2dR5pFikR

Pada kasus sebelumnya bidan kami mengatakan:
Placenta letak rendah ( low lying plasenta ) adalah suatu keadaan dimana placenta berada 3-4 cm diatas pinggir pembukaan.
Letak penanaman plasenta tidak dapat bergeser atau berpindah tempat, hanya seiring dengan bertambahnya usia kehamilan dan membesarnya rahim kearah atas maka ujung plasenta akan bergeser menjauhi mulut rahim / jalan lahir.
Bila plasenta letak rendah terjadi pada usia kehamilan 8 bln dan tidak ada flek, bunda tidak perlu cemas karena ini tidak berbahaya, namun bunda harus tetap waspada adanya flek dengan menghindari aktivitas yg terlalu berat dan aktif.
Saran saya, lakukan pemeriksaan USG ulang pada usia kandungan 9 bln ( 36 mgg ) untuk menilai ulang letak plasenta.

Infobunda : http://www.infobunda.com/pages/newforum/posts.php?topic=19222&start=0&topik=plasenta-letak-dibawah&forum=Diskusi-Bersama-Bidan#ixzz2dR67kXf4
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Forum
Jenis : Forum
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Forum