SITE STATUS
Jumlah Member :
504.503 member
user online :
346 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - anak 2,6 bulan insomnia.


anak 2,6 bulan insomnia.
dok anakku susah bgd klo mlm disuruh tidur, tidurnya selalu pagi.padahal siangnya udh disuruh tidur tapi ga pernah mau..dan tidur selalu abis magrib jam 10 an mlm udh bangun lagi...setelah itu sampe pagi ga tidur lgi..gimna caranya biar anak tidur teratur.?
15 Feb 2019, 13:00
Dari : Zahra Kurniatillah

Jawaban

Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Menciptakan Suasana Tidur Bayi yang Lebih Baik " :Sebagian orangtua sering mengeluh kurang tidur. Pasalnya si bayi suka terbangun di malam hari dan rewel jika keinginannya tak dituruti. Tidak heran kalau Bunda tampak pucat dan lelah di siang hari karena kurang tidur.
Masalah ini dapat diatasi bila Bunda bisa menciptakan tidur yang baik untuknya, caranya dengan membuat suasana mirip di dalam rahim. Dengan begitu ia tidak akan terbangun dan mengganggu Bunda. Berikut kiat-kiatnya :
• Tempat tidur yang nyaman
Ia masih belum bisa menyesuaikan diri dengan tempat tidur yang besar. Posisi tidur dengan tempat tidur yang besar jauh berbeda dengan saat ia meringkuk dalam rahim Bunda. Sebaiknya gunakan box, keranjang, atau ayunan bayi.
• Suhu yang tepat
Jangan sampai ia terbangun karena suhu kamar terlalu dingin atau panas. Bila Bunda menggunakan kipas angin atau air conditioner, jangan arahkan langsung padanya. Suhu kamar tidak lebih atau kurang dari 22C. Bila dirasa suhu kamar terlalu panas, ganti bajunya dengan yang lebih tipis dan longgar.
• Belaian dan tepukan ringan yang menenangkan
Belaian dan tepukan ringan dapat menenangkannya yang akan membuat tidurnya kauh lebih nyenyak.
• Suara-suara lembut
Untuk mengganti detak jantung Bunda yang dulu ia dengar, Bunda bisa menggunakan suara dengungan kipas angin, suara radio, dan suara lembut dari mainannya.
• Tidur sendiri
Berilah sebuah kamar untuknya. Hindari tidur bersama dengan bayi, karena tidurnya bisa terganggu dari gerakan Bunda dan Ayah. Jangan langsung menggendongnya bila ia mulai menangis. Dengan menggendongnya Bunda malah membangunkannya.
• Rutinitas
Bila saat ini waktu tidur dan kegiatan menjelang tidurnya masih tidak teratur, belum terlambat untuk menciptakan rutinitas itu. Tetapkan pukul berapa ia harus mandi hangat, pakai baju tidur, bermain di tempat tidur, mendengarkan Bunda mendongen atau bernyanyi sampai ia tertidur.
• Tidur siang yang cukup
jangan berpikir bila Bunda tidak menidurkannya siang hari maka ia akan kelelahan dan akan terlelap di malam hari. Justru sebaliknya, terlalu lelah membuat tidurnya gelisah. Boleh saja mengurangi jam tidur siangnya tetapi tidak untuk membuatnya terus terbangun.


Kutipan dari Berita yang berjudul " Kenali Waktu Tidur si Kecil " : Tidur merupakan kebutuhan setiap manusia. Dengan tidur, setiap manusia dapat menjaga kestabilan kesehatannya. Tentunya kebutuhan tidurnya berbeda dengan orang dewasa. Tapi tahukah Bunda, berapa lama waktu tidur yang baik untuk si kecil?

Tidur merupakan kebutuhan setiap manusia. Dengan tidur, setiap manusia dapat menjaga kestabilan kesehatannya. Tentunya kebutuhan tidurnya berbeda dengan orang dewasa. Tapi tahukah Bunda, berapa lama waktu tidur yang baik untuk si kecil?

Umumnya bayi yang baru saja lahir sangat suka tidur. Pada minggu awal, Tiap harinya biasanya mereka menghabiskan waktu antara 14-18 jam. Dalam tidurnya biasanya mereka hanya menghabiskan waktu tidak lebih dari 2 jam sekali waktu tidurnya. Bayi yang terlahir prematur biasanya juga memiliki waktu tidur yang lebih lama dibanding bayi yang terlahir normal.

Di usia 1-4 bulan, bayi sudah mulai bisa membedakan siang dan malam. Pola tidur bayi pun sudah mulai terbentuk. Durasi tidur si bayi pun mulai meningkat hingga 4-6 jam.
Saat si bayi menginjak usia 4 bulan hingga setahun, biasanya mereka mempunyai 3 waktu tidur. Dengan jumlah keseluruhan 4-6 jam.

Tahukah Bunda, bila si kecil memiliki jadwal tidur siang yang teratur dapat meningkatkan kemampuan otak si kecil untuk menerima informasi baru dengan baik.

Tips membuat bayi dapat tidur dengan tenang:
-Perhatikan tanda-tanda bila si kecil sudah terlihat lelah, contohnya mata yang telihat sayu, menarik kuping, dll. Jika Bunda sudah mengenali tanda-tandanya, segeralah untuk menidurkannya.
-Pada usia 2 minggu, ajarilah bayi Bunda untuk dapat membedakan siang dan malam. Caranya dengan banyak berinteraksi dengannya di siang hari dan pada malam hari jangan banyak berinteraksi dengannya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " SUSIAULIA " dengan judul pertanyaan " Keluhan anak di malam hari " pada Tanya Dokter: Siang Dok...anak saya usia 3th makan nya sangat susah mau nya hanya minum susu dan snack pada usia 2,5th dia suka rewel pada malam hari kaos baju nya di angkat sambil usap-usap perut kadang suka bilang agak pusing kalau di siang hari tidurnya nyenyak tidak ada masalah hanya pada malam hari saja dia rewel kira-kira anak saya terkena penyakit apa ?mohon penjelasannya ...terima kasih...

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Membaca kasus Bunda tersebut, saya tidak bisa banyak membantu. Sebaiknya Anak Bunda di periksakan kepada dokter secara langsung. Bunda dapat mencoba bertanya apa yang anak Bunda rasakan saat Ia mengusap perutnya, apakah terasa penuh? sakit seperti di cubit? atau lainnya, begitu pula dengan keluhan pusing, apakah sakit? atau berputar?
Cobalah membuat suasana kamar terasa nyaman, apakah Anak Bunda merasa gelisah karena malam hari gelap dibandingkan siang hari? bagaimana dengan suhu ruangannya saat itu? Buatlah senyaman mungkin, bacakan cerita dan temani anak untuk tidur. Bila tidur siangnya terlalu lama, maka anak dapat mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari. Apakah anak Bunda mengalami keluhan lain? seperti keluhan buang air besar atau masalah kembung, mual dan muntah? apakah ada kebiasaan memakan atau meminum sebelum tidur? Kasus anak Bunda perlu di telaah lebih lanjut. Maka itu saya menyarankan untuk secara langsung mengunjungi dokter Bunda.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita