SITE STATUS
Jumlah Member :
504.503 member
user online :
216 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - hamil pasca kuret


hamil pasca kuret
pagi dok,singkat cerita 2 minggu ini saya hbs kuret kehamilan ke 2 di usia 9 minggu karena janin tidak berkembang..sy mau tanya apakah di kehamilan selanjutnya bisa terjadi janin tidak berkembang lg?ɓerapa jarak untuk hamil lg?apakah kalau mau hamil lg harus program hamil?ɗan apa penyebab terjadi nya janin tidak berkembang?
11 Feb 2019, 10:00
Dari : Vera Aurelia

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Hamil Kembali Setelah Keguguran (Part I) " :Keguguran merupakan kejadian yang membuat Bunda hamil terpukul, kecewa dan sulit dilupakan. Bayangan akan suara tangisan si kecil di rumah terasa sirna seketika. Tak heran, terkadang Bunda yang baru saja mengalami keguguran dapat berdiam diri di kamar selama beberapa hari untuk menenangkan diri. Sebenarnya apa sih keguguran itu dan mengapa hal itu bisa terjadi? Apakah benar keguguran terjadi karena Bunda tetap beraktivitas selama hamil?

Secara ilmiah arti kata keguguran adalah pengeluaran hasil konsepsi sebelum janin dapat hidup di luar kandungan. Keguguran dapat terjadi pada trimester pertama, kedua ataupun ketiga kehamilan. Tetapi biasanya keguguran terjadi pada trimester pertama kehamilan. ini karena embrio belum menempel sempurna pada dinding rahim.

Penyebab dan Penanganan
Penyebab kehamilan dipicu oleh beberapa faktor, salah satunya:

-Adanya kelainan pada janin yang biasanya terjadi karena kelainan jumlah kromosom.
-Hormon Prolaktin Bunda yang terlalu tinggi dan hormon Progesteron terlalu rendah.
-Bunda memiliki riwayat penyakit berat yang mengurangi sistem kekebalan tubuh Bunda.
-Adanya Miom pada rahim yang dapat mengganggu pertumbuhan embrio. Rahim menjadi lemah sehingga tak mampu menahan berat janin yang sedang berkembang.
-Gaya hidup. Meski tidak selalu terjadi, tetapi gaya hidup seperti merokok saat hamil, dan mengonsumsi minuman keras dipercaya dapat memicu terjadinya keguguran.

Faktor-faktor itulah yang biasanya menyebabkan Bunda keguguran, jelas bahwa keguguran terjadi bukan karena Bunda tetap melakukan aktivitas sehari-hari. Secara manusiawi Bunda akan beristirahat bila terasa lelah. Jadi, jangan salahkan diri sendiri karena Bunda tetap beraktivitas

Penanganan keguguran tergantung dari konsepsi yang keluar. Bila konsepsi keluar pada saat usia kehamilan kurang dari 20 minggu, biasanya konsepsi akan keluar seluruhnya. Dokter hanya akan memberikan suplemen penambah darah dan anjuran untuk mengonsumsi protein, vitamin dan mineral. Tetapi, jika sebagian konsepsi keluar sebagian dan sebagian lagi tertinggal di rahim, maka harus dilakukan kuretase untuk mengeluarkan sisa konsepsi di rahim. Biasanya Bunda akan diminta rawat inap 1-2 hari.

Nah, kini Bunda sudah tahu penyebab keguguran dan bagaimana penanganannya. Bagi Bunda yang telah mengalami keguguran dan saat ini sedang menjalani program kehamilan kembali, jangan patah semangat ya, Bun. Pekan depan Infobunda akan mengulas tentang langkah-langkah apa saja yang perlu Bunda lakukan untuk persiapan program hamil kembali. Nantikan artikel berikutnya pekan depan ya, Bun!


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Alriyanthy MaRia Makagiantang " dengan judul pertanyaan " Ingin hamil pasca keguguran berulang " pada Tanya Bidan:Selamat Pagi Bunda.
Bunda mau tanya, saya kan pernah keguguran 2x,, apa ada resiko saya bisa hamil lagi??
Lalu saya sudah 2bulan ini belum menstruasi, tapi belum ada tanda" kehamilan.
Terima kasih

Bidan menjawab
Dear bunda Alriyanthy Maria Makagiantang,
Pada bunda yang pernah mengalami keguguran, memiliki resiko lebih tinggi mengalam keguguran berulang yang disebut RPL ( Recurret Pregnancy Loss ). Bunda yang pernah mengalami keguguran sekali, resiko kehamilan berikutnya mengalami keguguran meningkat sekitar 6 persen. Jika sudah 2 kali keguguran, untuk keguguran ketiga kalinya akan meningkat sekitar 15 sampai 20 persen. Dan pada kehamilan ke 4 akan meningkat lebih dari 30 persen. Pada PRL, penyebab keguguran harus dicari agar lebih mudah ditangani pada kehamilan berikutnya. Apakah keguguran terjadi dibawah 10 minggu atau diatas 10 minggu. Selain pemeriksaan bentuk rahim, kekentalan darah, hormon tiroid dan kencing manis pada bunda juga harus di periksa.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " purwadini1 " dengan judul pertanyaan " Penyebab keguguran " pada Tanya Dokter: Apakah Keguguran Murni Dapat di Prediksi Oleh Medis

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Faktor yang mempengaruhi terjadinya keguguran sangatlah banyak. Memang salah satunya adalah infeksi, dalam kaitannya dengan kehamilan, infeksi TORCH merupakan kejadian yang cukup banyak terjadi. Apabila Hasil dari pemeriksaan TORCH menunjukan tidak ada infeksi penyakit tersebut, maka kemungkinan penyebab keguguran dapat berasal dari hal lain. Cukup sulit untuk menentukan penyebab pasti keguguran selain infeksi, karena dapat saja disebabkan oleh adanya kelainan kromosom, faktor hormonal, bahkan tidak diketahui penyebabnya sama sekali.
Untuk mencoba hamil kembali, disarankan setelah 3 siklus menstruasi. Perhatikanlah asupan nutrisi anda, makanlah makanan yang mengandung gizi yang baik serta konsumsi suplemen asam folat. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel