SITE STATUS
Jumlah Member :
503.557 member
user online :
461 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - lepas iud spital


lepas iud spital
dok saya mau tanya saya pasang iud sudh 5 tahun .tapi saya udh lewat jangka waktu ny. sudh 1 tahun lbih 3 bulan. kmren nih saya ke bidan mau lepas iud sya. tapi udh di periksa tidak kelihatan tali iud ny. itu kenapa ya dok? mohoN info ny. kmren kta bidan ny sya sruh ke tmpat sya pasang spiral. sya wktu psang ny di RS budi kemulian. ap ia klo psang di RS tali iud ny di gunting abis? mksih
06 Feb 2019, 21:50
Dari : Rozita Charyy

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Mengenal Lebih Dekat KB IUD " :Untuk mencegah kehamilan Bunda perlu menggunakan alat Keluarga Berencana (KB). Pasti Bunda sudah tahu beberapa jenis alat KB yang disediakan pemerintah, salah satunya KB Intra Uterine Devices (IUD).
KB IUD adalah salah satu jenis KB yang cukup populer digunakan para wanita saat ini. Biasanya orang menyebutnya dengan KB Spiral. Alat kontrasepsi ini terbuat dari plastik berbentuk T, berukuran kurang lebih 3 cm dengan balutan tembaga. Mekanisme kerja KB IUD ini adalah menghalangi sperma bertemu dengan sel telur agar tidak terjadi pembuahan.
Bunda tertarik menggunakannya? Yuk, kenal lebih dekat dengan KB IUD!

Pemasangan
Jika dipasang sesuai dengan prosedur oleh bidan dan dokter terlatih, KB IUD dapat mencegah kehamilan hingga angka 99,4%. Umumnya KB IUD dapat dipasangkan pada akhir masa nifas. Atau bila masa nifas sudah terlewati, dokter akan menyarankan untuk memasang KB IUD saat Bunda mendapat menstruasi. Karena pada saat menstruasi mulut rahim sedang terbuka sehingga dapat mengurangi rasa nyeri pada saat pemasangan KB IUD. Bila Bunda merencanakan melahirkan secara Sectio Caesar, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu apakah mungkin memasang IUD saat operasi berlangsung. Bila tidak memungkinkan, tanyakan kapan waktu yang tepat untuk memasangnya.

Efek Samping
Bunda tak perlu kuatir dengan efek samping KB IUD, karena efek samping yang ditimbulkan tidak bersifat permanen. Ada beberapa wanita yang mungkin akan merasa kram dan sakit pinggang setelah beberapa jam pemasangan. Ada juga yang mengalami perdarahan ringan dan nyeri setelah beberapa minggu pemasangan. Dan biasanya pada tiga bulan pertama setelah pemasangan akan terjadi perubahan siklus haid. Tetapi tak perlu kuatir karena semua efek ini hanya bersifat sementara.

Bunda tetap dapat melakukan hubungan suami istri seperti biasa karena IUD tidak berada di liang vagina. Pada awalnya mungkin akan terasa kurang nyaman, tetapi lama kelamaan Bunda akan terbiasa. Berikut beberapa keuntungan lain dari KB IUD:
-Tahan dalam jangka panjang 5-10 tahun
-Tidak kuatir lupa seperti bila menggunakan pil KB
-Bila Bunda masih menyusui, KB IUD tidak mengganggu program menyusui
-Bisa tetap berolahraga dengan normal
-Tidak mempengaruhi tingkat kesuburan wanita sehingga dapat segera hamil setelah KB IUD dilepas
-Hanya perlu melakukan pengecekan ke dokter sekali dalam setahun.

Catatan:
-Meski pengecekan ke dokter hanya dilakukan sekali dalam setahun, lakukan pengecekan tali IUD sendiri setiap bulan. Caranya dengan memasukan jari ke dalam vagina dan meraba apakah tali IUD masih terpasang. Bila Bunda tidak menemukan tali IUD segera periksa ke dokter.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " melisaawon " dengan judul pertanyaan " Pelepasan KB spiral " pada Tanya Bidan:siang dok,
Saya mau tanya anakku sekarang sudah umur 13 tahun. dan saya ingin mendapatkan anak lagi. Tetapi sekarang ini saya sedang memakai KB IUD. Pertanyaan saya apakah kalo dicabut KBnya akan tersa sakit? dan apakah kalo perbedaan jauh kemungkinan pas melahirkan akan sulit?Mohon jawabannya. terima kasih

Bidan menjawab
Dear bunda Melisaawon,
Pelepasan KB spiral dapat dilakukan setiap saat, namun sebaiknya dilakukan pada saat haid/menstruasi, ketika mulut rahim relatif lebih terbuka, sehingga meminimalkan rasa nyeri. Proses persalinan berbeda tiap kehamilan. Banyak faktor yang dapat membuat proses persalinan terasa berbeda dari persalinan sebelumnya, antara lain adalah faktor usia bunda, serta faktor penyulit dalam kehamilan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Abuheelwa " dengan judul pertanyaan " Benang IUD tidak Kelihatan " pada Tanya Dokter:dok saya mau tanya mengenai KB IUD, saya sudah 4 thn pake KB IUD dan rencana saya mau program kehamilan lagi. saya sudah pernah coba ke bidan untuk melepas KB tersebut dan ternyata setelah dicek benangnya tidak keliatan, lalu bagaimana cara melepasnya dan dalam kondisi gmn dok????apakah bagusnya setelah haid???terimakasih...........

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Terdapat beberapa kemungkinan penyebab apabila benang IUD tidak lagi teraba. Misalnya benang masuk ke dalam rahim akibat dorongan saat penetrasi, benang terputus, atau IUD telah keluar tanpa sepengetahuan Anda. Untuk itu diperlukan pemeriksaan untuk menentukan apakah benar IUD masih didalam rahim atau tidak, yaitu dengan pemeriksaan USG.

Bila IUD ada pada rahim sedangkan benang tidak lagi ada, maka diperlukan prosedur lebih lanjut untuk mengeluarkannya. Sebaiknya prosedur ini dilakukan oleh dokter kandungan. Untuk itu kami anjurkan Anda terlebih dahulu memeriksakan diri kepada dokter spesialis kandungan.
Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.
Salam,



Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :