SITE STATUS
Jumlah Member :
503.557 member
user online :
467 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kehamilan


kehamilan
sore, saya terakhir haid 31 desember 2018 dan skrng udah telat.. udah tes peck hasilnya garis 2.. pertama yang harus dilakukan saya harus langsung usg atau ke bidan terdekat terlebih dahulu..terimakasih
03 Feb 2019, 17:27
Dari : Tika Purnamasari

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " USG di Awal Kehamilan " :Saat mengetahui Bunda hamil pasti Bunda tak sabar ingin melihatnya melalui Ultra Sonografi (USG). Tapi apakah USG sudah perlu di awal kehamilan? Berikut informasi yang perlu Bunda ketahui mengenai USG di awal kehamilan:

1.USG bertujuan untuk mengetahui perkembangan, pertumbuhan dan resiko keguguran sejak dini. Sehingga bila kandungan terjadi masalah dapat dicarikan solusi secepatnya.

2.Melalui USG dokter akan melihat ukuran berat dan besar janin sehingga dokter dapat memperkirakan usia janin dan tanggal kelahiran bayi (Due Date).

3.Usia kehamilan 6-7 minggu, Bunda sudah bisa melihat detak jantungnya. Bagian-bagian tubuh seperti tangan, kaki, kepala baru akan terlihat pada usia kehamilan 12 minggu.

4.Resiko janin down syndrome dapat diketahui pada usia kehamilan 12-14 minggu dengan mengetahui tulang hidung dan ketebalan tengkuk janin.

5.Melalui USG dokter juga bisa mengetahui apakah kehamilan Bunda termasuk kehamilan normal atau kehamilan kosong (Blighted Ovum). Jika terbukti kehamilan kosong mungkin Bunda memerlukan pemeriksaan tambahan dan tindakan untuk mengakhiri kehamilan kosong.

6.Meski tidak berbahaya, tetapi apabila janin Bunda tidak bermasalah, Bunda tidak perlu sering-sering melakukan USG.

7.Bila tidak ada kelainan janin, Bunda cukup melakukan USG 2 Dimensi. Pemeriksaan USG 4 Dimensi bisa saja dilakukan, namun biayanya lebih besar dan USG ini sebenarnya diperuntukkan untuk pemeriksaan yang lebih khusus.

Nah, Bunda! Bila Bunda melakukan USG di bawah usia 6 minggu Bunda jangan kaget bila belum terlihat apa-apa. Tanyakan selalu bagaimana kondisi janin Bunda setiap kali berkunjung ke dokter.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "resa.carox" dengan judul pertanyaan " info perkembangan janin, belum pernah periksa " pada Tanya Bidan:Dear Ibu Bidan Yustianti..
usia kehamilan saya saat ini sudah 15 minggu, terakhir periksa pada umur 10 minggu.
Apakah saya sudah tertinggal jauh untuk info perkembangan janin saya karena sampai saat ini saya blm juga memeriksakan diri ke bidan karena kesibukan kerja. Terimaksih

Bidan menjawab
Dear bunda Resa Carox,
Belum terlalu tertinggal bunda, pemeriksaan kehamilan memang dapat dilakukan 4x, 1x pada trimester awal, 1x pada trimester 2, dan 2x pada trimester 3 kehamilan, namun sebaiknya pemeriksaan kehamilan dilakukan tiap bulan sampai usia kehamilan 6 bulan, tiap 2 minggu pada kehamilan 7-8 bulan, dan 1 minggu sekali pada saat usia kehamilan memasuki 9 bulan. Pemeriksaan kehamilan yang rutin bertujuan untuk mengetahui perkembangan dan kesehatan kehamilan, kondisi janin, ataupun adanya penyakit atau kelainan pada kandungan yang diharapkan dapat dilakukan penanganan secara dini.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Mega aktia " dengan judul pertanyaan " Kontrol kehamilan Pertama " pada Tanya Dokter:Siang dok mau tanya..ini kehamilan saya yang pertama dan pada saat saya kontrol pertama diminggu lalu dokter kandungan'a tidak memberikan saya apapun (penguat kandungan&vitamin). sedangkan teman2 saya rata2 diberikan (di Rs yang berbeda) saya masih beraktivitas kerja dengan kendaraan bermotor (dibonceng) apakah dengan kondisi tsb kehamilan saya akan baik2 saja? karna banyak byk yg bilang hamil muda itu rawan. terima kasih dok

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Lakukan ANC pada bidan ataupun dokter minimal sebanyak empat kali dalam kehamilan bunda. ANC dapat dilakukan satu kali sebelum mencapai usia kehamilan 14 minggu, satu kali sebelum mencapai usia kehamilan 28 minggu, satu kali ketika sedang masa kehamilan antara 28-36 minggu dan satu kali setelah usia kehamilan 36 minggu. Pada pemeriksaan Ante Natal Care dapat dilakukan pemeriksaan seperti USG, pemeriksaan Laboratorium atau lainnya sesuai indikasi. Begitu juga dengan pemberian obat-obatan, akan dilakukan sesuai indikasi, artinya bila Bunda dinilai tidak memerlukan pengobatan maka tidak perlu diberikan pengobatan, namun meminum suplemen asam folat dan zat besi sangat dianjurkan selain bersumber dari bahan makanan alami. Bunda dapat meminum suplemen yang mengandung asam folat dan zat besi baik berupa susu ibu hamil ataupun tablet. Asam folat dan zat besi sangat membantu dalam mencegah resiko keguguran dan kecacatan pada janin serta anemia.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter